Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Survey Pada Wajib Pajak di SAMSAT Pajajaran Kota Bandung)

Ratu Rima Marfila, Diamonalisa Sofianty, Nunung Nurhayati

Abstract


Abstrak Fenomena yang terjadi pada kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor Republik Indonesia menunjukkan masih rendah, disebabkan oleh buruknya  kualitas pelayanan yang diberikan dan pengetahuan pajak yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pajak dan pengetahuan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam memnbayar pajak kendaraan bermotor (survey pada wajib pajak di SAMSAT Pajajaran Kota Bandung). Metode penelitian ini adalah metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer. Adaupun teknik pengumpulan data digunakan adalah dengan cara menyebar 100 kuesioner terhadap wajib pajak di SAMSAT Pajajaran Kota Bandung. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis convenience sampling. Metode analisis data dalam pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor, dan terdapat pengaruh antara pengetahuan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor.

 

Kata kunci: kualitas pelayanan pajak, pengetahuan pajak, kepatuhan wajib pajak.


Keywords


Kata kunci: kualitas pelayanan pajak, pengetahuan pajak, kepatuhan wajib pajak.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amin, Fadillah. 2016. Antologi Administrasi Publik dan Pembangunan. Malang: Universitas Brawijaya Press

Anatan, Lina dan Lena Elitan. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta

Awaluddin dkk (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Pada Kantor Bersama Sistem Administrasi Manunggal di Bawah Satu Atap (SAMSAT) Kendari). Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Universitas Halu Oleo Kendari Sulawesi Tenggar.

Bapenda.jabarprov.go.id diakses pada Jumat, 2 November 2018

Carolina, Veronica. 2009. Pengetahuan Pajak. Jakarta: Salemba Empat

Ilhamsyah dkk (2016) Pengaruh Pemahaman Dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi SAMSAT Kota Malang).Jurnal Perpajakan. Universitas Brawijaya

Mardiasmo. 2009. Perpajakan Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi

Nurmatu, Safri. 2005. Pengantar Perpajakan Ed.3 . Jakarta: Granit

Rahayu, Siti Kurnia. 2014. Perpajakan Indonesia: Konsep dan Aspek Formal. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sakti, Wira Nufransa. 2015. Panduan Praktis Mengurus Pajak. Jakarta: Visi Media

Simanjuntak, Timbul Hamonangan dan Imam, Mukhlis. 2012. Dimensi Ekonomi Perpajakan Dalam Pembangunan Ekonomi. Bogor: Raih Asa Sukses

Supramono. 2010. Perpajakan Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, Fandi. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset

Widodo, Widi. 2010. Moralitas, Budaya, dan Kepatuhan Pajak. Bandung: Alfabeta

Wulandari, Artha Phaurcula dan Iryanie, Emy. 2018. Pajak Daerah Dalam Pendapatan Asli Daerah. Sleman: CV Budi Utama




DOI: https://doi.org/10.29313/ka.v21i2.4500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kajian Akuntansi

Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-074X | ISSN 1693-0614