Pengukuran kinerja Badan Amil Zakat (BAZ) Dengan balanced scorecard

Dikdik Tandika

Abstract


Seperti halnya organisasi bisnis, Badan Amil Zakat (BAZ) sebagai organisasi publik perlu melakukan pengukuran kinerjanya, sehingga dapat dinilai tingkat keberhasilannya dalam melaukan pengelolaan zakat. Salah satu cara pengukuran kinerja orgnaisasi yang dapat dipilih adalah dengan menggunakan Balanced Scorecard yang memiliki empat perspektif dibandingkan dengan organisasi bisnis yag mengutamakan laba sebagai fokus utamanya. Perspektif yag diukur oleh Balanced Scorecard untuk BAZ, yaitu perspektif Customer & Stakeholders, financial, internal business procees, dan employees & organization capacity. Dengan menganalisis pola hubungan antar perspektif secara komprehensif dapat ditentukan ukuran kinerja organisasi untuk aspek financial dan nonfinancial.

Kata kunci: Organisasi Publik, Empat Perspektif Balanced Scorecard.


Full Text:

PDF

References


Al Qur’an dan Al Hadist

Amin Widjaya Tunggal, Memahami Konsep Balanced Scorecard, Harvindo, Jakarta, 2002.

Aji Purba Trapsila, Implementasi Konsep BSC (Balanced Scorecard) pada Lembaga Amil Zakat (LAZ), 2008.

David N. Hyman, Public Finance, A Contempory Application of Theory to Policy, International Student Edition, Thomson South Western, 2005.

Eka Ardani, Preventing Bias In tHe Balanced Scorecard Implementation For Performance Assessment, Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana.

Hessel Nogi, Manajemen Modern Untuk Sektor Publik, Strategic Management, Total Quality Management, Balanced Scorecard , Scenrio Planning, Penerbit Balairung & Co, Yigyakarta, 2003.

Imelda R.H.N, “Implementasi Balanced Scorecard pada Organisasi Publik”, Jurusan Akuntansi, Fakultas EKonomi Universitas Kristen Petra, Jurnal Akuntansi & Keuagan Vol. 6, No. 2, Nopember 2004: 106-122.

Johnsen Age, Balanced Scorecard ; theorical perspectives and public management Inplication, Managerial Auditing Journal, vol. 16, Issue 16, p: 319-330, MCB UP Ltd, 2001.

Mahmudi, Manajemen Sektor Publik, Edisi Revisi, UPP STIM YKPN, Yogyakarta, 2007.

Mudrajad Kuncoro, Strategi Bagaimana Merah Keunggulan Kompetitif, Penerbit Erlagga, Jakarta, 2005.

Robert S. Kaplan, David P. Nornon, Balanced Scorecard, Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Edisi Bahasa Indonesia, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2000.

Rohm, Howard (25 Agustus 2004), “Improve Public Sector Result With A Balanced Scorecard : Nine Steps to Success”,httpwww.balancedscorecard.org.

……..,Himpunan Peraturan Perundag-undangan tentang Pengelolaan Zakar, Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Jawa Barat Bidang Penyelenggara Haji, Zakat




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v6i2.6548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039