Kekuasaan Negara Dalam Islam (Pendekatan Dakwah)

M Rahmat Effendi

Abstract


Alam pemikiran filosof Yunani kuno pada masa itu, antara negara dan masyarakat ada titik persamaan. Sementara Ibnu Khaldun berpendirian bahwa negara merupakan “bentuk masyarakat”, sedangkan masyarakat adalah “isi negara”. Walau demikian, negara dan masyarakat tak dapat dipisahkan. Dari sudut pandang Islam, kekuasaan negara tidak akan tegak tanpa kekuatan, persatuan dan kesatuan, tauhidullah dan dakwah.
Dalam pemikiran politik Islam (menurut penulis), hubungan antara agama (Islam) dan negara adalah 1) agama (Islam) dan negara integrated; 2) Agama (Islam) dan negara berhubungan secara simbiotik; dan 3) Paradigma Sekularistik. Kekuasaan negara dalam Islam maknanya bersumber pada syari’ah Islam, dan penggunaan kekuasaan negara berdasar atas tauhidullah, sedangkan tujuan kekuasaan negara adalah membentuk pribadi muslim paripurna, dan implementasinya berorientasi pada perjuangan dakwah Rasulullah SAW.

Keywords


Negara

Full Text:

Untitled

References


‘Abdul Baqy, Muhammad Fuad. t.t. al-Mu’jam al-Mufahras Li al-fazhi al-Qur’an, Bandung. Maktabah Dahlan.

Al-Maududi, Abul A’la. 1996. Khilafah dan Kerajaan, terjemahan Muhammad al-Baqir, Bandung. Mizan.

As-Sowy Sholah. 1996. Jama’atul Muslimin, Tinjauan Salaf Dalam Realitas Realitas Masa Kini, Terjemahan Elha Syuhada. Solo. Pustaka al-‘Alaq,

Charles Issawi, (penterjemah dan peny.). 1976. Filsat Islam Tentang Sejarah: Pilihan dari Muqaddimah Ibnu Khaldun dari Tunis, (Jld I, muka 284), Jakarta. Tintamas.

Departemen Agama Republik Indonesia. 1994. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Lubuk Agung, Bandung,

Deliar Noer. 1965. Pemikiran Politik di Negeri Barat, (Jakarta: Rajawali, 1978), Fragmen-fragmen tertentu dari Muqaddimah Ibnu Khaldun diterjemahkan oleh Osman Raliby, Ibnu Khladun tentang Masyarakat dan negara. Jakarta. Bulan Bintang.

Din Syamsudin 1993. “Usaha Pencarian Konsep Negara Dalam Sejarah Pemikiran Poltik Islam”, Jurnal Ilmiyah ‘Ulumul Qur’an, Nomor 2, Vol. IV.

Hersey, Paul dan Blanchard, Keneth H. 1988. Management Of Organizational Behavior: Utilizing Human Resources, London: Prentice-Hall Internasional, Inc,.

Husaini, S. Waqor Ahmed. 1983. Sistem Pembinaan Masyarakat Islam, terjemahan Anas Mahyudin. Bandung. Pustaka Salaman.

Muhammad Tahir Azhary. 1992. “Negara Hukum: Suatu Studi tentang Prinsip-prinsipnya Dilihat dari Segi Hukum Islam, Implementasinya pada Periode Negara Madinah dan Masa Kini, Disertasi, Jakarta. Bulan Bintang,

Shalahuddin Sanusi, 1987. Integrasi Ummat Islam: Pola Pembinaan Kesatuan Ummat Islam. Bandung: Iqomatuddin.

Zaidan, Abdul Karim. 1392. Ushuluddakwah. Baghdad. Sulaiman al-A’dhomy,




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v18i3.74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License