Model of Community Learning Center Management in Improving Education Service

Asep Saepudin, Eko Sulistiono, Ani Rindiani

Abstract


The purpose of the research is to validate the model design of Community Learning Center (CLC) management in improving education services. This research uses a qualitative approach with a descriptive method. The results show that first, the conceptual model consists of rationalization, assumptions, objectives, components, indicators, and model procedures; second, validation of model is conducted through discussions with peer groups and expert judgment; third, implementation of model trials is described in learning activities in CLC. The learning steps include the process of planning, organizing, implementing and assessing in learning. The conclusions of the developed model show effective results with indicators: first, there are active involvements and positive responses of community members to the learning activities; second, learning outcomes of community members show there is an increase in the ability of knowledge, attitudes and skills.


Keywords


validation, management, non-formal education

Full Text:

PDF

References


Ardiwinata, J.S. (2014). Peran Forum PKBM dalam Meningkatkan Mutu Pengelolaan Program PAUDNI di Provinsi Jawa Tengah dan DIY. Jurnal Pedagogia. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Vol. 1 No. 2, Desember 2014.

Asiah, N. (2018). Analisis Manajemen PAUD Berbasis Standar Akreditasi PAUD dan PNF di Kutai Kartanegara. Jurnal Syamil. Pascasarjanan IAIN Samarinda. Vo. 6 No. 1 Tahun 2018.

Agustanico. (2017). Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi. Jurnal Ilmiah PENJAS, ISSN : 2442-3874 Vol.3 No.1, Januari 2017.

Cenny. (2018). Efektivitas Program Pendidikan Kesetaraan Paket B Dan C Oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Cendikia Di Kabupaten Pangandaran. Jurnal Moderat, Volume 4, Nomor 3, Agustus 2018.

Dewi. (2014). Pengelolaan Program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, FKIP Universitas Tanjungpura, Vol. 3 No. 11 Tahun 2014.

Depdikbud. (2015). Buku Standar & Prosedur Penyelenggaraan PKBM. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Firmansyah, D. (2012:3). Peranan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dalam Menumbuhkan Minat Baca Warga Belajar. Student E-Jurnal. Vol 1, No 1. Tahun 2012.

Hasanati, N. (2017) Pengaruh Kompetensi terhadap Komitmen Profesi pada Dosen. Jurnal Magister Psikologi UMA. Vol. 1 No. 1 Tahun 2017.

Hardjono. (2019). Model Pemberdayaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat dalam Pengelolaan Program Pendidikan Kesetaraan Berbasislife Skills dan Kewirausahaan. Jurnal Non Formal Education UNNES. Vol. 1 No. 2 Tahun 2010.

Irmawati. (2017). Pusat kegaitan Belajar Masyarakat dalam Mengurangi Buta Aksara di Kabupaten Karimun. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Balitbang Kemdikbud, Vol 2 No.1 Tahun 2017.

Irwan. (2016). Strategi Peningkatan Peran Pkbm Dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Masyarakat melalui Pendampingan Berbasis Kearifan Lokal di PKBM Provinsi Banten. Jurnal Untirta. Vol. 1. No 2 Tahun 2016.

Irmavita. (2018). Pengelolaan Program Pendidikan Nonformal Untuk Kelompok Masyarakat Lanjut Usia. Jurnal Kolokium Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Sumatera Barat. Vol. 6, Nomor 1, April 2018

Kisworo, B. (2017). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Prinsip-Prinsip Pendidikan Orang Dewasa di PKBM Indonesia Pusaka Ngaliyan Semarang. Jurnal of Non Formal Education (JNE) UNNES. Vol. 3, No. 1 Tahun 2017.

Kurnianto, S. (2019). Menilai Keberhasilan Sistem: Validasi Model Keberhasilan Sistem Informasi Delone Dan Mclean. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Airlangga. Vol. 4. No. 2 Tahun 2019.

Lubis, H. (2018) Paradigma Pendidikan Berbasis Masyarakat (Community Based Education). Jurnal Muqaddimah. Fakultas Agama Islam Universitas Ibnu Chaldun Jakarta. Vol. 14 No. 3 tahun 2018.

Nurleni, A. (2018). Peran Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dalam memberdayakan Masyarakat melalui Pelatihan Tata Boga. Jurnal Comm-Edu IKIP Siliwangi. Vol.1 No. 2, Tahun 2018.

Peraturan Pemerintah No.73 tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Sekolah

Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan, sebagai perubahan ke dua atas PP No. 19 tahun 2005.

Saepudin, A. (2015). Efektifitas Pelatihan dan Efikasi Diri dalam Meningkatkan Perilaku Berwirausaha pada Masyarakat Transisi. Jurnal Mimbar (Sosial dan Pembangunan). Bandung: P2U LPPM UNISBA, Vol. 31 No. 1. Juni 2015. ISSN: 0215-8175, Terakreditasi Dikti. SK Kemdikbud No. 040/P/2014.

Saepudin, A. (2017). The Influence of Participation in Extracurricular Activities to Learning Motivation. Jurnal Mimbar (Sosial dan Pembangunan). Bandung: P2U LPPM UNISBA, Vol. 33 No. 2. Desember2017. ISSN: 0215-8175, Terakreditasi Dikti. SK Kemdikbud No. 040/P/2014.

Saepudin, A. (2019). Conceptual Models Development of Non-Formal Education Unit Management for Education Services Quality. Jurnal Mimbar (Sosial dan Pembangunan). Bandung: P2U LPPM UNISBA. Vol. 35 No. 2. Desember 2019. ISSN: 0215-8175, SINTA 2, 10/E/KPT/2019 until 2024.

Septiani, M. (2015). Pengalaman Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dalam Memfasilitasi Masyarakat Belajar Sepanjang Hayat. Jurnal Ilmiah Visi PPTK PAUDNI. Vol. 10, No.2, Desember 2015.

Sihombing. (2019). Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Suryadi. (2020). Life Skills Education Program: Is it Beneficial for the Society. Jurnal of Non Formal Education UNNES. Vol. 2 No. 2 Tahun 2020.

Sumarni. (2015). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbasis Penguatan Modal Sosial Bagi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi. Vol. 3, No 1, Juni 2015.

Triwiyanto, T. (2013). Standar Nasional Pendidikansebagai Indikatormutulayanan Manajemen Sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) Universitas Negeri Malang. Vol. 19, No. 2, Desember 2013.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UNESCO tahun 2005. International Eksploratif Paper. Jakarta: Depdikns.

Untadiyah (2021). Training Management of Mukena Home Industry to Improve Community’s Economic Empowerment. Jurnal Empowerment; Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah. Vol. 10, No. 1 Februari 2021, P-ISSN No. 2252-4738e-issn 2580-7692.

Zainal. (2019). Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Amartha Yoga Di Desa Geraokgak Bulelleng Bali. Jurnal Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ghanesa, Vol 1 No. 1 tahun 2019.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v37i1.6653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License