Model Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan Berbasis Etnopedagogis di Sekolah Dasar Kampung Cikondang

Laksmi Dewi, Ahmad Yani, Asep Dudi Suhardini

Abstract


The purpose of this research was developing a model of etnopedagogic-based
character and entrepreneurship education in elementary school. The research location was
indigenous village named Cikondang that sites in South of Bandung. The research was
begun by identifying the local culture and also character and entrepreneurship values in
local community. Furthermore, it developed learning models and learning tools within local
wisdom-based character and entrepreneurial values. The research method was research
and development method. The result of the trial showed that the model was effectively
implemented. The learners felt happy dan enthusistic about carrying out various learning
activiteis during the learning prosess. However, its overall implementation in the school
education system need more of time that any of these values could be integrated in the
behavior of all member of the school.


Keywords


karakter, kewirausahaan, etnopedagogis

References


Dewi, Laksmi dkk. (2015). Nilai Karakter Kampung Adat dalam Pengembangan Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan berbasis Etnopedagogis di Sekolah Dasar. Prosiding: Seminar dan Temu Akademisi PLS Tingkat Nasional. ISBN: 978-602-17016-4-5.

Hakim, Dhikrul. (2012).Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Tersedia pada laman file:///C:/Users/INNOVATION/Downloads/179-332-1-PB.pdf. [0nline] diunduh tanggal 20-03-2014

Kemdikbud (2010). Panduan Bahan Pelatihan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta: Puskurbuk.

Koesoema, A. Doni. (2012). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.

Kompasiana. (2014). Utang Pemerintahan SBY selama 9 Tahun Rp 1.496,12 Triliun, Mengapa Rakyat Jelata Makin Susah Hidupnya?. Tersedia pada laman http://www.kompasiana.com/musniumar/utang-pemerintahan-sby-selama-9-tahun-rp-1-496-12-triliun-mengapa-rakyat-jelata-makin-susah-hidupnya_5528751b6ea834b8418b459b. Diunduh pada 26-06-2015

Qodar, Nafiysul Qodar. (2015), 15 Mar 2015 at 01:05 WIB). Survei ICRW: 84% Anak Indonesia Alami Kekerasan di Sekolah. Tersedia pada laman http://news.liputan6.com/read/2191106/survei-icrw-84-anak-indonesia-alami-kekerasan-di-sekolah. Diunduh tanggal 26-06-2015.

Susanti, L.R Retno. (2011). Membangun pendidikan karakter di sekolah :Melalui Kearifan Lokal. Makalah Disampaikan pada Persidangan.

Susilowati, Tutik; Susantiningrum. (2013). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Dalam Upaya Menumbuhkan Budayawirausaha Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMK) Di Kabupaten Karanganyar. Jurnal: JKB No. 12. Th.VII. Januari 2013.

Sumardiningsih, Sri; Mulyani, Endang; Supardi. (.......). Pengembangan Model Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dan Pendidikan Kewirausahaan Dalam Pembelajaran Di Smk Daerah Istimewa Yogyakarta. tersedia pada laman http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dr.%20Endang%20Mulyani,%20M.Si./Pengemb%20Model%20Pengintegrasian%20Penddkn%20Karakter%20&%20KWU.pdf. [online] Diunduh tanggal 26-06-2015.

Syarbini, Amirulloh.(2012). Buku Pintar Pendidikan karakter. Panduan lengkap Mendidik Karakter Anak di Sekolah, Madrasah, dan Rumah. Jakarta: as@-prima pustaka.

Utari, KS. (2006). Mengikis Ketidakadilan Gender Dalam Adat Bali. Makalah. Disajikan (untuk urun pendapat) dalam Temu Ilmiah II Asosiasi Pengajar dan Peminat Hukum Berspektif Gender se Indonesia (APPHGI). Tgl 18-20 September 2006, di Hotel Santika Jln Pandigiling 45 Surabaya Rosdakarya.

Wagiran. (2011). Pengembangan Model Pendidikan Kearifan Lokal di Wilayah Propinsi DIY dan Mendukung Perwujudan Visi Pembangunan DIY Menuju tahun 2025. Yogyakarta: Setda Provinsi DIY.

Wahyudin, Uyu. (2012). Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Ekokultural untuk Pemberdayaan Masyarakat Miskin Pedesaan, Mimbar Jurnal Sosial dan Pembangunan UNISBA.Volume XXVIII Nomor 1 (Juni, 2012): 55 - 64

Widodo, Slamet, taufik RDA Nugroho. (2014). Pendidikan Kewirausahaan bagi Santri: Sebuah Model untuk Mengatasi Pengangguran di Pedesaan, Mimbar Jurnal Sosial dan Pembangunan UNISBA, Volume 31 Nomor 2 (Desember 2014): 171 - 179

Yani, A. (2014). Mindset Kurikulum 2013. Bandung. CV. Alfabeta.

Zainudin, H.M; Mustofa, Hadi; Hakam, Dafid Sufyan. (2014). Membentuk Karakter Peduli Lingkungan dengan Model Pembelajaran Inkuiri, Mimbar Jurnal Sosial dan Pembangunan UNISBA, Volume 30, No. 1 (Juni, 2014); 11 - 17

Zuchdi, Darmiyati; Prasetya, Zuhdan Kun; Masruri, Muhsinatun Siasah. (2010). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi Dalam Pembelajaran Bidang Studi Di Sekolah Dasar. Jurnal: Cakrawala Pendidikan, Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v31i2.1480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License