Pengaruh Perumusan dan Implementasi Strategi Terhadap Kinerja Keuangan (Survei Pada BUMN yang Menderita Kerugian)

Eddy Mulyadi Soepardi

Abstract


Secara umum strategi terdiri atas dua tahapan utama yaitu perumusan dan implementasi. Sebagian besar BUMN memiliki kinerja keuangan yang belum menggembirakan. Hal ini mencerminkan adanya gap antara kondisi riil dengan  kondisi yang diharapkan. Fenomena ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh perumusan strategi dan implementasi strategi terhadap kinerja keuangan, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian dilakukan pada 10 BUMN yang saat ini menderita kerugian. Metode estimasi yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan software AMOS 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perumusan dan implementasi strategi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan, baik secara parsial maupun simultan.  Variabel implementasi strategi memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan dengan variabel perumusan strategi terhadap kinerja keuangan, yakni masing-masing sebesar 43,16% dan 20,19%.

Keywords


Perumusan Strategi; Implementasi Strategi; Kinerja Keuangan

Full Text:

PDF

References


Anthony, Robert N dan Vijay Govindarajan. 2003. Management Control System. Chicago. : Irwin Mc Graw-Hill.

Horngren, Charles., Srikant Datar, dan George Foster. 2003. Cost Accounting a Managerial Emphasis. New Jersey.: Eleventh Edition. Prentice Hall.

Mintzberg, Henry, James Brian Quinn, and John Voyer. 1995. The Strategy Process. New Jersey. : Prentice Hall.

Pearce, John A and Richard B Robinson, Jr. 2005. Strategic Management, Formulation, Implementation, and Control. Chicago. : Eighth Edition. Irwin.

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Wheelen, Thomas L. dan J David Hunger. 2004. Strategic Management and Business Policy. New Jersey : Ninth Edition. Prentice Hall.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v21i3.187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License