Selebriti dalam Iklan
Abstract
Periklanan merupakan bagian dari kehidupan industry modern, pertumbuhannnya dipengaruhi oleh pertumbuhan penduduk, kota dan industry, juga didukung oleh industri komunikasi baik media cetak maupun elektronik. Keberadaaan artis sangat dibutuhkan untuk mendukung iklan (endorser), karena artis lebih banyak disukai oleh masyarakat dibandingkan dengan non artis (umum). Namun dmeikian tidak semua artis berhasil memenuhi keinginan produsen dikarenakan melakukan pelanggaran kontrak yang menyebabkan personality artis tidak sesuai dengan personality merek produk.
Personality artis dapat diangun/dibentuk sendiri oleh produsen namun dapat juga produsen memilih artis yang telah memiliki personality sesuai dengan tuntutan merek. Produsen sebelum memutuskan untuk menjatuhkan pilihannya pada artis, terlebih dahulu melakukan evaluasi terhadap beberapa aspek seperti visibility, creadibility, attraction dan power sang artis. Hal ini dilakukan guna melihat personality artis. Artis dengan personality-nya dapat membentuk personality merek, sehingga menyebabkan merek menjadi kuat dan meningkat pangsa pasarnya (market share).
Kata Kunci: Iklan, Artis, Personality, Market Share.
Full Text:
PDFReferences
Frans M. Royan, 2004, “Marketing Selebrities”, Elex Media Komputindo, Jakarta.
Kotler, Philip, 2000, “Marketing Management”. Prentice Hall Inc, New Jersey.
Peter, Paul, J and Olson, Jerry C, 1999, “Consumer Behavior : Perilau Konsumen dan Strategi Pemasaran”. Erlangga, Jakarta.
Jefkins, Frank, 1996, “Periklanan”. Erlagga, Jakarta
Nugroho J, Setiadi, 2003m “Perilaku Konsumen”. Prenada Media, Jakarta
DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i1.2379
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa
Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:
Alamat Redaksi:
Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. ISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039