Keterkaitan Atraksi Pengurus Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) Pada Pimpinan Dengan Implementasi Good Zakat Governance

Sri Fadillah, Rini Lestari, Yuni Rosdiana

Abstract


Abstrak

Atraksi menyakut persepsi atas sikap pimpinan Organisasi pengelola Zakat (OPZ). OPZ merupakan organisasi yang diberi kewenangan oleh pemerintah untuk mengelola zakat melalui peran intermediasi zakat, yaitu, menghimpun dana dari muzaki dan menyalurkan dan mendayagunakan kepada mustahik. Untuk mencapai tujuan inetremediasi zakat harus diterapkan good zakat governance (GZG). Salah satu faktor yang berkontribusi pada implementasi GZG adalah atraksi pengurus pada pimpinan. Metode penelitian ini adalah survey dan penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Adapun populasi adalah pengurus dari OPZ se-bandung raya. Hasil penelitian adalah terdapat relasi dari atraksi pengurus pada pimpinan dengan impelemntasi good zakat governance yang dilihat dari prinsip-prinsip yang diterapkan yaitu Fairness, Transparancy, Accountability, Responsibility dan  independency .  

Kata Kunci:  Pengurus, Good Zakat Governance dan Atraksi


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

BAZNAS.2017.Database penghimpunan dan penyaluran berbasis SIMBA.

Cooper, D. R, & Schindler, P. S. (2006). Business Research Methods (9th ed.). International

Edition. Mc Graw Hill. Pp. 340-345

Dudi, Abdul Hadi. (2006). Hubungan Diantara Orientasi Pengurus OPZ Terhadap Nilai

Sosial Ekonomi Pemanfaatan Zakat Dengan Kebijakan Pimpinan. Universitas Padjadjaran. Bandung. Pp. 6,14-22

Kementrian BUMN. 2002. Keputusan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Nomor:

Kep-117/M-MBU/2002 Tentang Penerapan Praktek Good Corporate Governance Pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Newcomb, Theodore M, (1978). Psikologi Sosial. Bandung: CV Dipenogoro

OECD. 1999. Business Sector Advisory Group on Corporate Governance.

Rini Lestari. 2015. The Influences of Manager Competence on The Quality of Management

Accounting Information System and its Implicayion on The Quality of Management

Accounting Information. IJABER. Vol 13. No.6 (indexed Scopus)

Sekaran Uma.2006. Research Methods For Business. Edisi 4 (Edisi bahasa Indonesia).

Buku 1 dan Buku 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Sri Fadilah, Rini Lestari dan Kania Nurchilisah. 2016. Balanced Scorecard: To Imrove

Customer Trust. International Business Management. Vol. 10.Issue 28. 2016.

Sri Fadilah, Rini Lestari dan Kania Nurcholisah. 2016. Construction of A Implementation

Model for Zakat Managemen Institusion. MIMBAR Journal Vol 32. No.2 2016 (Accredited by Ristekdikti)

Sri Fadilah 2012. Pengaruh Implementasi Pengendalian Intern dan Total Quality Management

Terhadap Kinerja Organisasi. Jurnal MIMBAR. Vol. 26. No. 1. 2012 (Accredited By

dikti)

Undang-Undang No 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat

Yuhka Sundaya, Rabiatul Adwiyah, mey Maemunah, yonoko dan Rr. Inggrid. 2016. Analisis

Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Unisba. Prosiding Seminar Nasional SnaPP Unisba. 2016. Vol.6 No.1. 2016




DOI: https://doi.org/10.29313/ka.v19i2.3641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Kajian Akuntansi

Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-074X | ISSN 1693-0614