Mengembangkan Suasana Pendidikan Berbasis “Learning Oriented” dalam Pembelajaran Kewirausahaan Mahasiswa
Abstract
Informasi sekarang ini relatif lebih mudah didapatkan, tidak terkecuali bagi mahasiswa. Tetapi hal ini tidak otomatis membuat mahasiswa bisa mengonstruksinya menjadi sebuah pemahaman yang baik dan terarah mengenai sesuatu hal. Mereka tetap memerlukan bimbingan yang akan membantunya memposisikan dirinya di era yang penuh perubahan. Metode belajar Learning Oriented relevan untuk menjawab tantangan tadi. Anak didik akan lebih tertarik dan akan memberikan motivasi internal untuk belajar lebih dalam. Pada pembelajaran kewirausahaan, mahasiswa banyak memperoleh wawasan, baik dari buku maupun apa yang terjadi di lapangan. Selain itu, mereka juga terbiasa untuk menggali potensi yang ada pada dirinya sehingga dapat membantu untuk menentukan kemana arah mereka sesuai dengan potensi yang dimilikinya. Dengan Learning Oriented, diharapkan pendidikan lebih memberikan atmosfer belajar mengajar untuk mengoptimalkan potensi diri pelaku belajar. Mahasiswa diharapkan lebih berani untuk mengungkapkan gagasan atau ide-ide serta mempelajari risiko yang akan muncul. Pengajar diharapkan dapat menjadi fasilitator bagi pengembangan ide-ide mahasiswa. Diharapkan juga institusi pendidikan tinggi mempunyai kontribusi dan peran yang signifikan kepada masyarakat, terutama menghadapi zaman yang semakin cepat berubah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, Buchori. 2000. Kewirausahaan. Jakarta : Penerbit Alphabeta
Applbaum, Ronald L. dan Anatol, Karl W.E. 1974. Strategies For Communication. Colombus, Ohio : Charles E. Merril Publishing Company & A beil & Howell Company.
Departemen Sosial dan UNDP. 1997. Pedoman Penyelesaian Masalah Anak Didik Jalanan.
DePorter, Bobbi & Hernacki, Mike. 1999. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa.
DePorter, Bobbi, Reardon, Mark, & Nourie, Sarah Singer. 2000. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung : Kaifa.
Drucker, Peter. 1995. Managing in a Time of Great Change. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Dryden, Gordon dan Jeannette Vos. 2000. Revolusi Cara Belajar Bagian I. Bandung : Kaifa.
Dryden, Gordon dan Jeannette Vos. 2000. Revolusi Cara Belajar Bagian II. Bandung : Kaifa.
Ewell, Peter T. “Organization for Learning: a New Imperative”. Dalam AAHEBulletin.com, A Publication of the American Association for Higher Education. www.Aahebulletin.com/member/articles/ organizingwell.asp.
Gunawan, Hendra. “Pengajar, Pembelajaran, dan Pemelajaran”. Tulisan dalam Warta Direktorat Pendidikan ITB, Edisi Oktober 2003.
Mahayana, Dimitri, 1999. Menjemput Masa Depan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Meredith, Geoffrey G. 2000. Kewirausahaan Teori dan Praktek. Bandung : PT. Pustaka Binaman Pressindo.
Putra, Ichsan Setya. 2004. Mengajar Efektif. Bandung : Direktorat Pendidikan ITB
Raka, Gede. 1991. Pendidikan Tinggi dalam Perkembangan Dunia : Kumpulan Makalah Seminar. Bandung.
Toffler, Alvin. 1988. Gelombang Ketiga (The Third Wave). Jakarta : Pantja Simpati.
DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v20i4.154
Refbacks
- There are currently no refbacks.
MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.