Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Rumah Sakit terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung

Anugerah Fikri Wicaksono, Ratih Tresnati, Nirmala Kesumah

Abstract


Abstrak
Kualitas pelayanan rumah sakit yang semakin baik akan menyebabkan kepuasan pasien semakin meningkat sehingga citra rumah sakit menjadi positif, optimalisasi ketiga variabel tersebut akan menyebabkan loyalitas pasien semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis gambaran kualitas pelayanan, citra rumah sakit, loyalitas pasien dan besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien, citra rumah sakit terhadap loyalitas pasien, serta kualitas pelayanan dan citra rumah sakit terhadap loyalitas pasien di Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan kuantitatif serta desain potong lintang dan level analisis mikro pada pasien rawat jalan di Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung pada Agustus tahun 2023. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner skala Likert dengan pertanyaan-pertanyaan yang mengacu pada indikator variabel penelitian, yaitu kualitas pelayanan, citra rumah sakit, dan loyalitas pasien. Sebanyak 101 sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling. Analisis uji T dan uji F menunjukkan penilaian responden pada variabel kualitas pelayanan termasuk kategori tinggi. Penilaian responden pada variabel citra rumah sakit termasuk kategori tinggi. Penilaian responden pada variabel loyalitas pasien termasuk kategori tinggi. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan loyalitas pasien rawat jalan serta pengaruh positif dan signifikan antara citra rumah sakit dan loyalitas pasien rawat jalan. Simpulan, kualitas pelayanan dan citra rumah sakit secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif terhadap loyalitas pasien.


The Influence of Service Quality and Hospital Image on Outpatient Loyalty at Cicendo Eye Hospital Bandung

Abstract
The better quality of hospital services will cause patient satisfaction to increase so that the hospital image becomes positive; optimizing these three variables will lead to higher patient loyalty. This research aims to determine and analyze the description of service quality, hospital image, and patient loyalty and the magnitude of the influence of service quality on patient loyalty, hospital image on patient loyalty and service quality, and hospital image on patient loyalty at Cicendo Eye Hospital Bandung. This type of research is analytical with a quantitative approach, a cross-sectional design, and a micro level of analysis in outpatients at the Cicendo Eye Hospital in Bandung in August 2023. Data collection uses a Likert scale questionnaire instrument with questions that refer to the variable indicators in the research, namely quality: service, hospital image, and patient loyalty. A total of 101 samples were determined using the purposive sampling technique. The T and F Test analysis shows that the respondent’s assessment of the service quality variable is in the high category. The respondent’s evaluation of the hospital image variable is high. The respondent’s assessment of the patient loyalty variable is in the high category. There is a positive and significant influence between service quality and outpatient loyalty, as well as a positive and significant influence between hospital image and outpatient loyalty. In conclusion, service quality and hospital image positively influence patient loyalty.


Keywords


Citra rumah sakit; kualitas pelayanan; loyalitas pasien; pasien rawat jalan; Hospital image; outpatients; patient loyalty; service quality

References


Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan. Undang-Undang Republik Indonesia.

Trisnantoro, L. Memahami penggunaan ilmu ekonomi dalam manajemen rumah sakit. UGM press; 2018.

Mulyana A. Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap minat beli ulang pelanggan shao kao kertajaya melalui kepuasan pelanggan. Agora. 2019.

Yunida ME. Pengaruh citra rumah sakit dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan di Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri. JMBI. 2016; 5(3): 287–97.

Cham TH, Lim YM, Sigala M. Marketing and social influences, hospital branding, and medical tourists’ behavioural intention: Before and after service consumption perspective. International Journal of Tourism Research. 2022; 24(1):140–57.

Sharon LG, Santosa SB. Analisis pengaruh kualitas layanan, fasilitas, citra rumah sakit, kepuasan pasien dalam rangka meningkatkan loyalitas pasien (studi pada pasien rawat inap RSUD Tugurejo Semarang). Doctoral dissertatio. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis; 2017.

Sayidah N. Metodologi penelitian disertai dengan contoh penerapannya dalam penelitian. Zifatama Jawara; 2018.

Alifun M. Pengaruh kualitas pelayanan dan citra rumah sakit terhadap loyalitas pasien pengguna BPJS di RS Hermina Arcamanik. Doctoral dissertation. Bandung: Universitas Sangga Buana YPKP; 2023.

Susanto AP. The effect of hospital image towards the patient satisfaction and loyalty of outpatients in the hospital of PKU Muhammadiyah Gamping Yogyakarta. Journal of Recourses Development and Management. 2018.

Asnawi A, Awang Z, Afthanorhan A, Mohamad M, Karim FJMSL The influence of hospital image and service quality on patients’ satisfaction and loyalty. Manag Sci Letters. 2019;9(6):911–20.

Sektiyaningsih IS, HaryanaA, Rosalina S. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan, citra dan loyalitas pasien pada unit rawat jalan RSUD Mampang Prapatan Jakarta Selatan. J Business Studies. 2019;4(1):17–29.

Imran B, Ramli AH. Kepuasan pasien, citra rumah sakit dan kepercayaan pasien di Provinsi Sulawesi Barat. Prosiding Seminar Nasional Pakar. 2019 April:2–48.

Cahyono DC, Herlambang T. Pengaruh mutu pelayanan dan citra rumah sakit terhadap loyalitas pasien serta kepuasan pasien sebagai intervening di instalasi peristi RSD Dr. Soebandi Jember. J Sains Manaj Bisnis Indones. 2017;7(2):232–56.

Rudiansyah YA, Argenti G, Febriantin K. Kualitas pelayanan administrasi kependudukan pada masa pandemi covid 19 di dinas kependudukan dan pencatatan sipil. Karawang: Kinerja. 2021;18(4):513–20.

Sterie WG, Massie J, Soepono D. Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian produk PT. Telesindo Shop sebagai distributor utama Telkomsel di Manado. J EMBA: J Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. 2019;7(3):3139–48.

Fattah A. Hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap loyalitas pasien di rawat inap Rumah Sakit Ibu dan Anak Sitti Khadijah Makassar Tahun 2016. UIN Alauddin Makassar. 2016.




DOI: https://doi.org/10.29313/jiks.v6i2.13517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



eISSN: 2656-8438


View My Stats 


Flag Counter

Jurnal Integrasi Kesehatan dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.