Aplikasi Akuntansi Berbasis Android dan Gambaran Profil UMKM Pengguna Potensial Menggunakan IFLS Data

Irena Paramita Pramono, Asri Suangga, Riyang Mardini, Muhammad Jefriendy Ilhamsyah

Abstract


Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan usaha yang menjadi penopang utama perekonomian di Indonesia. UMKM seringkali kesulitan dalam melakukan pelaporan keuangan yang baik. Ketidakmampuan UMKM dalam menyediakan laporan keuangan yang baik akan berdampak ketidakmampuan investor dan kreditor dalam menilai kinerja keuangan UMKM. Digitalisasi menjadi sebuah potensi bagi UMKM  menyediakan kemudahan untuk mencatat transaksi keuangan dengan munculnya berbagai aplikasi akuntansi yang berbasis android. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menyediakan gambaran mengenai aplikasi akuntansi apa saja yang dapat digunakan oleh UMKM yang dapat didownload secara bebas di google play store, serta menyediakan deskripsi profil UMKM apa saja yang memiliki intensitas yang potensial menggunakan aplikasi akuntansi tersebut dilihat dari intensitas penggunaan handphone dan internet dalam pelaksanaan usahanya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penalaran induktif, dengan metode penyajian deskripsi serta observasi dan survey untuk metode pengumpulan datanya. Studi literatur dan observasi dilakukan untuk mengkaji terkait aplikasi akuntansi berbasis android yang beredar di masyarakat. Sedangkan statistik deskriptif disajikan dengan untuk mengetahui profil UMKM yang berpotensi menggunakan aplikasi akuntansi berbasis dilihat dari intensitas penggunaan handphone dan internet dalam pelaksanaan usaha. Data ini diolah dengan menggunakan data sekunder dari survey Indonesian Family Life Survey (IFLS) 5 pada tahun 2015 oleh RAND.


Keywords


Aplikasi Akuntansi Berbasis Android

Full Text:

PDF

References


Profil bisnis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Bank Indonesia. 2015, Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI).

Kualitas laporan keuangan umkm serta prospek implementasi SAK ETAP. . Rudiantoro, R., & Siregar, S. V. 1-21, Jakarta : Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, Universitas Indonesia, 2012, Vol. 9(1).

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. https://apjii.or.id/content/read/39/342/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2017. [Online] 2018.

databooks. [Online] [Dikutip: 12 09 2019.] https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/08/29/pengguna-ponsel-indonesia-mencapai-142-dari-populasi.

Kementerian Koperasi dan UKM. https://www.bi.go.id/. https://www.bi.go.id/id/tentang-bi/uu-bi/Documents/UU20Tahun2008UMKM.pdf. [Online] 2008.

Reforming Policies for Small and Medium-Sized Enterprises in Indonesia. Burger, Nicholas and Chazali, Charina and Gaduh, Arya and Rothenberg, Alexander D and Tjandraningsih, Indrasari and Weilant, Sarah. 2015, RAND Corporation.

Anitasari, Nuarini. https://zahiraccounting.com. [Online] 10 Agustus 2017. https://zahiraccounting.com/id/blog/software-akuntansi-cloud-dan-desktop/.

Mengungkap kesiapan UMKM dalam implementasi standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik (PSAK-ETAP) untuk meningkatkan akses modal perbankan. . Narsa, I. M., Widodo, A., & Kurnianto, S. 3, Surabaya : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga (JEBA), Journal of Economics and Business Airlangga, 2012, Vol. 22.

Pengaruh tingkat literasi keuangan pemilik usaha terhadap pengeloaan keuangan. Studi kasus: UMKM Depok. . Anggraeni, B. D. 1, s.l. : Jurnal Vokasi Indonesia, 2016, Vol. 4.

Badan Pusat Statistik. Hasil Pendaftaran (Listing) Usaha/Perusahaan Sensus Ekonomi 2016. bps.go.id. [Online] 24 Mei 2017. https://purwakartakab.bps.go.id/pressrelease/2017/08/02/87/hasil-pendaftaran--listing--usaha-perusahaan-sensus-ekonomi-2016--hasil-pendaftaran-sensus-ekonomi-2016--se2016--jawa-barat-tercatat-sebanyak-4-63-juta--usaha-perusahaan--non-pertanian-provinsi-ja.

Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM). Ikatan Akuntan Indonesia. 2016, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29313/ka.v21i1.5128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Kajian Akuntansi

Indexed by:

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

EISSN 2581-074X | ISSN 1693-0614