Program Pelatihan dan Monitoring Juru Sembelih Halal di Pesantren

Asep Sugandi, Ahmad Sastra, Hasbi Indra

Abstract


Produk halal di Indonesia menjadi isu yang sangat sensitif. Hal ini karena mayoritas warganya beragama Islam. Untuk itu, agar tercipta makanan yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH) harus ada pelatihan penyembelihan hewan yang halal. Program pelatihan ini juga dilakukan di Pesantren Manahijussadat Banten. Sebagai lembaga pendidikan yang berbasis Islam kemampuan menjadi penyembelih halal harus dimiliki. Untuk itu penelitian ini akan membahas proses pelatihan dan monitoring juru sembelih halal di Pesantren Manahijussadat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tujuan melakukan evaluasi pelatihan penyembelihan hewan di Pesantren  Manahijusadat dan memberikan informasi tentang penyembelihan yang halal guna mengembangkan potensi santri dan guru. Dari penelitian ini ditemukan hasil bahwa program pelatihan juru sembelih halal yang ada di Pesantren Manahijussadat terbagi menjadi dua proses yaitu pemaparan materi dan praktik langsung.  Dalam proses pemaparan materi terdapat tiga tahapan yaitu tahapan persiapan, sosialisasi, dan pelaksanaan. Pada tahap persiapan ini pihak pesantren berkoordinasi dengan panitia pelaksana sebagai pemateri. Tahap sosialisasi kepada seluruh peserta di Pesantren yang meliputi guru dan santri. Terakhir tahap pelaksanaan, pada proses pelaksanaan dijelaskan secara mendalam terkait tata cara penyembelihan hewan yang halal dan sesuai syariat Islam. Kemudian pogram dilanjutkan dengan proses praktik penyembelihan hewan. Pada proses ini juga terdapat tiga tahapan. Pertama, tahap persiapan, panitia menyiapkan hewan atau media penganti (gedebong pisang) dan menyiapkan alat penyembelihan. Kedua, tahap penyedian tempat. Ketiga, tahap pelaksanaan yang dilakukan sesuai syarat dan ketentuan. Pada proses monitoring program pelatihan juru sembelih halal dinilai melalui emat tahapan yaitu reaksi, pembelajaran, kebiasaan, dan hasil (result).


Keywords


Juru sembelih halal, Pelatihan, Monitoring, Evaluasi

Full Text:

PDF

References


Awaludin, A., Y. R. Nugraheni, dan S. Nusantoro. 2017. Teknik Handling dan Penyembelihan Hewan Qurban. Jurnal Pengabdian Masyarakat Peternakan 2(2):84-97. Bbppbatu.bppsdmp.pertanian.go

Fatwa MUI nomor 12 tahun 2009. Tentang Sertifikasi Penyembelihan Halal.

Hidayat dan Nurasyiah, 2017. Pengaruh Diklat (Pendidikan dan Pelatihan) Terhadap Prestasi Kerja Karyawan di Bank BPR Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos. 6(1):71-82.

Keputusan Kementian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI, No 196 tahun 2014 - https://jdih.kemnaker.go.id/asset/data_puu/SKKNI%202014-196.pdf

Kirkpatrick, Donald L. 1994. Evaluating Training Programs: The Four Levels. Berrett-Koehler. San Fransisco.

Sukoco, dkk. 2020. Ekosistem Industri Halal. Jakarta:Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah - Bank Indonesia

Undang-undang nomor 41 tahun 2014. Tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Wahidmurni. 2016. Pengembangan Usaha Bisnis: Studi Pengalaman Pengusaha Muda Sukses. Laporan Penelitian, Tidak diterbitkan. Malang : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Malana Malik Ibrahim. Malang.

Widiansyah, H. 2016. Studi Deskriptif tentang Evaluasi Tahapan Teknis Kepala Desa oleh Badan Diklat Provinsi Jawa Timur Tahun 2014. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik. 4(2): 126-134.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.11109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats