Analisis Strategi Segmenting, Targeting, Positioning, dan Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Kunjungan Pasien di Bandung Dental Center
Abstract
Penyedia layanan kesehatan terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan dari waktu ke waktu. Perkembangan tersebut menyebabkan kompetisi antara penyedia layanan kesehatan meliputi klinik gigi. Sebagai klinik gigi yang memiliki konsep baru dibanding dengan praktik dokter gigi konvensional, klinik gigi seperti Bandung Dental Center memerlukan strategi pemasaran yang tepat agar pasien mau berkunjung dan melakukan perawatan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis strategi segmentasi, target, dan posisi (STP) Bandung Dental Center serta pengaruh marketing mix atau bauran pemasaran yang meliputi product, place, price, dan promotion yang telah diterapkan terhadap keputusan kunjungan pasien di Bandung Dental Center. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang mencakup 95 pasien sebagai sampel dilakukan pada periode awal 2023. Berdasarkan analisis STP didapatkan bahwa pasien mayoritas berjenis kelamin perempuan, berusia remaja hingga dewasa, bekerja sebagai pelajar, mahasiswa, serta karyawan BUMN/swasta yang bertempat tinggal di Kota Bandung. Hasil penelitian juga ditemukan bahwa dari empat variabel yang diuji hanya variabel product dan price memiliki hasil T-statistik >1,96 dan nilai-p 0 sehingga kedua variabel tersebut diangggap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan kunjungan pasien di Bandung Dental Center.
Abstract
Healthcare providers continually undergo growth and evolution over time, leading to increased competition among them, including dental clinics. Bandung Dental Center (BDC), positioned as a comprehensive dental service clinic catering to individuals seeking aesthetic dental services and specialized care for children and adolescents, operates amidst this competitive landscape. In order to attract and retain patients in the face of this competition, BDC requires an effective marketing strategy. The objective of this research was to assess the effectiveness of BDC's STP strategy (segmenting, targeting, and positioning) and examine how the marketing mix elements (product, place, price, and promotion) influence patients' decisions to visit and receive treatment at BDC during carried out in the early 2023 period. The study, conducted as a descriptive quantitative analysis with a sample size of 95 patients, revealed that the majority of patients were female, adolescents to adults, and were engaged as students, university students, or employed in BUMN/private sectors, residing in the city of Bandung. The research findings indicated that among the tested variables, only the product and price variables demonstrated T-Statistic results > 1.96 and P-Value 0, signifying a positive and significant impact on patients' decisions to visit the Bandung Dental Center
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amira H, Fitriasari N. Pentingkah segmenting, targeting, dan positioning sebagai strategi pemasaran? J Kedokt Brawijaya [Internet]. 2020; [diunduh 1 Desember 2023]. Tersedia dari: http://dx.doi.org/10.21776/ article.
Skripsa TH, Unique AA, Hermawati D. Hubungan pengetahuan dan tindakan menjaga kesehatan gigi mulut dengan keluhan subyektif permasalahan gigi mulut pada mahasiswa kesehatan dan non kesehatan. e-GiGi. 2021;9(1):71–8.
Yoyada N, Kodrat DS. Consumer selection in ny dental clinic of surabaya city. Fourth Int Conf Entrep | B One. 2017;1:1–9.
Kotler P, Armstrong G. Principles of marketing. Edisi ke-17. New Jersey: United States: Pearson; 2018.
Hinson RE, Oesi-Frimpong K, Adeola O, Aziato L. Health service marketing management in Africa. New York: Taylor & Francis; 2020.
Marno AHA, Sulistiadi W. Peranan segmenting, targeting, positioning sebagai strategi pemasaran rumah sakit di Indonesia. Media Publ Promosi Kesehat Indones. 2022;5(3):233–8.
Sharon LG, Santoso SB. Studi pada pasien rawat inap RSUD Tugurejo Semarang. Diss. Fakultas Ekonomika dan Bisnis. 2017;6:1–12.
Stacks D. Quantitative research. Encycl Public Relations. 2014;(2015):44–8.
Fandy T, Chandra G. Pemasaran strategik. Edisi ke-2. Yogyakarta: Andi; 2012.
Ghozali I. Aplikasi analisis multivariat dengan program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro; 2013.
Kognisi PK, Risiko P, Jenis DAN, Bidori F, Puspitowati LI dan I, Wijaya IGB, dkk. No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Ind High Educ [Internet]. 2021;3(1):1689–99.[diunduh 1 Desember 2023]. Tersedia dari: http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288.
Rohmatulloh IH, Nugraha J. Penggunaan learning management system di pendidikan tinggi pada masa pandemi covid-19: model UTAUT. J Pendidik Adm Perkantoran. 2022;10(1):48–66.
Hair JF, Ringle CM, Sarstedt M. PLS-SEM: Indeed a silver bullet. J Mark Theory Pract. 2011;19(2):139–52.
Nurul Kartikasari, Sulistiadi W. Analisis stp dan strategi marketing mix pelayanan gigi dan mulut selama masa pandemi covid-19 di RSGM Yarsi. J Med Hutama. 2022;03(02):2159–68.
Rismawati FF, Wahyuni S, Widodo J. Strategi pemasaran STP (segmenting, targeting, positioning) Larissa Aesthetic Center Cabang Jember. J Pendidik Ekon J Ilm Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon Ilmu Sos. 2019;13(2):68.
Lestari P, Rindu R. Hubungan pemasaran rumah sakit (marketing mix 7p) terhadap tingkat kunjungan pasien. J Ilmu Kesehat Masy. 2018;7(02):120–30.
Mugeiren OMAl, Sanea JAAl. Dental service marketing. J Int Oral Heal. 2018;10(5):216–9.
Makawimbang RW, Rattu AJM, Engkeng S. Hubungan antara bauran pemasaran dengan keputusan memilih rawat inap di rumah sakit umum daerah Bitung. 2022;286.
Setyowati A, Soekotjo H. Effect of service marketing mix on hospital selection mediated with brand image on hospital’s outpatients. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR). 2020;2020(4):1207–14.
Padamali GM., Fernando PI. Product attributes and premium price strategy: a study of tea consumers in middle and high-end market. J Manag Matters. 2016;3(1):13–20.
Tanudjaya PK. Pengaruh kualitas pelayanan klinik gigi. J Manaj Pemasar Jasa [Internet]. 2014;7(1):39–60.[ diunduh 1 Desember 2023]. Tersedia dari: http://www. jdentistry.ui. ac.id/index. php/JDI/ article/ view/849
Kafa R. Pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap keputusan pasien dalam memilih jasa rumah sakit (studi pada pasien Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kotagede). Ekon Bisnis Islam. 2013;VIII(1):105–22.
Leonita E, Jalinus N. Peran media sosial dalam upaya promosi kesehatan: tinjauan literatur. INVOTEK J Inov Vokasional Teknol. 2018;18(2):25–34
DOI: https://doi.org/10.29313/jiks.v6i1.13033
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Integrasi Kesehatan dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.