Media Massa Dan Gaya Hidup Wanita

Neni Yulianita

Abstract


Keberpihakan media massa dalam pemberitaan mengenai kaum perempuan (wanita) nampak belum begitu proporsional, bahkan seringkali lebih tendensius ke arah yang bersifat pengeksploitasian terhadap kaum perempuan.Hal ini dapat ditelusuri melalui berbagai fenomena media massa yang memaparkan sistem aktivitas, sistem nilai dan opini kaum wanita,serta gaya hidup dan minat (interest) kaum wanita. Hampir dalam berbagai sistem aktivitas dan kehidupan kaum perempuan (pekerjaan; peristiwa kegiatan sosial; olah raga,hiburan dan liburan; kegiatan organisasi; kegiatan belanja dan hobi) opini publik media massa mengekspresikan posisi gaya hidup kaum wanita dominan masih sebagai  “obyek” belum sebagai “subyek”. Karena itu banyak terjadi pembiasan terhadap isu gender. Sehingga cukup sulit bagi kaum perempuan unuk memperoleh “citra” gender yang proporsional dalam opini media massa. Perubahan bias gender ke arah yang proporsional sesuai dengan “gaya hidup orisinal” dari kelompok sosial akan dapat terjadi, manakala keberpihakan media massa terhadap eksistensi kaum wanita sebagai subyek dapat terangkat.

Keywords


Media massa, Gaya hidup, Bias gender

Full Text:

PDF

References


Assael, Henry, 1992, “ Consumer Behavior and Marketing Action”, PSW-KENT Publishing Company.

Budiman, Arief. 1982. “Pembagian Kerja Secara Seksual Sebuah Pembahasan Sosisologis tentang Peran Wanita di Dalam Masyarakat”. Gramedia, Jakarta.

Ibrahim, Idi Subandy dan Hanif Suranto. 1998. “Wanita dan Media Konstruksi Ideologi Gender dalam Ruang Publik Orde Baru”. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Lee, Jean and Tan Hwee Hoon. 1993. “Business Student’s Perceptions of Women in Management-The Case In Singapore”, Management Education and Development Vol. 24, halaman 415-429.

Siregar, Ashadi. 1985. “Popularisasi Gaya Hidup: Sisi Remaja Dalam Komunikasi Massa”, dalam Prisma No. 9, 1985, Tahun XIV.

Soemandoyo, Priyo. 1999. “Wacana Gender & Layar Televisi Studi Perempuan Dalam Pemberitaan Televisi Swasta”. LP3y dan Ford Foundation, Yogyakarta.

Susianto, Harry. 1933. “Studi Gaya Hidup Sebagai Upaya Mengenali Kebutuhan Anak Muda, dalam Jurnal Psikologi dan Masyarakat”. Diterbitkan atas kerja sama Ikatan Sarjana Psikologi Indoensia (ISPSI) dengan Penerbit PT Gramdeia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Sutisna. 2001. “Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran”. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Yatim, D.H. 1998. “Media dan Perempuan Siapa Yang Bercermin ke Siapa”, dalam Jurnal Perempuan, No. 06, Februari-April 1998. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v17i3.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License