Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Informasi terhadap Minat Beli Sociolla

Rizky Tiara Prabandini, Indira Rachmawati

Abstract


ABSTRACT

 

The rapid technological development plays an important role in the presence and development of the internet. The internet has made enormous changes in all fields, including the business world that produces e-commerce and makes changes in conventional buying and selling activities online. The beauty industry has also begun to enter the online market so that more beauty e-commerce has emerged in Indonesia, one of which is Sociolla. This research was conducted with the aim of knowing the effect of brand image and information quality on consumer buying interest in Sociolla consumers. By using the Slovin formula, the number of samples for this study was 400 respondents. This study was conducted on 400 female respondents aged 18 to 30 years who responded to the questionnaires that were distributed. The independent variables in this study are brand image (X1) and information quality (X2). The dependent variable in this study is buying interest (Y). The method used in this research is quantitative method with multiple linear regression analysis. From the research conducted, it was found that brand image and information quality had a positive effect on purchase intention.

 

Keywords: Brand Image, Buying Interest, and Information Quality.

 

ABSTRAK

 

Teknologi yang berkembang begitu pesat berperan penting bagi hadir dan berkembangnya internet. Internet memberi perubahan yang sangat besar di segala bidang, termasuk dunia bisnis yang menghasilkan e-commerce dan membuat perubahan dalam kegiatan jual beli konvensional menjadi online. Industri kecantikan juga mulai memasuki pasar online hingga semakin banyak e-commerce kecantikan bermunculan di Indonesia, salah satunya Sociolla. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas informasi terhadap minat beli konsumen pada konsumen Sociolla. Dengan menggunakan rumus Slovin, didapat jumlah sampel untuk penelitian ini sebanyak 400 responden. Penelitian ini dilakukan terhadap 400 responden wanita berusia 18 hingga 30 tahun yang memberikan tanggapan terhadap kuesioner yang dibagikan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah citra merek (X1) dan kualitas informasi (X2). Variabel terikat pada penelitian ini adalah minat beli (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan informasi bahwa citra merek dan kualitas informasi berpengaruh signifikan terhadap minat beli.

 

Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Informasi, dan Minat Beli.


References


Bahari, Asniati, and Roslinah Mahmud. 2017. Impact of System Quality, Information Quality and Service Quality on Performance. 34th Annual Computer Security Applications Conference, Jilid 3, No. 2, (http://repo.unand.ac.id/5029/1/Asniati Bahari-Roslinah Mahmud.pdf, diakses 2 November 2020).

Bakti, Umar, and Maria Septijantini Alie. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga terhadap Minat Beli pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, Jilid 22, No. 3, (https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/view/633, diakses 12 November 2020).

BPS. 2018. Sensus Penduduk Tahun 2010, (Online), (https://sp2010.bps.go.id/, diakses 10 Desember 2020).

Iprice. 2020. Peta E-Commerce Indonesia, (Online), (https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/, diakses 10 Desember 2020).

Kotler, Philip, and Gary Armstrong. 2018. Principles of Marketing. Pearson.

Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Mangement 15 Th Edition. Pearson Education.

Prasetyo, Mohamad Hadi. 2016. Analisis Experiential Marketing terhadap Brand Image serta Dampaknya pada Tourist Satisfaction di Kota Bandung. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa). Jilid 13, No. 2, (https://elearning2.unisba.ac.id/index.php/performa/article/view/2628, diakses 10 Mei 2021).

Rosyadi, Agi. 2018. Pengaruh Iklan Televisi Dan Persepsi Konsumen Terhadap Citra Merek Teh Botol Sosro. Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa). Jilid 15, No. 1 (https://elearning2.unisba.ac.id/index.php/performa/article/view/3623/2136, diakses 10 Mei 2021).

Toruan, Nadine Natasha L et al. 2020. Pengaruh E-Servive Quality dan Brand Image terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Aplikasi Tiket.com di Kota Bandung. Bandung:

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis.




DOI: https://doi.org/10.29313/performa.v18i1.7890

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Manajemen dan Bisnis (Performa)

Jurnal manajemen dan bisnis (Performa) diindeks oleh:


Alamat Redaksi:

Jl. Tamansari 1, Bandung 40116, Jawa Barat, (022) 4203368 pes. 210, (022) 4264064. jmb.performa@gmail.com / jmb.performa@unisba.ac.id

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International LicenseISSN 1829-8680 | E-ISSN 2599-0039