Pengaruh Video Infografis Edukasi Anemia terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Anemia pada Remaja Putri di SMPN 49 Kota Bandung

Nadya Puspa Maharani, Yuni Nurchasanah, Yulinda Pulungan, Judiono Wibowo

Abstract


Remaja putri menjadi kelompok yang rentan anemia karena remaja putri mengalami haid yang menyebabkan kehilangan darah setiap bulan. Beberapa faktor penyebab anemia pada remaja adalah kurang pengetahuan remaja mengenai anemia, gejala, dampak, dan cara mencegahnya. Pemberian edukasi pada usia remaja dianggap paling efektif karena pada usia ini rasa ingin tahu remaja sangat tinggi. Video infografis merupakan salah satu media yang dapat membantu remaja putri meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja menjadi lebih positif. Tujuan penelitian ini adalah mengindentifikasi pengaruh pemberian edukasi menggunakan video infografis terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri di SMPN 49 Bandung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitif menggunakan desain quasi experimental dengan rancangan pretest-posttest design with control group yang dilaksanakan selama Maret 2023. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 35 orang untuk kelompok intervensi maupun kelompok kontrol remaja putri yang memenuhi inklusi dan tidak termasuk eksklusi. Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil penelitian menggunakan uji Wilcoxon mendapatkan hasil ada pengaruh pemberian video infografis terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri dengan nilai p 0,000 <0,05. Pada uji beda Mann Whitney didapatkan hasil rerata nilai pengetahuan dan sikap kelompok yang diberikan video lebih tinggi dibanding dengan kelompok yang diberikan e-leaflet dengan selisih mean rank pengetahuan adalah 16,48 dengan nilai p 0,001 pada sikap 15,3 dengan nilai p 0,003. Simpulan, media video infografis lebih efektif meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang anemia.

 

The Effect of Anemia Education Infographic Video on Knowledge an Attitudes of Young Girls at SMPN 49 Bandung

Abstract
Adolescents are the cluster that is prone to anemia because young women got menstruation, which causes blood loss every month. One of the factors causing anemia in adolescents is the lack of knowledge about anemia, its symptoms, and how to prevent it. Providing education at a young age is considered the most effective because at this age the curiosity of adolescents is very high. Video infographics is one of any methode that can help young women increase their knowledge and attitudes to become more positive. The purpose of this study was to identify the effect of providing education using infographic videos on the knowledge and attitudes of young women at SMPN 49 Bandung. This research is a type of quantitative research using a quasi-experimental design with a pretest-posttest design with a control group during March 2023. Sampling used a purposive sampling technique with a total sample of 35 people for the intervention group and the control group for female adolescents who met the inclusion and exclusion criteria. The results of the study using the Wilcoxon test showed that there was an influence from providing infographic videos on the knowledge and attitudes of young women with p value 0.000 <0.05. In the Mann Whitney different test, the mean value of knowledge and attitudes of the group given the video was higher than the group given the e-leaflet with the difference in the mean rank of knowledge being 16.48 with pvalue 0.001 at an attitude of 15.3 with p value 0.003. From these results it can be concluded that infographic video media has proven to be more effective in increasing the knowledge and attitudes of young women about anemia.


Keywords


Anemia; pengetahuan; video infografis; Anemia; infographic video; knowledge

References


Budianto A, Fadhilah N. Anemia pada remaja putri dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan tentang anemia: anemia in young women affected by level of knowledge of anemia. J Ilmiah Kesehat. 2016;5: 689–97.

Apriyanti F. Hubungan status gizi dengan anemia. J Doppler Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. 2019;3:18–21.

Goni DMM, Kapantow N, Sondakh R. Hubungan antara asupan zat besi (Fe) dengan kadar hemoglobin (Hb) pada anak usia 1–3 tahun di wilayah kerja Puskesmas Ranomut Kota Manado. J Kesehat Masyarakat Sam Ratulangi. 2014;4:23–5.

Umayana HT, Cahyati WH. Dukungan keluarga dan tokoh masyarakat terhadap keaktifan penduduk ke posbindu penyakit tidak menular. J Kesehat Masyarakat. 2015;11(1):96.

Women’s Preventive Services Guidelines | HRSA [Internet]. [diunduh 9 Sept 2022]. Tersedia dari: https://www.hrsa.gov/womens- guidelines-2019

Dwiana S, Pramintarto EG. Penyuluhan anemia gizi dengan media motion video terhadap pengetahuan dan sikap remaja putri. J Riset Kesehat Poltekkes Depkes Bandung. 2019:97–8.

Masturoh I. Metodologi penelitian kesehatan. Edisi pertama. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; 2018.

Astrika YF, Anggarini Parwatiningsih S, Eka Nurma Yuneta A, Nur Dewi Kartikasari M. The relationship between the level of knowledge of teenagers (girl) about iron consumption with the incidence of anemia in SMP 18 Surakarta. Placentum Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya. 2020;8(1):36–47.

Afiturrohma E. Pengaruh media video terhadap tingkat pengetahuan pelajar mengenai jajanan sehat di SDN Pancakarya 01 Jember. J Gizi Kerja Produktivitas. 2020;1(2):34–45.

Yustisa FP, Ketut Aryana I, Nyoman I, Suyasa G. Efektivitas penggunaan media cetak dan media elektronika dalam promosi kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan dan perubahan sikap siswa SD. J Kesehat Lingkungan. 2014;4(1):29–39.

Asmawati N, Dian Nurcahyani I, Yusuf K, Wahyuni F, Mashitah S. The influence of contributors uses video media against knowledge and attitudes about anaemia in teenage daughter SMPN 1 Turikale 2020. J Gizi Kesehat. 2021;13:18–27.

Mubarak W. Ilmu kesehatan masyarakat teori dan aplikasi. Jakarta: Salemba Medika; 2009.

Handini MDS. Efektifitas media video dan leaflet untuk pendidikan kesehatan reproduksi siswi kelas 5 SD Muhammadiyah Sokonandi Yogyakarta. J Elektronik Pendidikan Informatika. 2017;4:278–82.

Kusumasari RN. Lingkungan sosial dalam perkembangan psikologis anak. J-IKA. 2015;II(1):20–7.

Rahmawati S. Hubungan pengetahuan dan sikap dalam upaya pengendalian hipertensi di rawat jalan Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih tahun 2019. J Keperawatan. 2019:18–23.

Kertoaji EM, Widiasri M, Suciadi MF. Pembuatan video infografis tentang dampak negatif penggunaan gadget secara berlebihan pada anak. Calyptra: J Ilm Mahasiswa Universitas Surabaya. 2019;8(1):1505–12.

Notoatmodjo S. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2018.

anah N, Timiyatun E. Perbandingan efektivitas pendidikan kesehatan dengan media leaflet dan audio visual dalam meningkatkan pengetahuan remaja tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI). J Keperawat Terpadu (Integrated Nursing J). 2020;2:19–25.

Musdalifah, Sriyanti F, Ernawati A. Efektivitas penerapan vidio dan leaflet terhadap pengetahuan tentang personal hygien pada keluarga di tatanan keluarga. FJMR [Internet].1(2):179–86. [diunduh November 2022] Tersedia dari: https:// journal. formosapublisher.org/index.php/fjmr

Al Fasyi MC. Pengaruh penggunaan media video terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Ngoto Bantul Yogyakarta. OPAC J. 2015;1:2–8.

Putri Auni. Pengaruh pendidikan kesehatan melalui video edukasi anemia terhadap tingkat pengetahuan remaja putri dalam mencegah anemia. [Padang]: Poltekkes Kemenikes Padang; 2019.

Saban S. Efektifitas media video dan leaflet terhadap pengetahuan tentang anemia siswi SMAN 2 Ngaglik Sleman. Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah. 2017;8(1):278–81.

Yulita Alfiani N, Sutadi Lanyumba F, Wahyu Balebu D. Persepsi remaja putri tentang anemia di sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri 5 Luwuk Timur (students perception of anemia in vocational school 5 East Luwuk). Public Health J [Internet]. 2020;11(2). [diunduh September 2022] Tersedia dari: https://journal.fkm-untika.ac.id/ index.php/phj.




DOI: https://doi.org/10.29313/jiks.v6i1.13032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



eISSN: 2656-8438


View My Stats 


Flag Counter

Jurnal Integrasi Kesehatan dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.