Menghargai Etika Profesi di Lingkungan Akademik

Rita Gani

Abstract


Perguruan tinggi adalah sebuah lembaga pelayanan jasa pendidikan.  Dosen, staf administrasi, dan berbagai unsur lainnya merupakan pihak pemberi jasa, yang melayani berbagai kepentingan publiknya,  mereka terikat dengan kode etika profesi dan aturan yang berlaku.  Publik perguruan tinggi adalah kelompok orang/masyarakat yang mempunyai kepentingan baik langsung maupun tidak langsung, atas pelaksanaan pendidikan maupun hasil-hasilnya meliputi : mahasiswa, orang tua mahasiswa, staf peguruan tinggi, masyarakat, dan pemerintah. Berbagai kepentingan yang berbeda dari publik tersebut harus menjadi acuan utama dalam merencanakan maupun melaksanakan pendidikan.   Kesinambungan proses pelayanan ini, dipengaruhi oleh profesionalitas pelaku profesi, terutama untuk menghormati etika profesi yang mengikat pekerjaannya. Untuk itu, diperlukan penghargaan terhadap nilai-nilai moral, sosial, psikologi, dan pemahaman agama (akhlak) yang baik, agar pelaku profesi tidak menyimpang dari profesinya.

Keywords


Etika Profesi; Profesionalisme; Pelayanan

References


Bertens, K. 2004. Etika. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Magnis-Suseno, Franz. 1987. Etika Dasar, Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta : Kanisius.

Magnis-Suseno, Frans Dkk. 1991. Etika Sosial. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

Mussen Paul H, Conger John J, & Kagan Jerome. Fourth Edition. 1974. Child Development and Personality. USA : Harper & Row Publishers. Inc.

Ramdan, Mohammad, 2005. Adakah Dosen Busuk? http://www.bigs.or.id

Soehendro, Bambang. 1996. “Pengelolaan Perguruan Tinggi Dalam Menuju Peningkatan Kualitas Yang Berkelanjutan”. Makalah Seminar on Management of Higher Education: ANTICIPATING THE YEAR 2020. Jakarta.

Soemirat, Sholeh. 2002. Dasar-dasar Public Relations. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2001. Etika Pers Profesionalisme dengan Nurani. Bandung : Humaniora Utama Pers.

Uwes, Sanusi, dkk. 2001. Visi Misi dan Tradisi Universitas Islam Bandung. Bandung : Unisba.

Unisba. 2003. Buku Pedoman Berperilaku dan Berpakaian Sopan- Islami. Bandung




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v22i1.203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License