Penerapan Metode Tasmi’ Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri

Umamah Rizky Amalia, A Mujahid Rasyid, Ikin Asikin

Abstract


Seorang penghafal al-Qur’an dengan menggunakan metode tasmi’ akan sadar akan kesalahannya, karena bisa saja ia salah mengucapkan huruf atau harakat. Akibatnya, dia akan lebih fokus pada hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tasmi’, hasil penerapan metode tasmi’, perbedaan dan persamaan penerapan metode tasmi’ di DAQU dan di DM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode tasmi’ di DAQU dan DM sama-sama dimulai dengan mempelajari tajwid terlebih dahulu, kemudian proses menghafal, muroja’ah persiapan tasmi’, dan pelaksanaan kegiatan tasmi’. Hasil penerapan metode tasmi’ di DAQU dan di DM yaitu kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kualitas hafalan santri dengan penggunaan metode tasmi’. Perbedaan dan persamaan penerapan metode tasmi’ di DAQU dan di DM dapat disimpulkan bahwa, pada dasarnya perbedaan diantara kedua pesantren ini sama-sama menjadi keunggulan dan daya tarik tersendiri pada masing-masing pesantren. Akan tetapi, kedua pesantren ini sama-sama memprioritaskan program tahfidz. Faktor pendukung dan penghambat ialah kesehatan, kelancaran hafalan motivasi dan lingkungan yang kondusif. Faktor penghambat kurang manajemen waktu, jenuh dan bosan.


Keywords


Metode Tasmi’, Tajwid, Kualiatas Hafalan

Full Text:

PDF

References


Abdulwaly, C. (2019). Pedoman Murajaah al-Qur’an. Farha Pustaka.

Al-Hafidz, A. W. (2005). Bimbingan Praktis Menghafal al-Qur’an (3rd ed.). Bumi Aksara.

Amrullah, W. M., & Fahyuni, E. F. (2022). Tahfidz Learning Methods in Shaping Islamic

Characters at Al-Fattah Islamic Boarding School Sidoarjo. Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam, 11(2),

–142. https://doi.org/10.29313/tjpi.v11i2.8703

Baharuddin. (2019). Implementasi Metode Menghafal al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan alQur’an santri Pondok Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur.

IAIN.

Chairani, L., & Subandi. (2010). Psikologi santri penghafal al-Qur’an peranan regulasi diri (1st ed.). Pustaka

Pelajar.

Ghony Djunaidi, M., & Almanshur, F. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. (R. T. Sari, Ed.). Ar-Ruzz

Media.

Hartanti, A. D., Abdurrahmansyah, & Adil, M. (2021). Tahfidz Qur’an dengan Metode Tasmi’ dan

Sambung ayat (Strategi Pengorganisasian, Penyajian, dan Pengelolaannya di Pondok Pesantren

al-Lathfiyyah Palembang). Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 15(2), 97–112.

Ma’mun, S. (2019). Metode Tahfidz Al-Qur’an Qur’ani. Institut Perguruan Tinggi Ilmu al-Qur’an .

Maskur, M. (2021). Tradisi Semaan Al-Quran di Pondok Pesantren. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam,

(1), 68–82. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.320

Massul, R. (2014). Metode Cepat Menghafal & Memahami Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an (1st ed.). Lafal

Indonesia.

Mattson, I. (2013). Ulumul Quran Zaman Kita (R. C. Lukman Yasin, Ed.; 1st ed.). Dedi Slamet Riyadi.

Maula, R. (2019). Panduan Praktis & Lengkap Tahsin Tajwid Tahfidz untuk Pemula (1st ed.). Laksana.

Penerapan Metode Tasmi’ Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri

DOI: 10.29313/tjpi.vxix.xxx

Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam, x(x), xxxx | 7

Muthohharoh, N. M. (2019). Pengaruh Kegiatan Tasmi dan Kedisiplinan Guru terhadap Kualitas Hafalan

Al-Qur’an (Studi Kasus pada Siswa MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe, Tangerang Selatan).

Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an .

Nurhakim, H. Q., Yahya, W., & Rasyid, A. M. (2021). Tahfidzul Qur’an Learning Management at

PPI 153 Al-Firdaus. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 275–284.

https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.8567

Nuryanti. (n.d.). Penerapan metode murajaah dalam menghafal al-Qur’an peserta didik SDIT Iqra’ 1 Kota

Bengkulu. 2021.

Rahmatin. (2022). Teknik Menjaga Hafalan al-Qur’an dengan Metode Tasmi al-Qur’an di Pondok

Pesantren Raudlatul Qur’an Al-Manshury. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4945–4952.

Rizqiyah, S. U., & Partono. (2022). Penerapan Metode Tasmi’ dalam Meningkatkan Kualitas

Hafalan al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati

Kudus. Ma’Alim: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 133–144.

https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1336

Sa’dulloh. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal al-Qur’an. 57.

https://books.google.co.id/books?id=t7pg2GvRNHcC&lpg=PP1&hl=id&pg=PP1#v=on

epage&q&f=false

Shohib, M. (2011). Memelihara kemurnian al-Qur’an : profil lembaga tahfiz al-Qur’an di Nusantara. Lajnah

Pentashihan Mushaf al-Qur’an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI.

Wahid, W. A. (2014). Cara Cepat Bisa Menghafal al-Qur’an. Diva Press




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats