Membangun Reputasi Islam Melalui Keterampilan “Interpersonal”

Ani Yuningsih

Abstract


Reputasi Islam sebagai agama dan keyakinan juga sebagai lembaga/organisasi saat ini tengah menjadi perhatian dunia, pada beberapa insiden nasional maupun internasional Islam selalu dituduh berada dibalik semuanya, Islam diidentikan dengan teroris. Opini dan persepsi dunia seperti demikian jelas mengancam reputasi atau nama baik Islam sebagai agama dan keyakinan, yang pada gilirannya akan merembet kepada lembaga-lembaga, organisasi dan kegiatan-kegiatan yang berlabel Islam. Efektivitas relationship dengan berbagai kalangan akan sangat membantu terciptanya saling pengertian dan pemahaman tentang apa dan siapa Islam. Jaringan yang besar diawali dengan rajutan yang kecil, maka gerakan muslim sekecil apapun akan besar maknanya apabila dilakukan secara konsisten, ke arah yang sama dan bersama-sama pula. Pada dasarnya berbagai upaya membangun dan memperbaiki reputasi Islam, berdasarkan subjek/pelakunya bisa kita bagi ke dalam tiga tingkatan tindakan, yakni : individu, lokal, dan bangsa. Upaya mempertahankan dan mengembangkan relationship dalam membangun reputasi Islam dapat dilakukan dengan cara memahami, menganalisis dan mempraktekkan keterampilan interpersonal. Beberapa yang dapat dijadikan pedoman adalah bahwa membina hubungan seorang muslim harus memiliki perasaan positif, selalu siap membuka diri atas berbagai informasi tentang keberadaannya, dan terakhir harus siap melakukan evaluasi diri dan uji diri. Tahapan-tahapan keterampilan interpersonal yang dapat diimplementasikan dan dikuasai untuk meraih reputasi Islam yang baik, yaitu : 1) interpreting other people behavior; 2) presenting yourself; 3) communicating; 4) persuading; 5) using power; 6) working in group and meeting; 7) leading and facilitating groups and meeting.

Keywords


Reputasi Islam; Keterampilan Interpersonal

Full Text:

PDF

References


Al Talib, Hisham. 1994. Panduan Latihan Bagi Gerakan Islam. Jakarta. Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia,.

Curtis, Dan.B, James Floyd et al. 2000. Komunikasi Bisnis dan Profesional. Bandung. Rosda.

Fisher, B. Aubrey. 1978. Interpersonal Communication : a pragmatics of Human Relationship. New York, Random House.

Guirdham, Maureen. 1990. Interpersonal Skill at Work. New York. Prentice Hall.

Littlejohn, Stephen W.1996. Theories of Human Communication. Belmont, Wadsworth.

Myers, Gail E. & Michele Tolela Myers. 1988. The Dynamics of Human Communication : A Laboratory Approach, New York, Mc Graw Hill.

Pace, R Wayne et al. 1975. Communication Behavior & Experiment : A Scientific Approach, Belmont, Wadsworth.

Rakhmat, Jalaluddin. 1987. Psikologi Komunikasi. Bandung. Remaja Karya,

Reardon, Kathleen K. 1987., Interpersonal Communication : Where Minds Mee. Wadsworth, Belmont.

Sendjaja, Djuarsa, dkk, 1994. Teori Komunikasi. Jakarta. Universitas Terbuka,

Syam, Nina W. 1999. Fact Finding Persepsi Publik Tentang Citra Bandung. LPPM, Unpad,

Yulianita, Neni, 2000. Dasar-dasar Public Relations. Bandung. Multimedia, Fikom Unisba,

Zulfebriges, 1997. Komunikasi di Dalam Relationship : Membentuk Hubungan Yang Positif. Makalah. Bandung. Fikom,Unisba.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v19i4.115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License