Visi Dan Pondasi Pendidikan Dalam Perspektif Islam Tinjauan Terhadap Visi Dan Pondasi Pendidikan Tinggi Unisba

Sanusi Uwes

Abstract


Dalam suatu organisasi yang besar, termasuk lembaga pendidikan tinggi, seringkali dituntut untuk memiliki visi : “mau dibawa ke mana organisasi institusi tersebut diarahkan”?. Karena, visi merupakan daya pandang jauh ke depan yang -- sekalipun bersifat abstrak --, tetapi visi dapat berfungsi sebagai titik tolak seseorang atau sekelompok orang dalam suatu organisasi institusi untuk membuat kebijakan dan pelaksanaan programnya. Pondasi pendidikan adalah dasar atau asas yang dijadikan rujukan pokok dalam melaksanakan seluruh kebijakan dan program-program pendidikan sesuai dengan visinya. Unisba sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam, sudah selayaknya menjadikan Islam sebagai ruh (jiwa) dalam proses formulasi kebijakan penyelenggaraan pendidikan dan pelaksanaan program-program pembelajarannya. Karena, ketiadaan visi dalam suatu lembaga pendidikan tinggi, potensial dapat mengakibatkan adanya  disfungsi dan misevaluasi dalam membuat kebijakan dan strategi pelaksanaannya.


Keywords


Visi Misi pendidikan

Full Text:

PDF

References


Azra, Azjumardi. 1991. Jihad dan Terorisme: Konsep dan Perkembangan Historis, dalam Islamika No 4-1991.

Hasan, Ahmad. 1984. Pintu Ijtihad Sebelum Tertutup. Bandung: Pustaka

Nasr, Hussein 1990. Pandangan Islam Tentang Etika Kerja. Dalam Ulumul Qur’an 6, vol II 1990.

Natsir, Mohammad. 1978. Peranan Cendekiawan Muslim. Dalam Serial Media Da’wah No. 53/1978. Jakarta: DDII

Syafe’I, Imam. 1986. Ar Risalah (terj.Ahmadie Thoha) Jakarta: Pustaka Firdaus.

Shihab, Quraish. 1992. “Membumikan” Al Qur’an. Bandung: Mizan

Taimiyah, Ibn. 1983. Menuju Ummat Amar Ma’ruf Nahi Munkar (terj. H. Hasan). Jakarta; Pustaka Panji Mas.

Zuhaily, Wahbah. 1991. Tafsir al Munir. Damsyik: Darul Fikri.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v17i1.30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License