Analisis Kepuasan Konsumen pada Sayuran Organik di Pasar Swalayan

Dewi Nopita Sari, Ismalia Afriani, Zulkarnain Zulkarnain, Ainul Mardliyah, Maryati Maryati

Abstract


ABSTRACT

 

This study aims to determine the level of consumer satisfaction with organic vegetables in supermarkets. The location of this research is in Tanjung Karang Supermarkets. Respondents in the study were 30 consumers of organic vegetables in Tanjung Karang Swalayan who were determined by accidental sampling technique (Accidental sampling). The research objective was to determine consumer satisfaction with organic vegetables in supermarkets. The analysis used is the Customer Saticfactions Index (CSI) and Importance Performance Analysis (IPA) analysis. The results obtained are the level of consumer satisfaction of organic vegetables at Tanjung Karang supermarket is classified as satisfied. Meanwhile, from the results of the Importance Performance Analysis (IPA) analysis, the level of consumer interest is slightly greater than the performance level attribute that the company provides. This shows that the level of company performance has not met the expectations desired by consumers.

 

Keywords: Satisfaction, Consumers, Vegetables, Organic, Supermarket

 

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap sayuran organik di swalayan. Lokasi penelitian ini di Swalayan Tanjung Karang. Responden dalam penelitian adalah konsumen sayuran organik di Swalayan Tanjung Karang sebanyak 30 orang yang ditentukan dengan teknik sampel accidental (Accidental sampling). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kepuasan konsumen pada sayuran organik di swalayan. Analisis yang digunakan adalah analisis Customer Saticfactions Index (CSI) dan Importance Performance Analisys (IPA). Hasil penelitian yang didapatkan adalah tingkat kepuasan konsumen sayuran organik di Swalayan Tanjung Karang tergolong puas. Sedangkan, dari hasil analisis Importance Performance Analisys (IPA) tingkat kepentingan konsumen sedikit lebih besar dari pada atribut tingkat kinerja yang perusahaan berikan. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kinerja perusahaan belum memenuhi harapan yang diinginkan oleh konsumen.

 

Kata kunci: Kepuasan, Konsumen, Sayuran, Organik, Supermarket

 


References


Alamsyah (2014). Persepsi Konsumen Atas Risiko Sayuran Organik Serta Dampaknya Pada Perilaku Pembelian. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa), 11(2), pp. 1-25.

Amir, M. T. (2005). Dinamika Pemasaran Jelajahi dan Rasakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Astuti, E.P., Masyhuri, Mulyo J.H. (2019). Analisis Sikap Konsumen Pasar Swalayan Terhadap Sayuran Organik. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 3(1), pp.183-194

Bachtiar. 2011. Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa dalamMemilih Politeknik Sawunggalih Aji Purworejo. Jurnal. Dinamika Sosial Ekonomi Vol 7 No. 1.

Direktorat Jenderal Hortikultura, 2010. Perkembangan PDB Komoditas Hortikultura Indonesia.http:/ hortikultura.deptan.go.id.Diakses pada 10 April 2016.

Engel, J. F., R. D. Blackwell, dan P. W. Miniard. 1995. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Jilid 2. Binarupa Aksara. Jakarta.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Ketiga, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harimurti, A.C., Sadeli, A.H., Utami, H.N, Mukti, G.W. (2016). Strategi Peningkatan Kinerja Atribut Produk Sayuran Melalui Pemasaran Online Dalam Upaya Meraih Kepuasan Konsumen. Jurnal Agrosains dan Teknologi, 1(2), pp.47-63.

Irwan, Handi. 2008. Membedah Strategi Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama: PT. Gramedia: Jakarta.

Kaihatu, T.S. (2008). Analisa Kesenjangan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Pengunjung Plaza Tunjungan Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 10(1) : pp. 66-83.

Prasanti, D., Fuady I. (2018). Analisis Jaringan Komunikasi Masyarakat Dalam Kesiapan Menghadapi Bencana Longsor di Kaki Gunung Burangrang Kabupaten Bandung Barat, Jurnal Ilmiah Sosial dan Humaniora, 8(1), pp. 1-8.

Rangkuti, F. (2006). Measuring Customer Satisfaction. Teknik Mengukur dan Strategi meningkatkan Kepuasan Pelanggan Plus Analisis Kasus PLN-JP. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ranitaswari, P.A., Mulyani, S., Sadyasmara, C.A.B. (2018). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk Kopi Dan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (Studi Kasus Di Geo Coffee). Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri, 6(2), pp. 147-157.

Retnawati, B.B. (2011). Green Branding : Peluang dan Tantangan bagi Indonesia Original Brands. Seminar Nasional Lingkungan Hidup. Surabaya: UK Petra.

Sutarni, Trisnanto, T.B., Unteawati, B. (2017). Preferensi Konsumen Terhadap Atribut Produk Sayuran Organik di Kota Bandar Lampung. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 17(3), pp. 203-211. DOI: http://dx.doi.org/10.25181/jppt.v17i3.337

Tangkulung, C.M., Pangemanan, L.R.J., Ngangi, C.R. (2015). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Sayuran Organik Di Hypermart Manado. Jurusan Sosial Ekonomi, Fakultas Pertanian UNSRAT. (https://adoc.tips/analisis-kepuasan-konsumen-terhadap-atribut-sayuran-organik-.html) diakses pada 9 Maret 2016.

Yola, M., Budianto, D. (2013). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analisys (IPA). Jurnal Optimasi Sistem Industri, 12(12), pp.301-309.

-------------- (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa

Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v17i1.5825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039