Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Beat di Dealer MPM Motor Kalisat - Jember

Ahmad Fambang Hermawan, Retno Endah Supeni, Akhmad F. Rozi

Abstract


 

ABSTRACT

 

This study examines the Effect of Product Quality, Prices, and Promotions on Purchasing Decisions of Honda Beat Motorcycle Consumers at the Kalisat-Jember Motor MPM Dealer. The purpose of the research is to find out and analyze the influence of product quality, price, and promotion on purchasing decisions both partially and simultaneously. The study was conducted on consumers who use Honda Beat Motors in the District of Kalisat. The population in this study were all users of Honda Beat Motorbikes in the District of Kalisat as many as 100 respondents. The technique of collecting data using a questionnaire. The analysis used included the research instrument test (validity and reliability test), multiple linear regression analysis, classic assumption test (multicollinearity test, heteroscedasticity test and normality test) and hypothesis testing (t test, F test and coefficient of determination). Data is processed using IBM SPSS 20. The results of the analysis using regression can be seen that the variables of product quality, price, and promotion have a significant effect on the decision to buy Honda Beat motorbikes in Kalisat sub-district.

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini menguji Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Beat di Dealer MPM Motor Kalisat-Jember. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Penelitian dilakukan pada konsumen yang menggunakan Motor Honda Beat di Kecamatan Kalisat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna Sepeda Motor Honda Beat di Kecamatan Kalisat sebanyak 100 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas) dan uji hipotesis (uji t, uji F dan koefisien determinasi). Data diolah menggunakan IBM SPSS 20. Hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk, harga, dan  promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemebelian sepeda motor honda beat di kecamatan kalisat.


References


Angipora, Marius. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kedua. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Artika Romal Amrullah. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hond BEAT. (STESIA) surabaya.

Augusty Tae Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Mananjemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan skripsi, Tesis, dan disertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Basu Swastha, dan Irawan. 2007. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Keduabelas Liberty. Yogyakarta

Darmahesta, B.S. 2006 Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen, Edisi Kesebelas Cetakan Ketiga BPFE, Yogyakarta

Dimas Pramata 2014. Pengaruh Citra Merek Dan Kulaitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor yamaha mio J. (studi kasus pada PT yamaha bahana tegal) Universitas Diponegoro

Feigenbaum, A.V. 2000. KendaliMutuTerpadu,Jilid 1, EdisiKetiga, Erlangga, Jakarta

Garvin D.A, 2004. Kualitas Produk : Alat Strategi Yang Penting, Edisi Kesebelas Cetakan Ketiga Erlangga. Jakarta

Imam Ghozali, 2005. Analisis Multivariate SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Jackson R.S Weenas, 2014 Kualitas Produk, Harga dan Kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian spring bet comforta,Universitas Sam Ratulangi Manado

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran. edisi Kedelapan. Jilid 2. Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis,Perencanaan, implementasi, dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Edisi Keduabelas. Jilid 1. PT. Indeks. Jakarta

Lamb, C. William Perrealt, dan Mc Charty.2009. Pemasaran. Edisi kesebelas. Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Mursid. 2003. Manajemen Pemasaran; dasar, konsep dan strategi. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

Nur Achida 2016. Pengaruh Promosi, Harga dan Desain terhadap keputusan pembelian sepeda motor mio GT, Universitas Pandanaran Semarang

Nurul Fatmawati A 2017. Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor metic HONDA, Universitas Stikubank

Sutisna . 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran.PT. Remaja Rosda Karya. Bandung

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi. Edisi V. Jilid 1&2. Erlangga. Jakarta

Stanton J, William. 2000. Prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Swastha, Basu , 2008, Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Edisi pertama,

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kedelapan. CV Alfabeta. Bandung

Sugiyono . 2008. Statistika untuk Penelitian Bisnis. Bandung : Alpfabeta. Bandung

T. Hani Handoko. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kelima, Liberty. Yogyakarta

Tjiptono. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi II. Penerbit Andi. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i0.4255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039