Pengembangan Aplikasi Android SAC "KANAYA (Kisah Keteladanan Nabi Ya'qub AS)'' dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Abstract
PenaAplikasi KANAYA (Kisah Keteladanan Nabi yaqub a.s) hadir sebagai salah satu pemanfaatan media digital yang dikemas dengan semenarik mungkin dan dapat dengan mudah diakses oleh siapapun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Design and Development (D&D). pada penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE, dan menggunakan metode kuantitatif penyebaran angket kepada sekolah untuk mengumpulkan data. Angket yang digunakan berupa angket validasi yang diberikan kepada guru PAI di SDN Pasanggrahan 1 Kabupaten Sumedang. Hasil yang didapat dari penelitian kepada siswa kelas 2, pertama hasil validasi ahli materi yaitu Guru PAI mendapatkan persentase sebesar 81,25% sehingga mendapatkan kategori Sangat Layak. kedua hasil dari respon siswa pada aspek materi cerita, video animasi, lagu serta quiz yaitu dari semua aspek memperoleh rata-rata persentase 92,33% sehingga mendapatkan kategori Sangat Baik dan sebesar 95% siswa menjawab dengan benar Quiz yang ada di dalam Aplikasi KANAYA (Kisah Keteladanan Nabi YA'qub a.s).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya Dewantara, J., Ulfa, M., Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Tanjungpura, U., Pontianak, K., Kalimantan Barat, P., Studi Pendidikan Ekonomi, P., & Studi Pendidikan Biologi, P. (2023). Pengaruh Teknologi Dalam Sikap Moralitas Dan Tanggung Jawab. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1).
Aeni, A. N., Djuanda, D., Maulana, M., Nursaadah, R., & Sopian, S. B. P. (2022). Pengembangan Aplikasi Games Edukatif Wordwall sebagai Media Pembelajaran untuk Memahami Materi Pendidikan Agama Islam bagi Siswa SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1835. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i6.9313
Aeni, A. N., Puspitasari, A., Nuraeni, A., Fuadi, M. F., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.). Pemanfaatan Flipbook Kisah Nabi Syuaib Sebagai Media Pembelajaran PAI Untuk Memupuk Sikap Jujur Siswa Kelas 3 SD Citungku.
Aeni, N. A., Ariefin, M. R., Rizky, H., & Hidayat, Y. H. (2023). Pengembangan E-Book KITANA (Kisah Keteladanan Nabi) untuk Meningkatkan Sikap Keteladanan Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 194–208. https://doi.org/10.24036/jippsd.v7i1
Amelia, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran : Aplikasi Fun Edu’kids Islamic Berbasis Ibuildapp Pada Materi Kisah Keteladanan Para Nabi di Kelas V SD. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02).
Anjarwani, E., Jatmika, A. H., Agitha, N., Albar, M. A., & Afwani, R. (n.d.). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang Bijak bagi Remaja pada Era Globalisasi (The Wise Use Of Information And Communication Technology For Youth In The Globalization Era). http://begawe.unram.ac.id/index.php/JBTI/
Nela, E. (2020). Implementasi Teknologi Digital untuk Meningkatkan Karakter Kejujuran dan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 4(1), 35–46. https://doi.org/10.17509/historia.v4i1.25943
Nurhidayatuloh, A. T., Feronika, R., Khoirunnisa, R., Shalsa, S., Sari, K., Aeni, A. N., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (n.d.). Pengembangan di Co-Book (Digital Comic dan E-Book) Kisah Hijrah Rasulullah SAW sebagai Media Pembelajaran PAI di SD.
Windiani, D., Nurjanah, I., Nur Aeni, A., & Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P. (n.d.). Penggunaan Aplikasi KISTAURO (Kisah Teladan Rasulullah) sebagai Media untuk Meneladani Akhlak Rasulullah bagi Siswa SD
Sugiyono, (20110. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13600
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.