Penerapan Metode Tasmi’ Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri
Abstract
Seorang penghafal al-Qur’an dengan menggunakan metode tasmi’ akan sadar akan kesalahannya, karena bisa saja ia salah mengucapkan huruf atau harakat. Akibatnya, dia akan lebih fokus pada hafalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode tasmi’, hasil penerapan metode tasmi’, perbedaan dan persamaan penerapan metode tasmi’ di DAQU dan di DM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode tasmi’ di DAQU dan DM sama-sama dimulai dengan mempelajari tajwid terlebih dahulu, kemudian proses menghafal, muroja’ah persiapan tasmi’, dan pelaksanaan kegiatan tasmi’. Hasil penerapan metode tasmi’ di DAQU dan di DM yaitu kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kualitas hafalan santri dengan penggunaan metode tasmi’. Perbedaan dan persamaan penerapan metode tasmi’ di DAQU dan di DM dapat disimpulkan bahwa, pada dasarnya perbedaan diantara kedua pesantren ini sama-sama menjadi keunggulan dan daya tarik tersendiri pada masing-masing pesantren. Akan tetapi, kedua pesantren ini sama-sama memprioritaskan program tahfidz. Faktor pendukung dan penghambat ialah kesehatan, kelancaran hafalan motivasi dan lingkungan yang kondusif. Faktor penghambat kurang manajemen waktu, jenuh dan bosan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulwaly, C. (2019). Pedoman Murajaah al-Qur’an. Farha Pustaka.
Al-Hafidz, A. W. (2005). Bimbingan Praktis Menghafal al-Qur’an (3rd ed.). Bumi Aksara.
Amrullah, W. M., & Fahyuni, E. F. (2022). Tahfidz Learning Methods in Shaping Islamic
Characters at Al-Fattah Islamic Boarding School Sidoarjo. Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam, 11(2),
–142. https://doi.org/10.29313/tjpi.v11i2.8703
Baharuddin. (2019). Implementasi Metode Menghafal al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan alQur’an santri Pondok Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur.
IAIN.
Chairani, L., & Subandi. (2010). Psikologi santri penghafal al-Qur’an peranan regulasi diri (1st ed.). Pustaka
Pelajar.
Ghony Djunaidi, M., & Almanshur, F. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. (R. T. Sari, Ed.). Ar-Ruzz
Media.
Hartanti, A. D., Abdurrahmansyah, & Adil, M. (2021). Tahfidz Qur’an dengan Metode Tasmi’ dan
Sambung ayat (Strategi Pengorganisasian, Penyajian, dan Pengelolaannya di Pondok Pesantren
al-Lathfiyyah Palembang). Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 15(2), 97–112.
Ma’mun, S. (2019). Metode Tahfidz Al-Qur’an Qur’ani. Institut Perguruan Tinggi Ilmu al-Qur’an .
Maskur, M. (2021). Tradisi Semaan Al-Quran di Pondok Pesantren. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam,
(1), 68–82. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i1.320
Massul, R. (2014). Metode Cepat Menghafal & Memahami Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an (1st ed.). Lafal
Indonesia.
Mattson, I. (2013). Ulumul Quran Zaman Kita (R. C. Lukman Yasin, Ed.; 1st ed.). Dedi Slamet Riyadi.
Maula, R. (2019). Panduan Praktis & Lengkap Tahsin Tajwid Tahfidz untuk Pemula (1st ed.). Laksana.
Penerapan Metode Tasmi’ Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri
DOI: 10.29313/tjpi.vxix.xxx
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam, x(x), xxxx | 7
Muthohharoh, N. M. (2019). Pengaruh Kegiatan Tasmi dan Kedisiplinan Guru terhadap Kualitas Hafalan
Al-Qur’an (Studi Kasus pada Siswa MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe, Tangerang Selatan).
Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an .
Nurhakim, H. Q., Yahya, W., & Rasyid, A. M. (2021). Tahfidzul Qur’an Learning Management at
PPI 153 Al-Firdaus. Ta Dib : Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 275–284.
https://doi.org/10.29313/tjpi.v10i2.8567
Nuryanti. (n.d.). Penerapan metode murajaah dalam menghafal al-Qur’an peserta didik SDIT Iqra’ 1 Kota
Bengkulu. 2021.
Rahmatin. (2022). Teknik Menjaga Hafalan al-Qur’an dengan Metode Tasmi al-Qur’an di Pondok
Pesantren Raudlatul Qur’an Al-Manshury. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4945–4952.
Rizqiyah, S. U., & Partono. (2022). Penerapan Metode Tasmi’ dalam Meningkatkan Kualitas
Hafalan al-Qur’an di Pondok Pesantren Putri Tahfidz Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati
Kudus. Ma’Alim: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 133–144.
https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1336
Sa’dulloh. (2008). 9 Cara Praktis Menghafal al-Qur’an. 57.
https://books.google.co.id/books?id=t7pg2GvRNHcC&lpg=PP1&hl=id&pg=PP1#v=on
epage&q&f=false
Shohib, M. (2011). Memelihara kemurnian al-Qur’an : profil lembaga tahfiz al-Qur’an di Nusantara. Lajnah
Pentashihan Mushaf al-Qur’an, Badan Litbang dan Diklat, Kementerian Agama RI.
Wahid, W. A. (2014). Cara Cepat Bisa Menghafal al-Qur’an. Diva Press
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13560
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.