Pengaruh Strategi Project Based Learning dalam Pembelajaran PAI terhadap Kreativitas Desain Kaligrafi di SMP Taruna Islam Al-Kautsar Kraksaan

Ana Anisatul Firdaus, Ainol Ainol, Imam Muttaqin

Abstract


Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi project based learning dalam pembelajaran pai terhadap kreativitas desain kaligrafi di SMP Taruna Islam Kraksaan. Sampel dalam penilitian ini adalah seluruh peserta didik SMP dengan jumlah 60 peserta didik. Metode dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif dan tekhnik penggumpulan data dalam penilitian ini adalah observasi keterlaksaan proses belajar dan menggunakan kuesioner yang dibagikan keseluruh peserta didik. Hasil penilitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh strategi project based learning dalam pembelajaran pai meningkatkan kreativitas desain kaligrafi peserta didik SMP Taruna Islam Kraksaan. Hasil analisis ini terbukti dari hasil analisis data dari rumus uji-t dengan t-hitung sebesar 9,120, kemudian t-hitung dibandingkan dengan t-tabel yaitu 9,120 > 0,2144 (t hitung > t tabel) maka Ha diterima Ho ditolak. Menunjukkkan bahwa kreativitas peserta didik meningkat dengan setelah menggunakan strategi project based learning.

Keywords


Project Based Learning; Kreativitas.

Full Text:

PDF

References


Afriana, J. (2018). Project Based Learning (Pjbl) Makalah. Akademisi.Edu, 1–39.

Aini, Q. (2022). Kreativitas Anak Dalam Membuat Karya Berbahan Dasar Alam Di Tk Al-Ikhlas Di Desa Kedai Kandang Kluet Selatan SKRIPSI. 1–144.

As’ari, A. R., Kurniati, D., & Subanji. (2019). Teachers expectation of students’ thinking processes in written works: A survey of teachers’ readiness in making thinking visible. Journal on Mathematics Education, 10(3), 409–424. https://doi.org/10.22342/jme.10.3.7978.409-424

Aslach, Z., & Sari, Y. (2020). Pengaruh Kreativitas Siswa Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Kalisari 01. In Pendidikan Dasar (Issue 1).

Dewi, & Sudaryanto. (2020). Validitas Dan Realibitas Kosioner Pengetahuan. Ilmiah. ums.

Fitri, L., Yuliana, D., & Jaya, F. (2021). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 4(4), 39–482621.

H, Siregar. (2020). Kreativitas Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA. Evaluasi Pendidikan, 1(1), 21–26.

Indrawijaya, S., & Siregar, A. P. (2022). Peningkatan Kreativitas Melalui Penerapan Pembelajaran Team Based Project Pada Mata Kuliah Desain Komunikasi Visual. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 268–273. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.301

Lahitani, S. (2021, November). Studi Sekarang Makin Kurang Kreativ.

Lisnawita. (2020). Pelatih Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa . Pengambdian Kepada Masyakat, 4, 231–235.

Mahtumi, I. (2019). Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning). Uwais Insprasi Indonesia.

Moma, L. (2017). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Melalui Metode Diskusi Developing Mathematical Creative Thinking And Problem Solving Ability Through Discussion Method. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 130–139.

Nafisa, I. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Melalui Pembuatan Awetan Bioplastik Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas Vii Di Smp Negeri 12 Bandar Lampung Pada Materi Keanekaragaman Nuryani, D., Setiawan, Y., Kristen Satya Wacana Salatiga, U., & Pasekan, S. (2022). Pengembangan Media Smart Land Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Penerapan 3CM Learning Untuk Peserta didik Sekolah Dasar The Development of Smart Land Media To Improve Creative Thinking Skill In 3CM Learning Implementation for Elementary School Students. Pendidikan Dan Kebudayaan, 20–30.

Makhluk Hidup. Repositori.Radenintan, 1–103.

Nugroho, C. (2019, April). Kreativitas Remaja Indonesia Berinternet Masih Rendah .

Nuha, M. A., Waluya, S. B., & Junaedi, I. (2018). Mathematical creative process wallas model in students problem posing with lesson study approach. International Journal of Instruction, 11(2), 527–538. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11236a

Nurhadiyati, A., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 327–333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.684

Purbarini Kawuryan, S., & Sri Hastuti, W. (2018). The Influence Of Traditional Games-Based And Scientific Approach-Oriented Thematic Learning Model Toward Creative THINKING ABILITY. Cakrawala Pendidikan, 1–22.

Safarandes Asmara, A., Fitri, A., Solahudin Anwar, A., Muhtarulloh, F., Buana, U., Karawang, P., Sunan, U., & Djati Bandung, G. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Konteks Budaya Lokal Karawang Menggunakan Realistic Mathematics Education Pada Masa Pandemi. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 85–92. https://doi.org/10.35706/sjmev6ì1.5761

Solehah, K. M., & Carolina, H. S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sekampung. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 3(2), 166–177.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Kombinasi Dan R&D.

Sulaeman, E., & Astriyani, D. A. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Strategi Problem Based Learning Pada Kelas Viii-C Smp Muhammadiyah 29 Sawangan Depok.

Suryan, S. (2021). Ada Kecenderungan Penurunan Kreativitas Anak Sekolah.

Triana, D., Harizah, D., & Bachri, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMAN 5 Pamekasan The Effect of Project Based Learning Learning Model on Geography Learning Outcomes of SMAN 5 Pamekasan Students. 104–113. https://doi.org/10.18860/jpips.v8i1.13020

Usman, H., Raihan, S., & Arisya, W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Membuat Karya Dekoratif. Nubin Smart Journal, 2(3), 215–228.

Wardani, R. K. (2015). Peningkatan Kreativitas Melalui Pendekatan Brain Based LEARNING (Penelitian Tindakan di Kelompok A PAUD Izzati Baros Serang Banten Tahun 2013) Ratih Kusumawardani. Pendidikan Usia Dini, 9(1), 1–20.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i1.13686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats