Studi tentang Perbandingan Penerapan e-Business dalam Meningkatkan Efisiensi Biaya Operasional dan Kaitanya dengan Tingkat Laba Perusahaan (Studi Kasus Penggunaan Layanan e-Toll Card pada PT Jasa Marga Tbk. Cabang Purbaleunyi)

Viena Nur'aida Wulandari, Nurleli Nurleli, Rini Lestari

Abstract


Abstrak. Tujuan perusahaan Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang penyelenggaraan, pengelolaan dan pemeliharaan jalan tol selalu berusaha meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan dengan menciptakan produk layanan kreatif, handal & berkualitas, salah satunya adalah penerbitan kartu elektronik (E-Toll Card). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan E-Toll Card dalam meningkatkan efisiensi biaya operasional dan kaitannya dengan tingkat laba perusahaan. Analisis data secara deskriptif dilakukan untuk menggambarkan penerapan E-Toll Card dan laporan keuangan yang berupa anggaran, realisasi biaya operasional dan laba untuk kemudian dilakukan perbandingan saat sebelum dan setelah penerapan. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap penerapan E-Toll Card di Cabang Purbaleunyi dapat dikatakan sangat memadai dilihat dari adanya komitmen perusahaan terhadap kebutuhan pelanggan. Perkembangan efisiensi biaya operasional dan kaitannya dengan tingkat laba sebelum adanya penerapan sudah efisien sehingga tingkat laba tercapai. Sedangkan saat setelah penerapan, terjadi inefisiensi akibat adanya peralihan transaksi pembayaran menjadi non tunai. Ini berakibat pada munculnya biaya-biaya diluar anggaran perusahaan, namun berimbas kepada meningkatnya tingkat laba optimal.

Kata kunci: Biaya Operasional, Efisiensi, E-Toll Card, Laba


Keywords


Biaya Operasional, Efisiensi, E-Toll Card, Laba

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Amalia, G.P. & E.H. Fanida. 2017. “Efektivitas Electronic Toll (e-toll)Oleh PT

Jasa Marga Surabaya” dalam E-Journal UNESA, Vol. 5 Iss 2 pp.4.

Chaffey, Dave. 2009. E-Business And E-Commerce Management: Strategy,

Implementation And Practice Fourth Edition. London: Pranctice Hall.

Combe, Collin. 2006. Introduction to E-Business Management And Strategy. London:

Elsevier.

Govindarajan, Anthony. 2005. Sistem Pengendalian Manajemen. Jakarta:

Salemba Empat.

Hansen, D.R. & M.M Maryanne. 2009. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.

Indrajit, Richardus. Eko. 2002. Konsep dan Strategi E-Business. Jakarta: Aptikom.

Lukaman, Raddy. R. 2017. Mulai Hari Ini Bayar Tol Tak Bisa Pakai Uang Tunai,

tersedia di www.liputan6.com [31/10/2017].

Mulyadi. 2009. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Santoso, Wimboh. 2017. Wimboh Akan Fokus Efisiensi Anggaran dan Operasional

OJK, tersedia di www.katadata.co.id [09/06/2017].

Subramanyam, K.R. & J. J .Wild. 2010. Analisis Laporan Keuangan.

Jakarta: Salemba Empat.

Suyanto, Muhammad. 2003. Strategi Periklanan pada E-Commerce Perusahaan

Top Dunia. Yogyakarta: Andi Publisher.

Wijaya, Y. O. & L. Syafitri. 2013. “Analisis Pengendalian Biaya Produksi Dan

Pengaruhnya Terhadap Laba Pabrik Penggilingan Srikandi Palembang” dalam Jurnal Akuntansi Vol.2.




DOI: https://doi.org/10.29313/ka.v21i2.4506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Kajian Akuntansi

Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-074X | ISSN 1693-0614