Perbandingan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku tentang HIV/AIDS pada Mahasiswa Universitas Pasundan

Hanifa Yusmizahrah, Ajeng Annamayra, Steffi Rifasa Tohir Suriaatmadja

Abstract


Abstrak
Generasi muda sangat rentan terhadap HIV, lebih dari setengah semua infeksi baru di seluruh dunia kalangan remaja antara usia 15 tahun sampai 24 tahun. Penting untuk menilai pengetahuan, sikap, maupun perilaku mahasiswa tentang HIV/AIDS sebelum merencanakan tindakan pencegahan. Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan harus berperan dalam aspek preventif dan promotif untuk pelayanan kesehatan di masa yang akan datang. Begitu juga mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang akan menjadi seorang guru harus mampu memposisikan diri secara profesional dalam kegiatan pendidikan dan bertindak sebagai agen perubahan. Cara guru menyampaikan informasi baik materi kepada pelajar atau remaja, sedangkan remaja sampai usia produktif termasuk ke dalam rentang usia terkena HIV. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbandingan pengetahuan, sikap, dan perilaku terhadap HIV/AIDS pada mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis data menggunakan Independent T-test. Penelitian dilakukan terhadap 136 mahasiswa dari tiap-tiap Fakultas selama periode bulan Juli–September 2023. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata pengetahuan mahasiswa Fakultas Kedokteran (mean 83,8) dan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (mean 78,7). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata sikap mahasiswa pada Fakultas Kedokteran (mean 19,9) dan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (mean 20,3). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata perilaku mahasiswa pada Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Simpulan penelitian ini terdapat perbedaan rerata pengetahuan antara mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, sedangkan rerata sikap dan perilaku antara mahasiswa pada Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan tidak berbeda.

Comparison of Knowledge Attitude and Behavior towards HIV/AIDS among Students of Pasundan University

Abstract
The younger generation is susceptible to HIV, with more than half of all new infections are among teenagers aged 15 to 24 years. It is important to assess students' knowledge, attitudes and behavior towards HIV/AIDS, before planning preventive actions. Pasundan University Faculty of Medicine students must play a role in preventive and promotive aspects of health services in the future. Likewise, students from the Faculty of Teacher Training and Education who wish to become teachers must be able to position themselves professionally in educational activities and act as agents of change. The way teachers convey information, whether to students or teenagers, while teenagers are included in the age range affected by HIV. The purpose of this research is to determine the comparison of knowledge, attitudes and behavior towards HIV/AIDS among students at the Faculty of Medicine and the Faculty of Teaching and Education, Pasundan University. The method used is a quantitative approach with data analysis using the Independent T-test. The research was conducted on 136 students from each faculty during July until September 2023. The research results obtained show that there is a significant difference between the average knowledge of students at the Faculty of Medicine (mean 83.8) and the Faculty of Teacher Education (mean 78.7). There is no significant difference between the average attitude of students at the Faculty of Medicine (mean 19.9) and the Faculty of Teacher Education (mean 20.3), there is no significant difference between the average behavior of students at the Faculty of Medicine and the Faculty of Teacher Training and Education. The conclusion of this research is that there is a difference between the average knowledge of students at the Faculty of Medicine and the Faculty of Teaching and Education Sciences, there is no difference between the average attitudes and behavior of students at the Faculty of Medicine and the Faculty of Teaching and Education Sciences.


Keywords


HIV/AIDS; pengetahuan; perilaku; sikap; Attitude; behavior; HIV/AIDS; knowledge

References


Artati LPN. Studi survey: lost to follow up pada orang dengan HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Badung. J Nurs Res Publ Media. 2022;1:35–41.

Amaliyyah R. Gambaran tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku remaja SMA di Kecamatan Galang tentang HIV/AIDS. Nommensen Journal of Medicine. 2023;8:35–40.

Heriana C. Determinant and spasial distribution of HIV/AIDS in West Java Province. J Ilmu-Ilmu Kesehat Bhakti Husada Kuningan. 2020;4(2):1–9.

Nubed CK, Akoachere JFTK. Knowledge, attitudes and practices regarding HIV/AIDS among senior secondary school students in Fako Division, South West Region, Cameroon. BMC Pub-lic Health. 2016;16:1–10. Tersedia dari: http://dx.doi. org/10.1186/s12889-016-3516-9

Suryanto TGH, Hutapea GKFH. Perancangan kampanye pentingnya deteksi HIV sejak dini. J Vis Commun Des Study Pract. 2022;2:107.

Handayani EP, Lestari S, Putri HW, Astutik EDW, Pratami YR, Lestari TF. Peningkatan penge-tahuan remaja seputar HIV/AIDS di Posyandu Remaja Puskesmas Kampung Harapan Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura. J Pengabdi Masy Bangsa. 2024;1:3177–82.

Nubed CK, Akoachere JFTK. Knowledge, attitudes and practices regarding HIV/AIDS among senior secondary school students in Fako Division, South West Region, Cameroon. BMC Pub-lic Health. 2016;16:1–10. Tersedia dari: http://dx.doi. org/10.1186/s12889-016-3516-9

Prihanto P, Sudiro S, Irene K M. Analisis penyebab putus obat pada penderita HIV/AIDS yang berobat di Klinik VCT. J Kesehat. 2018;7:46–56.

Otálora MMC. Gambaran pengetahuan sikap dan perilaku mengenai HIV/AIDS pada maha-siswa Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Tanjungpura. J Mahasiswa PSPD FK Uni-versitas Tanjungpura. 2020;2:124–37.

Wahyuny R, Susanti D. Gambaran pengetahuan mahasiswa tentang HIV/AIDS di Universitas Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu. J Matern Neonatal. 2019;2:341–9.

Hardani R, Rumi A, Kusumawati A, Putri A, Ambianti N. Analisis faktor yang mempengaruhi kepatuhan pengobatan antiretroviral pada pasien HIV/AIDS. J Pharmascience. 2023;10:175–86.

Sisyahid AK, Indarjo S. Health belief model dan kaintannya dengan ketidakpatuhan terapi anti reteroviral pada orang dengan HIV/AIDS. Unnes J of Public Health. 2017;6(1);10–5.

Wulandari R, Aprianti, Waluyo DE. Differences in levels of knowledge and attitudes about re-productive health among students of the faculty of health and non-health faculties in Sema-rang City. J Kesehat masyarakat. 2023;22(1):65–72.

Fitriani F, Ekawati N, Sartika MS D, Nugrawati N, Alfah S. Pengaruh pendidikan kesehatan ter-hadap pengetahuan dan sikap remaja tentang seks bebas. J Ilmiah Kesehat Sandi Husada. 2022;11(2):384–91.

Kementerian Kesehatan RI. Distribusi ODHIV yang di tes per Provinsi dapat dilihat pada grafik berikut ini. Lap Eksek Perkemb Hiv Aids Dan Penyakit Infeksi Menular Seksual Triwulan I Tahun 2022.

Solihati, Ida F. Pengetahuan dan sikap tentang HIV/AIDS dan upaya pencegahan HIV/AIDS. J Kesehat. 2020;9(1):1–15.

Irwansyah, Sety LOM, Yasnani. Faktor yang berhubungan dengan stigma terhadap odha pada mahasiswa kesehatan di universitas halu oleo. 2024;2:19–30.

Zhang L, Yu H, Luo H, Rong W, Meng X, Du X, dkk. HIV/AIDS-related knowledge and attitudes among chinese college students and associated factors: a cross-sectional study. Frontiers in Public Health. 2022;9:1–9.

Martilova D. Faktor yang mempengaruhi pengetahuan remaja dalam pencegahan HIV AIDS di SMAN 7 Kota Pekanbaru Tahun 2018. JOMIS J Midwifery Sci. 2020;4:63–8.

Wattanasirikosone R, Modnak C. Analysing transmission dynamics of HIV/AIDS with optimal control strategy and its controlled state. J Biol Dyn. 2022;16(1):499–527.




DOI: https://doi.org/10.29313/jiks.v6i2.13564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



eISSN: 2656-8438


View My Stats 


Flag Counter

Jurnal Integrasi Kesehatan dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.