Peran knowledge management untuk meningkatkan competitive advantage Sumberdaya manusia dalam rangka persangan di era global.

Sri Suwarsi

Abstract


Setiap organisasi beroprasi dengan menggunakan semua komponen sumber daya yang dimiliki untuk dapat menghasilkan produk baik barang atau jasa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen. Pengelolaan sumber daya meliputi raw material, human resourse, capita technologi, and information. Mengingat keterbatasan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan tersebut maka, perusahaan dituntut mapu memberdayakan dan mengoptimalkan pengunaannya untuk dapat bersaing demi kelangsungan hidup perusahaan. Dari semua komponen sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan tersebut human resourse atau sumber daya manusia (SDM) menepati posisi startegis untuk dikelola dengan baik agar tercipta keunggulan bersaing bagi organisasi. Sehingga diperlukan peran organisasi dalam menerapkan Knowledge Management sehingga SDM yang dimiliki oleh organisasi merupakan sumber daya yang memiliki intelektualitas yang tinggi yang merupakan keunggulan organisasi untuk dapat siap dalam persaingan era global.

            Perubahan dari industri berbasis ekonomi menjadi industri yang berbasis pengetahuan da informasi membutuhkan pengelolaan pengetahuan yang dikenal dengan Knowledge Management. Dengan menerapkan knowledge management diharapkan watu kerja dapat dihemat, biaya komunikasi dapat diturunkan, sehingga perusahaan akan lebih produktif.

 

Kata Kunci: Knowledge Management, Human Resourse, Organisasi, Globalisasi.


 


Full Text:

PDF

References


Anwar Prabu Magkunegara, Perencanaan dan Pengembagan Sumber Daya Manusia, Refika Aditama, Bandung, 2003.

Achmad S.Rucky, Manajemen Penggajian dan Pengupahan Untuk Karyawan Perusahaan, PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta 2002.

Gary Dessler, Human Resource Management, 7 Edition, Prentice Hall,inc A Simon & Schuster Company, 1997.

Robert L. Maltis, Human Resources Management, 9 edition, South-Western College Publishing, a Division of Thomson Learning, 2000.

Robbins Stephen P, Management, 6 edition, Prentice Hall,inc Englewood Cliffs, 1999.

Robbins Stephen P, Organuzational Behavior, Prentice Hall,inc. Upper Saddle River, New Jersey, 2001.

Stoner, James A.F, Management, Prantice Hall,inc, Englewood Cliffs, 1995.

Sri Suwarsi, Modul Kuliah: Pengantar Manajemen, 2002.

Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.4, No.2, September 2002.

Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis, Vol.7, edisi Agustus-Nopember 2001.

Bening Kliping, Manajemen, April 1999 sampai Juni 1999.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v7i1.6553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039