Mengembangkan Suasana Pendidikan Berbasis “Learning Oriented” dalam Pembelajaran Kewirausahaan Mahasiswa

Ike Junita Triwardhani

Abstract


Era informasi memicu perubahan di banyak hal. Perubahan, pergeseran paradigma, dan cara berpikir telah menerpa banyak hal, di antaranya adalah bidang pendidikan. Perubahan paradigma di bidang pendidikan dipicu oleh perubahan karakter dasar dari subjek pendidikan, yaitu anak didik. Mereka sekarang ini datang ke sekolah penuh dengan segala macam informasi. Kemudian muncul cara belajar dengan menggunakan metode belajar Learning Oriented yang bermuara pada perubahan inti proses belajar dari fokus pada materi dan mengajar menjadi fokus kepada anak didik. Artinya, apa yang menjadi karakter dasar, cara berpikir, dan apa yang dibutuhkan anak didik mulai dianggap menjadi hal terpenting dalam proses belajar mengajar. Metode ini memberi ruang bagi mahasiswa untuk mengeluarkan potensi dirinya secara lebih optimal. Hal menarik yang dikaji dalam tulisan ini adalah tentang bagaimana mengembangkan suasana pendidikan berbasis Learning Oriented, khususnya dalam pembelajaran kewirausahaan mahasiswa. Permasalahan ini dijabarkan dalam: (1) Bagaimana kaitan antara era informasi dan perubahan paradigma dalam dunia pendidikan? (2) Bagaimana memahami perkembangan teknologi informasi yang menyebabkan perubahan terhadap cara berpikir (mindset) mahasiswa? (3) Bagaimana peran metode Learning Oriented sebagai keniscayaan di zaman sekarang? (4) Bagaimana penerapan metode Learning Oriented dalam pembelajaran kewirausahaan pada mahasiswa?
Informasi sekarang ini relatif lebih mudah didapatkan, tidak terkecuali bagi mahasiswa. Tetapi hal ini tidak otomatis membuat mahasiswa bisa mengonstruksinya menjadi sebuah pemahaman yang baik dan terarah mengenai sesuatu hal. Mereka tetap memerlukan bimbingan yang akan membantunya memposisikan dirinya di era yang penuh perubahan. Metode belajar Learning Oriented relevan untuk menjawab tantangan tadi. Anak didik akan lebih tertarik dan akan memberikan motivasi internal untuk belajar lebih dalam. Pada pembelajaran kewirausahaan, mahasiswa banyak memperoleh wawasan, baik dari buku maupun apa yang terjadi di lapangan. Selain itu, mereka juga terbiasa untuk menggali potensi yang ada pada dirinya sehingga dapat membantu untuk menentukan kemana arah mereka sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Dengan Learning Oriented, diharapkan pendidikan lebih memberikan atmosfer belajar mengajar untuk mengoptimalkan potensi diri pelaku belajar. Mahasiswa diharapkan lebih berani untuk mengungkapkan gagasan atau ide-ide serta mempelajari risiko yang akan muncul. Pengajar diharapkan dapat menjadi fasilitator bagi pengembangan ide-ide mahasiswa. Diharapkan juga institusi pendidikan tinggi mempunyai kontribusi dan peran yang signifikan kepada masyarakat, terutama menghadapi zaman yang semakin cepat berubah.

Keywords


Learning Oriented; Kewirausahaan Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchori. 2000. Kewirausahaan. Jakarta : Penerbit Alphabeta

Applbaum, Ronald L. dan Anatol, Karl W.E. 1974. Strategies For Communication. Colombus, Ohio : Charles E. Merril Publishing Company & A beil & Howell Company.

Departemen Sosial dan UNDP. 1997. Pedoman Penyelesaian Masalah Anak Didik Jalanan.

DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike. 1999. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa.

DePorter, Bobbi, Reardon, Mark, & Nourie, Sarah Singer. 2000. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung : Kaifa.

Drucker, Peter. 1995. Managing in a Time of Great Change. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Dryden, Gordon dan Jeannette Vos. 2000. Revolusi Cara Belajar Bagian I. Bandung : Kaifa.

Dryden, Gordon dan Jeannette Vos. 2000. Revolusi Cara Belajar Bagian II. Bandung : Kaifa.

Ewell, Peter T. “Organization for Learning: a New Imperative”. Dalam AAHEBulletin.com, A Publication of the American Association for Higher Education. www.Aahebulletin.com/member/articles/ organizingwell.asp.

Gunawan, Hendra. “Pengajar, Pembelajaran, dan Pemelajaran”. Tulisan dalam Warta Direktorat Pendidikan ITB, Edisi Oktober 2003.

Mahayana, Dimitri, 1999. Menjemput Masa Depan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Meredith, Geoffrey G. 2000. Kewirausahaan Teori dan Praktek. Bandung : PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Putra, Ichsan Setya. 2004. Mengajar Efektif. Bandung : Direktorat Pendidikan ITB

Raka, Gede. 1991. Pendidikan Tinggi dalam Perkembangan Dunia : Kumpulan Makalah Seminar. Bandung.

Toffler, Alvin. 1988. Gelombang Ketiga (The Third Wave). Jakarta : Pantja Simpati.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v20i4.154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License