PREFERENSI KONSUMEN TENTANG ASPEK KARAKTERISTIK MAKANAN PKL “NASI LALAPAN” DI SUMBERSARI KOTA MALANG

Deya Anniza'ul Azizah, Rina Rifqie Mariana, Nunung Nurjanah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis tingkat kesukaan dan tingkat kepentingan konsumen terhadap makanan “nasi lalapan” PKL di Kelurahan Sumbersari Kota Malang berdasarkan karakteristik makanan yang meliputi rasa, harga, tempat, nutrisi, kondimen sambal dan sayur lalap. Kemudian digunakan pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini dengan data berupa angka.  Sumber data meliputi data primer diperoleh dari kuesioner yang  telah    diisi konsumen PKL nasi lalapan dan data sekunder pada penelitian ini adalah literatur  yang mendukung penelitian dan wawancara dengan beberapa pedagang. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Subjek penelitian adalah konsumen nasi lalapan yang dijual oleh PKL dengan jumlah 100 responden. Penelitian ini menggunakan alur pengolahan yaitu editing, coding, entry, dan tabulating. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan  konsumen nasi lalapan  didominasi oleh laki-laki berusia 17 – 25 tahun yang sedang menempuh pendidikan sebagai mahasiswa. Tingkat kesukaan konsumen terhadap makanan nasi lalapan PKL di Kelurahan Sumbersari Kota Malang berdasarkan karakteristik makanan yang pertama adalah rasa, diikuti oleh harga berikutnya nutrisi , kondimen sambal dan sayur lalap, dan tempat. Tingkat kepentingan konsumen terhadap makanan nasi lalapan PKL di Kelurahan Sumbersari Kota Malang berdasarkan karakteristik makanan  yang dianggap sangat penting adalah rasa dan harga.  Adapun  tempat (lokasi), nutrisi, dan terahir kondimen sambal  dan sayur lalap dianggap penting.

Keywords


Preferensi Konsumen, Nasi Lalapan, Pedagang Kaki Lima

References


Agnesty. (2017). Pengaruh Perbandingan Andaliman Dengan Batang Kecombrang dan Suhu Pen-geringan Terhadap Mutu Bubuk Sambal Andaliman. Universitas Sumatera Utara. https://docplayer.info/65138693-Pengaruh-perbandingan- andaliman-dengan-batang-kecombrang-dan-suhu-pengeringan-terhadap-mutu- bubuk-sambal-andaliman-skripsi-oleh.html

Agustini, F., Amanah, D., & Harahap, D. A. Local Tourists' Assessment of the Elements of Tourism Development in Medan. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 5(1), 86-95.

Aulia, F. P., Sardjono, A. B., & Sari, S. R. (2020). Analisa Activity Support yang Mendorong Perkembangan Sebuah Koridor (Studi Kasus: Jalan Tlogosari Raya Semarang). Jurnal Arsitektur ARCADE, 4(2), 115. https://doi.org/10.31848/arcade.v4i2.445

Fajriyah, Z. N. (2017). Preferensi Konsumen Terhadap Kuliner Jepang (Survei di Restoran Saboten Shokudo, Dieng Malang). http://repository.um.ac.id/id/eprint/48439

Ghanimata, F. (2012). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang. Skripsi Fakultas Ekonomi-ka Dan Bisnis Universitas Diponegoro, 1–54. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/viewFile/755/730

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gratia, K. A.(2021). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Mie Basah, Mie Kering, Dan Mie Instan Berbahan Dasar Tepung Terigu Dan Non-Terigu. http://repository.unika.ac.id/27036/5/17.I1.0001-KRESENSIA AMANDA GRATIA--BAB IV_a.pdf

Hasna, M. (2016). Perbedaan Pencucian Menggunakan Air Mengalir dan Menggunakan Teknik Blan-sir Terhadap Pertumbuhan Koloni Bakteri pada Lalapan Selada (Lactuca Sativa L.) di Warung Makan Kelurahan Jati Kota Padang. Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, 1, 1–6. https://doi.org/10.1086/513446.Iijima

Hendariningrum, R. (2018). Budaya dan Komunikasi Kesehatan (Studi Pandangan Kesehatan pada Masyarakat Sunda Dalam Tradisi Makan Lalapan). Lugas Journal, 2(1), 13–19. lugasjour-nal@stiami.ac.id

Kautsar, R. C.(2012). Analisis Preferensi Konsumen Yoghurt My Healthy di Dramaga Bogor. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/56305

Kotler, P. (2000). Manajemen Pemasaran. Prehalindo, Jakarta.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran : Sudut Pandang Asia. PT. Indeks, Jakarta. Kotler, P., & Keller, K. 2008. Marketing Management, Thirtheenth Edition (A. Maulana & W. Hardani (Eds.)). Penerbit Erlangga.

Kucahyaningtyas, A. (2016). Preferensi Mahasiswa Dalam Mengkonsumsi Makanan Indonesia Pada Program Studi Pendidikan Teknik Boga Universitas Negeri Yogyakarta. 117. https://eprints.uny.ac.id/44284/

Mariana, R. R., Hidayati, L., & Sukopitojo, S. (2018). Consumer Preferences on “ Bakso Malang ” - Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 112(Iconhomecs 2017), 202–207. https://doi.org/10.2991/iconhomecs-17.2018.47

Mariana, R. R., Nurjanah, N., & Issutarti. (2018). Potential Of Local Street Food Vendors To Support Malang City – Indonesia As A Creative City Of Gastronomy. Proceedings of the 1st Interna-tional Conference on Culinary, Fashion, Beauty, and Tourism Padang, West Sumatera, Indone-sia, 11–12. https://www.atlantis-press.com/article/25868921.pdf

Mariana, R. R., Susanti, E., Hidayati, L., & Wahab, R. A. (2020). Analysis of Peroxide Value , Free Fatty Acid , and Water Content Changes in Used Cooking Oil from Street Vendors in Malang. International Conference on Life Sciences and Technology (ICoLiST), 6–11. https://doi.org/10.1063/5.0002656

Murdijati, Gardjito, & Wikandari, R. (2019). Kuliner Pedas Indonesia, Cita Rasa Nikmat yang Selalu Memikat. FORKOMKULINDO.

Nursani, A. (2017). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Preferensi Sayur pada Siswa-siswi Ke-las 4 dan 5 Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan UIN Jakarta Tahun 2017. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream%0A/123456789/36390/1/Arina Muthia Nursani-FKIK.pdf%0A

Malang Rahardjo, C. R. (2016). Faktor Yang Menjadi Preferensi Konsumen Dalam Membeli Produk Frozen Food. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(1). https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/106

Rimastuti, W., Mariana, R. R., & Larasati, A. (2019). Analisis Perubahan Kandungan Asam Lemak Bebas pada Nasi Lalapan yang Menggunakan Minyak Goreng Berulang di Pedagang Kaki Lima Kota Malang. Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 42(2), 170–178. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um031v42i22019p170-178

Santriwati, Zainuddin, A., & Meliahsari, R. (2020). Analisis Kadar Asam Lemak Bebas Minyak Goreng Jelantah yang Digunakan Penjual Makanan Jajanan Gorengan di Sepanjang Jalan H. Abd. Silondae Kecamatan Mandonga Kota Kendari Tahun 2020. Jurnal Gizi Dan Kesehatan Indonesia, 1(2), 57–64. http://ojs.uho.ac.id/index.php/gikes/article/view/17322

Sastrawan, I. W. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Usaha Peda-gang Kaki Lima di Pantai Penimbangan Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Jurnal Ekonomi, 5(1). http://dx.doi.org/10.23887/Jjpe.V5i1.5084

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung, ALFABETA.

Suhardjo. (1989). Sosio Budaya Gizi. Departemen Pendidikan dan kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Pusat Antar Universitas Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor.

Syafii, I., Linggi, R. K., & Iskandar, E. (2018). Peran Satuan Polisi Pamong Praja Dalam Pengaturan Pedagang Kaki Lima di Kabupaten Kutai Barat. EJournal Ilmu Pemerintahan, 6(1), 171–184. https://ejournal.ip.fisip-unmul.ac.id/site/wp- con-tent/uploads/2017/11/01_format_artikel_ejournal_mulai_hlm_ganjil (11-30- 17-08-42-46).pdf

Syukriyah, Lisnawaty, & Fithria. (2020). Analisis Kandungan Peroksida Minyak Goreng yang Digunakan Berulang Kali oleh Pedagang Gorengan di Jalan H.E.A Mokodompit Kota Kendari Tahun 2019. Jurnal Gizi Dan Kesehatan Indonesia, 1(1), 15–19. http://ojs.uho.ac.id/index.php/gikes/article/view/12258

Tika, P. (2006). Metodologi Riset Bisnis. Jakarta, Bumi Aksara.

Yunita, E. (2016). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen (Kasus Ozaizy Coffee N’ Resto, Kota Bogor). https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jurnaltin/issue/view/683




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v19i2.10285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039