Keterpaduan Unsur Lembaga, Dosen dan Mahasiswa pada Perguruan Tinggi

Muhardi Muhardi

Abstract


Dalam menghadapi era persaingan bebas, semua sektor termasuk perguruan tinggi harus mempersiapkan diri. Daya saing sebuah perguruan tinggi ini tidak akan terlepas dari keterpaduan tripartite (meliputi unsur lembaga, dosen dan mahasiswa) sebagai bagian integral dari perguruan tinggi tersebut. Kelemahan salah satu unsur dapat mempengaruhi unsur yang lainnya. Oleh sebab itu ketiganya harus membentuk suatu sinergi melalui manajemen kualitas terpadu, agar diperoleh kualitas pendidikan yang baik serta mampu bersaing di tingkat regional dan global.

Keywords


Perguruan tinggi, dosen, mahasiswa

References


Ali Khomsan. 1997. Mengembangkan Universitas Berbasis Riset. Dalam Republika 16 September. Jakarta: PT. Abdi Bangsa.

DITMAWA (Direktorat Mahasiswa). 1992. Buku Pedoman Orientasi Pengembangan Pembimbing Kemahasiswaan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Kegiatan Kemahasiswaan.

Info BM-PTSI (Badan Musyawarah Perguruan Tinggi Swasta Indonesia). 1998. Edisi 8 Tahun 3 Juni - Juli. Jakarta: Kopertis Wilayah III.

Kotler, Philip and Fox, Karen F.A. 1995. Strategi Marketing For Educational Institutions. Englewood Cliffs, New Jersey : Prentice Hall, Inc.

Lilik Hendrajaya. 1995. Tridharma Terpadu, Produktif dan Terukur Serta Sistem Administrasi Perguruan Tinggi Pendukungnya. Makalah Disajikan Pada Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS) VI, Serpong 12-16 September.

Undang-Undang RI No. 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widodo. 1997. Merindukan Lahirnya Sarjana Plus. Dalam Kompas 31 Oktober. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v16i1.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License