Pengaruh Globalisasi Terhadap Subtansi dan Penegakan Hukum

Edi Setiadi

Abstract


Perkembangan yang terjadi di dunia internasional di era globalisasi membawa pengaruh terhadap pembangunan hukum nasional suatu negara. Pengaruh itu juga dapat dirasakan di Indonesia dalam pembentukan hukum. Walaupun demikian pengaruh tersebut tidak boleh menyimpang dari fungsi primer hukum itu sendiri, yaitu fungsi perlindungan, keadilan dan pembangunan. Hukum dipakai sebagai kendaraan, baik dalam menentukan arah, tujuan dan pelaksanaan pembangunan secara adil.  Dalam penegakannya dibutuhkan kekuasaan kehakiman yang kuat dan diisi oleh tenaga profesional yang mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas serta berakhlak luhur.

Keywords


Globalisasi; Pembentukan Hukum

Full Text:

PDF

References


Budiardjo, Miriram, 1982, Dasar-dasar Ilmu Politik, Jakarta, Gramedia.

Friedman, Lawrence, 1986, Legal Culture and the Welfare State, dalam Gunther Teubner (ed) Dilemmas of Law in the Welfare State, Walter de Gruyter.

Frideman, Lawrence, 1975, The Legal System, Russel Sage Fondation.

Henkin, Louis, dalam J Panglaykin, Tata Ekonomi Internasional Baru Menuju Dialog Utara Selatan dan Organisasi Kekuasaan Tandingan yang Efektif, Analisa CSIS, Jakarta, 1982

Kusnardi, M. & Bintan Saragih, 1989, Susunan Pembagian Kekuasaan Menurut Sistem Undang-undang Dasar 1945, Jakarta, Gramedia.

Kusumatmadja, Mochtar, tanpa tahun., Fungsi Hukum dalam rangka Pembangunan Hukum Nasional, Bandung, Binacipta.

Lubis, M. Solly, 1980, Asas-asas Hukum Tata Negara, Bandung, Alumni.

Pound, Roscou, 1922, An Introduction to Philosofi of Law, New Haven.

Rahardjo, Satjipto, 1996, Pembangunan Hukum di Indonesia dalam Konteks Global, Makalah Seminar di Universitas Muhamadiyyah, Surakarta, Agustus,

Rahardjo, Satjipto, 1999, Hukum dan Pemerintahan Baru, Kompas, 2 November.

Soekanto, Soerjono, 1986, Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penegakan Hukum, Jakarta, Rajawali.

Susanto, IS, 1999, Kejahatan Korporasi di Indonesia Produk Kebijakan Rejim Orde Baru, Pidato Pengukuhan Guru Besar, Undip.

Warrasih Pujirahayu, Esmi, 1995, Peranan Kultur Hukum dalam Penegakan Hukum, Majalah Masalah Hukum Nomor 2 tahun 1995, Undip.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v18i4.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License