Strategi Klinik Kecantikan dengan Metode Digital Marketing dalam Rangka Meningkatkan Jumlah Kunjungan Pasien pada Masa Pandemi Covid-19

Didit Widagdo Soewoto, Dadang Kusnadi, Albert Hendarta

Abstract


Abstrak
Pada masa pandemi seperti sekarang ini banyak orang membatasi aktivitas luar rumah demi mengurangi interaksi antara satu dan lainnya, juga menjaga jarak, serta menghindari kerumunan tentunya pemasaran konvensional menjadi tidak efektif dapat meningkatkan omzet klinik. Oleh karena hal tersebut maka digital marketing dianggap strategi yang tepat pada masa pandemi ini bagi Klinik Kecantikan Vidiz Baniar di Bandung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui marketing strategy yang dilakukan oleh klinik kecantikan Vidiz Baniar di Bandung sebelum masa pandemi COVID-19 untuk mengetahui angka kunjungan pasien klinik kecantikan Vidiz Baniar di Bandung sebelum dan sesudah masa pandemi COVID-19 dan mengetahui perencanaan marketing strategy klinik dengan metode digital marketing dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan pasien pada masa pandemi COVID-19 periode April–Agustus 2022. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, analisis data menggunakan metode triangulasi sebagai metode yang menjamin kredibilitas data. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa strategi pemasaran Vidiz Baniar selama pandemi dengan menggunakan digital marketing yang tetap memberi informasi produk dan perawatan yang dibutuhkan pasien sangat membantu klinik karena banyak pasien yang takut datang ke klinik selama masa pandemi COVID-19 ini.

 

Beauty Clinic Strategy with Digital Marketing Methods to Increase the Number of Patients Visiting During the COVID-19 Pandemic

Abstract
During a pandemic where people limit their activities outside to reduce interactions with one another and maintain distance and avoidance, marketing will be effective in increasing clinic turnover. Because of this, digital marketing is considered the right strategy during this pandemic for Vidiz Baniar Beauty Clinic in Bandung. The purpose of this study was to determine the marketing strategy carried out by the Vidiz Baniar beauty clinic in Bandung before the COVID-19 pandemic, to determine the number of patient visits to the Vidiz Baniar Beauty clinic in Bandung before and before the COVID-19 pandemic and to determine the planning of clinical marketing strategies using the digital marketing to increase the number of patient visits during the COVID-19 pandemic during April–August 2022. This research is a descriptive qualitative research data analysis using the triangulation method as a method that ensures the credibility of the data. In this study, the researcher used source, method, and theory triangulation. It was found that the digital marketing strategy that still provides information on the products and treatments patients need is beneficial for this beauty clinic because many patients are afraid to come to the clinic during this COVID-19 pandemic.


Keywords


Digital marketing; klinik kecantikan; pandemi COVID-19; Beauty clinic; COVID 19 pandemic; digital marketing

References


Putriadita D, Aprilyani J, Putri ND, Sulistiowati T. Halus mulus bisnis klinik kecantikan. (diunduh 1 Juli 2023). Tersedia dari: https://peluangusaha. kontan.co.id/news/halus-mulus-bisnis-klinik- kecantikan, 2017

Sunyoto D. Dasar-dasar manajemem pemasaran: konsep, strategi dan kasus. Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service); 2014.

Rahayu DS. Analisis layanan BK di SMK Gamaliel pada masa pandemi Covid-19. Widya Warta. 2020;XLIV(2):23

Adiwaluyo E. Mengintip geliat industri kecantikan di era digital. (diunduh 1 Juli 2023.). Tersedia dari: http://marketeers.com/mengintip-geliat-industri-kecantikan-di- era-digital/, 2017.

Rangkuti F. Strategi promosi yang kreatif & analisis kasus integrated marketing communication. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama; 2013.

Oktaviani F, Rustand D. Implementasi digital marketing dalam nembangun brand awareness, J Profesi Humas. 2018;3(1):2018.

Setiawati I, Widyartati P. Pengaruh strategi pemasaran online terhadap peningkatan laba UMKM. Bima: Bingkai Manajemen; 2017.

Fajriana M. Melihat perkembangan industri klinik kecantikan di Indonesia. (diunduh 1 juli 2023.). Tersedia dari: https://www.liputan6.com/fashion-beauty/read/3649758/melihat-p erkembangan-industri-klinik-kecantikan-di-indonesia, 2018.

Santoso R. Review of digital marketing & business sustainability of E-Commerce during pandemic Covid-19 in Indonesia, J Ilmu Ekonomi Terapan. 2020;5(2):15.

Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2017.

Jati W, Yuliansyah H. Pengaruh strategi pemasaran online (online marketing strategy) terhadap minat beli konsumen, J Pemasaran Kompetitif. 2017;1(1):128–37.

Niken Talivia Tania. Strategi public relations PT DBL Indonesia dalam meningkatkan minat penonton (studi kasus pada event DBL competition di Surabaya), Untag Surabaya Repository. 2018.




DOI: https://doi.org/10.29313/jiks.v5i2.11300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



eISSN: 2656-8438


View My Stats 


Flag Counter

Jurnal Integrasi Kesehatan dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.