Analisis Media Pembelajaran pada Buku Ajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VI KMA 183 Tahun 2019 (Ditinjau dari Aspek Afektif)

Abdullah Ali Nashih, Noor Ayu Fathimah, Abdullah Fakih, Afifudin Afifudin, Akhmad Affandi

Abstract


Media pembelajaran tertentu masih bersifat tradisional dan kurang bervariasi, sehingga menyulitkan siswa untuk termotivasi dan tertarik pada media tersebut. Selain itu, ada kekhawatiran bahwa prinsip-prinsip moral belum berhasil ditanamkan dengan baik oleh media pembelajaran yang sekarang digunakan dengan cara yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari siswa dan kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk memeriksa media pembelajaran yang ditemukan dalam buku instruksi moral 2019 untuk siswa kelas VI KMA 183 dari perspektif afektif. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi dokumen (Library research). Data pada penelitian ini diperoleh dari Buku Ajar Siswa Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah kelas VI yang sesuai dengan KMA 183 Tahun 2019. Data tersebut dianalisis dan ditelaah secara mendalam sesuai dengan konteksnya yaitu media pembelajaran pada aspek afektif. Hasil Penelitian ini adalah Analisis media pembelajaran pada buku ajar Akidah Akhlak siswa kelas VI menunjukkan bahwa media pembelajaran yang tepat untuk aspek afektif adalah media cerita.


Keywords


Media Pembelajaran; Buku Ajar; Akidah Akhlak.

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P.Rapanna (ed.); Cetakan 1). CV. syakir Media Press.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., &Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Alifah, F. N. (2019). Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif. Tadrib, 5(1), 68–86.

Astuti, M., Suryana, I., Anggraini, N., Fitri, A., Fajar, M., Widiya, P., Islam, U., Raden, N., Palembang, F., Islam, U., Raden, N., Palembang, F., Islam, U., Raden, N., Palembang, F., Islam, U., Raden, N., Palembang, F., Islam, U., …Palembang, F. (2024). Media pembelajaran sebagai pusat sumber belajar. 4(5), 702–709.

Farida, C., Destiniar, D., &Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1521

Hendracipta, N. (2021). Buku Ajar: MODEL MODEL PEMBELAJARAN SD (Cet Ke-2). Multi Kreasi Press.

Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, &Mustabsyirah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.

Kamila, A. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dan Pendidikan Moral Dalam Membina Karakter Anak Sekolah Dasar. Al-Furqan : Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(5), 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

Kusmana, S., &Nurzaman, B. (2021). Bahan Ajar Cerita Rakyat sebagai Perancah Pendidikan Karakter (Folklore Teaching Materials as a Character Education Scaffold). Indonesian Language Education and Literature, 6(2), 351. https://doi.org/10.24235/ileal.v6i2.8778

Made, L., Wedayanthi, D., &Pebriyanti, K. D. (2024). Analisis Sikap Siswa Kelas XI MP ( Manajemen Perkantoran ) terhadap Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing di SMKN 1 Bangli. PUSTAKA:Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(1), 29–30.

Noviyanti. (2015). penerapan metode kisah dalam pembelajaran PAI terhadap peningkatan minat belajar peserta didik kelas XI multimedia 1 SMK negeri 1 parepare. Repository IAIN Pare, 3, 103–111.

Nur Atiqoh, N. (2022). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa. October.

Rahmawati, A. (2023). Telaah Dan Analisis Ruang Lingkup Materi Akidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyyah. Jurnal Al Ulum Vol, 1(02).

Rejeki, Adnan, M. F., &Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343.

Setiani, R. (2021). Keefektifan Media Cerita Fabel Terhadap Empati Anak (Eksperimen di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Terpadu Asy Syaffa’1 Kota Magelang). Tunas Cendekia, 4, 210–221.

Setiawan, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Sdit Hidayatullah Desa Pulai Payung ….

Setiawan, M. A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Sobry, M., &Fitriyani. (2022). Metode Guru PAI Dalam Mengembangkan Sikap Spiritual dan Sosial Kelas V SDN 12 Mataram. Al-Midad : Jurnal PGMI, 14(2), 136–154.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Ulfah, U., &Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 6.

Wambes, S. F. (2021). Penerapan Metode Kisah Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Mts Nurul Huda Kauditan Ii Dan Mts Alkhairaat Mapanget. Journal of Islamic Education Policy, 6(2), 90–104. https://doi.org/10.30984/jiep.v6i2.1688




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.13866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats