Pemanfaatan Radio Sebagai Media Dakwah, Jawaban Atas Tantangan Berdakwah di Era Globalisasi

Santi Indra Astuti

Abstract


Dalam kacamata komunikasi, dunia berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi, komunikasi media berikut segala aspeknya.  Banyak hal turut terpengaruh dengan pesatnya perkembangan ini. Misalnya Pola kerja, pola interaksi antar manusia, pola hubungan keluarga, sampai pola penyampaian pesan dan perilaku komunikasi. Salah satu aspek komunikasi yang juga terpengaruh dengan perkembangan ini adalah dakwah. Dakwah merupakan salah satu  praktik komunikasi yang mengambil berbagai bentuk, mulai dari komunikasi persona, komunikasi massa dan komunikasi kelompok. Di era globalisasi, dakwah dihadapkan pada tantangan menyampaikan syiar Islam melalui media massa.  Fenomena perubahan ini menghadapkan para da’i pada tantangan baru: bagaimana berdakwah yang efektif di media massa radio. Radio termasuk salah satu media komunikasi massa yang memiliki kemampuan penetrasi kuat terhadap pasar maupun konsumennya.  Dibandingkan dengan media elektronik lainnya, radio termasuk murah, mudah dioperasikan, memiliki keunggulan aktualitas yang tinggi dan memiliki daya tarik auditif yang memikat pendengar. Karena itu, dakwah melalui radio dengan demikian memiliki pengaruh yang kuat terhadap komunikannya.   Terdapat beberapa faktor penting yang harus dipikirkan untuk menata ulang pesan-pesan dakwah dalam kemasan paket program radio yang menarik.  Faktor itu berupa frekuensi, durasi, timing (momen penayangan), dan penonjolan aspek-aspek auditif.  Kemasan paket program radio yang baik, berdasarkan pertimbangan atas faktor-faktor tadi, menjadi bagian dari strategi berdakwah melalui radio untuk mencapai efek yang optimal di tengah komunitas pendengar radio.

Keywords


Dakwah, Radio, Jurnalistik

Full Text:

PDF

References


Aspinall, Richard ; Programme Production, UNESCO, Paris, 1971.

Barnouw, Eric ; Mass Media and Mass Communication, Wadsworth Publishing, CA., USA, 1978.

Effendy, Onong Uchjana ; Radio Siaran teori dan praktek, Mandar Maju, Bandung, 1995.

Hennessy, Bernard ; Pendapat Umum, Erlangga, Jakarta, 1993.

Kasali, Rhenald ; Focusing : Strategi Beriklan di Media Massa, Gramedia, Jakarta, 1998.

Nimmo, Dan ; Komunikasi Politik, Rosdakarya, Bandung, 1995.

O’Donnel, Philip ; Modern Radio Production, Wadsworth Publishing, CA., USA, 1990.

Stokkink, Theo ; The Proffesional Presenter (Penyiar Radio Profesional), Kanisius, Yogyakarta, 1995.

Wahyudi, J.B., Dasar-Dasar Manajemen Penyiaran, Kanisius, Yogyakarta, 1995.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v16i3.19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License