Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Beat di Dealer MPM Motor Kalisat - Jember
Abstract
ABSTRACT
This study examines the Effect of Product Quality, Prices, and Promotions on Purchasing Decisions of Honda Beat Motorcycle Consumers at the Kalisat-Jember Motor MPM Dealer. The purpose of the research is to find out and analyze the influence of product quality, price, and promotion on purchasing decisions both partially and simultaneously. The study was conducted on consumers who use Honda Beat Motors in the District of Kalisat. The population in this study were all users of Honda Beat Motorbikes in the District of Kalisat as many as 100 respondents. The technique of collecting data using a questionnaire. The analysis used included the research instrument test (validity and reliability test), multiple linear regression analysis, classic assumption test (multicollinearity test, heteroscedasticity test and normality test) and hypothesis testing (t test, F test and coefficient of determination). Data is processed using IBM SPSS 20. The results of the analysis using regression can be seen that the variables of product quality, price, and promotion have a significant effect on the decision to buy Honda Beat motorbikes in Kalisat sub-district.
ABSTRAK
Penelitian ini menguji Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sepeda Motor Honda Beat di Dealer MPM Motor Kalisat-Jember. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan. Penelitian dilakukan pada konsumen yang menggunakan Motor Honda Beat di Kecamatan Kalisat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna Sepeda Motor Honda Beat di Kecamatan Kalisat sebanyak 100 orang responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji normalitas) dan uji hipotesis (uji t, uji F dan koefisien determinasi). Data diolah menggunakan IBM SPSS 20. Hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk, harga, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pemebelian sepeda motor honda beat di kecamatan kalisat.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Angipora, Marius. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi Kedua. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Artika Romal Amrullah. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Hond BEAT. (STESIA) surabaya.
Augusty Tae Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Mananjemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan skripsi, Tesis, dan disertasi Ilmu Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Basu Swastha, dan Irawan. 2007. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Keduabelas Liberty. Yogyakarta
Darmahesta, B.S. 2006 Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen, Edisi Kesebelas Cetakan Ketiga BPFE, Yogyakarta
Dimas Pramata 2014. Pengaruh Citra Merek Dan Kulaitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor yamaha mio J. (studi kasus pada PT yamaha bahana tegal) Universitas Diponegoro
Feigenbaum, A.V. 2000. KendaliMutuTerpadu,Jilid 1, EdisiKetiga, Erlangga, Jakarta
Garvin D.A, 2004. Kualitas Produk : Alat Strategi Yang Penting, Edisi Kesebelas Cetakan Ketiga Erlangga. Jakarta
Imam Ghozali, 2005. Analisis Multivariate SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Jackson R.S Weenas, 2014 Kualitas Produk, Harga dan Kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian spring bet comforta,Universitas Sam Ratulangi Manado
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2006. Prinsip-Prinsip Pemasaran. edisi Kedelapan. Jilid 2. Erlangga. Jakarta
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis,Perencanaan, implementasi, dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Edisi Keduabelas. Jilid 1. PT. Indeks. Jakarta
Lamb, C. William Perrealt, dan Mc Charty.2009. Pemasaran. Edisi kesebelas. Penerbit Salemba Empat. Jakarta
Mursid. 2003. Manajemen Pemasaran; dasar, konsep dan strategi. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta
Nur Achida 2016. Pengaruh Promosi, Harga dan Desain terhadap keputusan pembelian sepeda motor mio GT, Universitas Pandanaran Semarang
Nurul Fatmawati A 2017. Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor metic HONDA, Universitas Stikubank
Sutisna . 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran.PT. Remaja Rosda Karya. Bandung
Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi. Edisi V. Jilid 1&2. Erlangga. Jakarta
Stanton J, William. 2000. Prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Swastha, Basu , 2008, Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen, Edisi pertama,
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kedelapan. CV Alfabeta. Bandung
Sugiyono . 2008. Statistika untuk Penelitian Bisnis. Bandung : Alpfabeta. Bandung
T. Hani Handoko. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kelima, Liberty. Yogyakarta
Tjiptono. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi II. Penerbit Andi. Yogyakarta
DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i0.4255
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa
Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:
Alamat Redaksi:
Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. ISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039