Kajian atas Preferensi dan Perilaku Pasar dalam rangka Merumuskan Strategi Pemasaran (Kasus pada Petani Budidaya Ikan Lele di Kabupaten Bandung Barat)

dede R oktini

Abstract


 

ABSTRACT

 

The community considers that Catfish farming is easy to develop and even has wide and profitable opportunities, but in reality it is not so, besides the high cost, also weak information about actual market conditions, which makes decisions taken by farmers and interested parties often less effective. The dependence of farmers on middlemen is still high, causing weak control of farmers, which results in low marketing margins received by farmers. This research was conducted with the aim of providing an overview of consumer preferences and behavior as well as marketing strategies carried out by farmers. This type of research is descriptive analytic with a quantitative approach, the number of samples is 170 respondents spread across the West Bandung region. The results of this study illustrate that catfish farmers in West Bandung Regency do not have full control over where, to whom, and how the production of catfish production must be marketed.

 

ABSTRAK

 

Masyarakat menganggap bahwa budidaya ikan Lele mudah dikembangkan bahkan peluangnya luas dan menguntungkan, namun pada kenyataannya tidaklah demikian, selain mahalnya biaya, juga lemahnya informasi mengenai kondisi pasar yang sesungguhnya sehingga menyebabkan keputusan yang diambil oleh petani maupun pihak yang berkepentingan seringkali kurang efektif. Ketergantungan petani pada tengkulak masih tinggi menyebabkan lemahnya kendali dari petani, yang mengakibatkan  marjin pemasaran yang diterima oleh petani rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan gambaran mengenai preferensi dan perilaku konsumen serta strategi pemasaran yang dilakukan oleh para petani. Jenis penelitian yaitu deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif, jumlah sampel sebanyak 170 responden yang tersebar di wilayah Bandung Barat. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa para pembudidaya ikan Lele di Kabupaten Bandung Barat tidak memiliki kendali penuh perihal kemana, kepada siapa, dan bagaimana hasil produksi budidaya Ikan Lele nya harus dipasarkan.


References


BPS 2015

Branson, Robert E, 1993, Introduction to agricultural marketing, McGraw Hill Book Company, New York.

Creswell, John W, 2014, “Research Design”, Edisi Ketiga, Pustaka Pelajar, Yogyakarta

Dewi, Novia, 2012, Analisis perilaku konsumen ikan Patin di kota Pekanbaru, Indonesia Journal of Agricultural Economics vol 3 No.2.

Fajri, Salman, 2016, Strategi pengembangan usaha benih Lele di kelompok pembudidaya ikan Jumbo Lestari Ciseeng Bogor, Bogor Agricultural University (IPB), Jawa Barat.

FAO, 2011

Fitriyati, Aprilia Dwi & M Musiyam (2016), Analisis karakteristik pedagang dan jaringan perdagangan sayur pasar Tawangmangu kabupaten Karanganyar, Electronic Theses and Dissertation, Universitas Muhammadyah Surakarta.

Kotler & Keller, 2016, Marketing Management, 15th Edition, Pearson Edition Limited, New York

Oktaviastuti EE, 2011, Analisis perilaku konsumen dalam membeli Ikan Lele di pasar tradisional kabupaten Boyolali, Universitas Sebelas Maret, Institutional Repository, Klaten, Jawa Tengah.

Seymour, Daniel T, 1994, The Pricing Decision : A strategic Planner for Marketing Professionals, Probus publishing company Toppan co Limited, Tokyo.

Sugiyono, 2005, Metode Penelitian, CV Alfabeta, Bandung

Sukardi, 2001, Pemasaran ikan segar air tawar di propinsi daerah istimewa Yogyakarta, Jurnal Perikanan Universitas Gadjah Mada Vol 3 No.1, Yogyakarta, Jawa Tengah.

Virgantari, Fitria dkk, 2017, Analisis permintaan ikan di Indonesia : Pendekatan Model Quadratic Almost Ideal Demand System (Quaids), Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan Dan Perikanan Vol 6 No 2, 191-203.

Wibowo, J, 2011, Analisis usaha dan alternatif strategi pengembangan Agribisnis Pembenihan Ikan Lele Dumbo di kecamatan Ceper Kabupaten Klaten, Universitas Sebelas Maret, Institusional Depository.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v0i0.4424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Manajemen dan Bisnis: Performa

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039