Perlindungan Hukum Nasabah Bank Dalam Hal Terjadinya Kesalahan Sistem Yang Mengakibatkan Perubahan Saldo Nasabah
Abstract
Lembaga perbankan memiliki kontribusi yang cukup dominan dalam menjaga keberlangsungan roda perekonomian, hal ini tidak luput dari peranan setiap nasabah selaku konsumen produk dan jasa bank sangat besar. Prinsip kehati-hatian wajib dijalankan oleh Bank tidak hanya karena dihubungkan dengan kewajiban Bank untuk tidak merugikan kepentingan nasabah yang mempercayakan dananya kepada Bank, tetapi juga karena kedudukan Bank yang istimewa dalam masyarakat. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis dengan menggunakan metode pendekatan yuridis normatif dikaitkan dengan teori-teori hukum dan asas–asas hukum melalui peraturan perundang–undangan yang berlaku dan diperkuat dengan studi kepustakaan dan studi lapangan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, Perlindungan hukum terhadap nasabah bank dalam hal terjadinya kesalahan sistem yang mengakibatkan pertambahan saldo nasabah adalah dengan perlindungan represif maupun prefentif. Perlindungan hukum preventif diberikan oleh pemerintah dalam bentuk pencegahan terjadinya pelanggaran. Hal ini diterapkan dalam pembentukan peraturan perundangundangan, pembinaan, dan pengawasan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
A. Abdurrachman, Ensiklopedia Ekonomi Keuangan Perdagangan, Jakarta, Pradya Paramita, 1991.
Ahmad Miru dan Sutarman Yodo, Hukum Perlindungan Konsumen, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2004.
Adrian Sutedi, Hukum Perbankan, Jakarta, Sinar Grafika, 2015.
Cerlina Tri Siwi Kristiyanti, Hukum Perlindungan Konsumen, Malang, Sinar Grafika, 2014.
Etty Mulyati, Kredit Perbankan, Bandung, Refika Aditama, 2017.
Hermansyah, Hukum Perbankan Nasional Indonesia, Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2013.
Muhammad Djumhana, Hukum Perbankan di Indonesia, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung, 2012.
Permadi Gandapraja, Dasar dan Prinsip Pengawasan Bank, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama, 2004.
Rachmadi Usman, Aspek-Aspek Hukum Perbankan di Indonesia, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama, 2001.
Rani Apriani, Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Jasa Perbankan di Indonesia, Jurnal Ilmiah Hukum De 'Jure: Kajian Ilmiah Hukum, 2017.
Rani Apriani dan Hartanto, Hukum Perbankan dan Surat Berharga, Yogyakarta, deepublish, 2019.
Sentosa Sembiring, Hukum Perbankan edisi Revisi, Bandung, Mandar Maju, 2012.
Sri Sumantri, Bunga Rampai Hukum Tata Negara Indonesia, Bandung, Alumni,1992.
Wulanmas A. P. G. Frederik, Buku Ajar Hukum Perbankan, Yogyakarta, Genta Press, 2012.
DOI: https://doi.org/10.29313/shjih.v18i2.6245
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. ISSN 2086-5449 EISSN 2549-6751