PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP PRODUK IPHONE DI BANDUNG

Nina Maharani

Abstract


Peningkatan mobilitas masyarakat memacu inovasi dalam bidang teknologi. Masyarakat bukan hanya membutuhkan alat komunikasi untuk sekedar bertukar pesan, masyarakat juga membutuhkan jaringan internet yang mudah dibawa kemana saja mereka beraktivitas. Perusahaan produsen telepon selular berupaya memenuhi kebutuhan masyarakat dengan mengeluarkan produk telepon pintar (smartphone). Merek telepon pintar (smartphone) yang dikenal luas oleh masyarakat diantaranya adalah Iphone, Samsung, dan Blackberry. Keputusan pembelian setiap konsumen dilatarbelakangi oleh faktor yang berbeda-beda. Para produsen harus mengikuti faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi keputusan pembelian konsumen atas suatu produk. Objek dalam penelitian ini adalah konsumen Iphone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Analisa data dengan menggunakan hasil frekuensi jawaban responden terbanyak/ jumlah responden X 100%. Proses pengambilan keputusan pembelian konsumen dalam pembelian produk Iphone melalui lima tahap yaitu: pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, pembelian serta perilaku pasca pembelian.Faktor yang menjadi kriteria utama dalam pembelian Iphone adalah merek, fitur, fungsi komunikasi, dan fungsi hiburan.

Full Text:

PDF

References


Bunga Geofanny Fredeca dan Chairy, Pengaruh Psikologi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kembali SmartphoneBlackberry, Jurnal Manajemen Teori dan terapan, tahun 3, no. 2 Agustus 2010.Universitas Tarumanegara.

Dwi Suhartanto. 2008.PerilakuKonsumen (Tinjauan Aplikasi di Indonesia). Penerbit: Guardaya intimarta. Bandung.

Engel. 2001.Consumer Behavior. Orlando, Florida: Harcourt CollegePublisher.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi ke 13. Terjemahan oleh Benyamin Molan. PT Indeks. Jakarta.

Lin, Yun Tsan., S.C. Chen, and C.S.Hung 2011. The impact of Brand Equity, Brand Attachment, Product Involment and Repurchae Intention on Bicycle users,African Journal of Business Management. Vol.5 (14).

MohamadAgus Mahribi, Dafit Zuhendra dalam Marketing,edisi 01/XV/Januari, 2015: hal 65.

Schiffman, Leon.G dan Leslie Lazar Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi ke 7. Terjemahan oleh Drs. Zulkifli Kasip. PT Indeks. Jakarta.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian bisnis. Alfabeta, Bandung.

Tjoa Cynthia Anggraini Wijaya. Motif Masyarakat Surabaya dalam Menggunakan iPhone, Jurnal E-komunikasi. Vol I no.1 tahun 2013. Universitas Kristen Petra Surabaya.

Ujang Sumarwan.2011.Perilaku Konsumen (Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran). Edisi ke 2.PT Ghalia Indonesia. Bogor.

www. Teknojurnal.com.2012

www.the-marketeers.com.2011

www.topbrand-award.com




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i1.3043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039