PENGELOMPOKKAN KULTUR BUDAYA FAKULTAS MENGGUNAKAN METODE ORGANIZATIONAL CULTURE ASSESSMENT INSTRUMENT (OCAI)

Ni Putu Nurwita Pratami Wijaya

Abstract


Budaya organisasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kebiasaan dan perilaku orang-orang dalam organisasi. Sangat penting kaitannya suatu organisasi perlu mengetahui dan memahami budaya organisasi yang dianut dalam organisasinya. Hal ini berkaitan dengan perilaku masing-masing individu dalam organisasi tersebut. Termasuk dalam lingkungan akademis yang terdiri dari dosen, pegawai, dan mahasiswa. Setiap perguruan tinggi perlu untuk mengetahui budaya organisasi apa yang digunakan dalam organisasinya. Menurut Cameroon dan Quinn (2011) ada empat macam budaya dalam organisasi yaitu: budaya clan, adhocracy, hierarchy, dan market. Masing-masing kebudayaan memiliki karakteristik yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya organisasi yang ada pada perguruan tinggi X. Batasan penelitian ini adalah pada tiga fakultas berbeda, dikarekan tiga fakultas tersebut yang memiliki program S1 dan S2. Responden penelitian ini berjumlah 60, dengan masing-masing fakultas terdiri dari 10 responden S1 dan 10 responden S2. Penelitian ini menggunakan instrument OCAI (Organization Culture Assesment Instrument), dimana kuesioner yang dibagikan ke responden mengacu pada indikator OCAI. Pengolahan hasil kuesioner menunjukkan bahwa budaya dominan pada perguruan tinggi tersebut adalah clan dan budaya yang diharapkan juga clan.

Full Text:

PDF

References


Andrayani, Y., Machasin, & Amsal, C. (2013). Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja. Jurnal Universitas Riau

Budiasih, Y. (2012). Struktur Organisasi, Desain Kerja, Budaya Organisasi, dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Karyawan Studi Kasus pada PT. XX di Jakarta. Jurnal Liquidity Vol.1, No2, 99-105.

Fortado, B., & Fadil, P. (2012). The Four Faces of Organizational Culture. Competitiveness Review: An International Business Journal, 283-298.

Torang, S. (2013). ORGANISASI & MANAJEMEN (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi).Bandung: Alfabeta

Vijayakumar, V., & Padma, R. (2014). Impact of Perceived Organizational Culture and Learning on Organizational Identification. International Journal of Commerce and Management, 40-62.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i1.3516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039