Implementasi Etika di Era Globalisasi

Neni Yulianita

Abstract


Fenomena di era global yang mewarnai keragaman masyarakat sangat terlihat dengan munculnya berbagai suku baik yang terdapat di Indonesia, maupun berbagai suku bangsa di dunia yang tentunya diwarnai dengan berbagai adat istiadat, sistem nilai, kebiasaan, karakter, gaya hidup dan lain sebagainya. Setiap orang dalam menjalankan profesinya dituntut untuk selalu memiliki sikap bertanggungjawab terhadap pelaksanaan pekerjaandan terhadap hasilnya. Prinsip keadilan “menuntut seorang profesional untuk memberikan kepada siapa saja apa yang menjadi haknya”. Prinsip otonomi diberlakukan bagi setiap penyandang profesi, karena seorang profesional memiliki dan diberi kebebasan dalam menjalankan profesinya. Di dalam melaksanakan profesinya”. Profesional tidak boleh melanggar hak orang lain, lembaga lain, ataupun hak warga negara. Para penyandang profesi dalam menjalankan profesinya haruslah tanpa pamrih, dan mendahulukan kepentingan klien/pelanggan/konsumen.  Etika membuat penyandang profesi melakukan suatu pengabdian, kewajiban, dan idealisme. Untuk mengimplementasikan prinsip-prinsip etika dalam bisnis secara global, harus di pelajari aspek-aspek yang menyebabkan peran etika dalam bisnis itu sangat essensial. Begitu pula halnya dengan implementasi etika dalam kegiatan komunikasi. Pelaksanaan komunikasi perlu memperhatikan etika komunikasi, agar dalam pelaksanaannya tidak mengalami kesulitan.

Keywords


etika, globalisasi

Full Text:

PDF

References


Bertens, K, 1997, Etika, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Bertens, K 2000, Pengantar Etika Bisnis, Yogyakarta, Pustaka Filsafat, Kanisius.

Keraf, A. Sonny, 1993, Etika Bisnis Membangun Citra Bisnis Sebagai Profesi Luhur, Yogyakarta, Kanisius.

Koehn, Daryl, 2000, Landasan Etika Profesi, Yogyakarta, Pustaka Filsafat, Kanisius.

Magnis, Frans dan Suseno, 1995, Etika Dasar, masalah-masalah pokok etika moral, Yogyakarta, Pustaka Filsafat, Kanisius.

Magnis, Frans dan Suseno, 1993, Etika Sosial, Buku Panduan Mahasiswa PB I – PB VI, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Robinson, Dave dan Chris Garrat, Diedit Richard Appignanesi, , 1998, Etika For Begginers, Bandung, Mizan.

Wursanto, 1995, Etika Komunikasi Kantor, Yogyakarta, Kanisius.

Utomo, Y. Priyo (Editor). 1992. Masyarakat. Jurnal Sosiologi. Cet I. Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.29313/mimbar.v18i4.85

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan is licensed under  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License