Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Analisis Buku Fikih Madrasah Aliyah Kelas X Terbitan Kementrian Agama Tahun 2020

Nurun Nufus, Zahira Jannataini, Nida Wafa Nabilah, Aisyah Imani, Akhmad Affandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana pendidikan karakter diintegrasikan dalam buku teks pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya dalam buku Fikih Madrasah Aliyah kelas X terbitan Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2020. Fokus penelitian adalah menganalisis tujuan pembelajaran, metode atau model pembelajaran, penggunaan media, dan penilaian dalam buku tersebut. Berdasarkan analisis, ditemukan beberapa bab buku Fikih telah mengintegrasikan tujuan pembelajaran karakter secara eksplisit, terutama pada materi Pengurusan Jenazah, Zakat, Haji dan Umroh, serta Qurban dan Aqiqah. Namun, terdapat bab yang belum secara eksplisit mencantumkan tujuan pembelajaran karakter, seperti pada bab Konsep Fikih dan Ibadah dalam Islam. Selain itu, buku ini tidak secara khusus mencantumkan metode atau model pembelajaran, penggunaan media yang efektif, dan jenis penilaian untuk mendukung proses pembelajaran secara optimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) yang menekankan analisis konten dari berbagai karya tulis ilmiah terkait. Hasil penelitian diharapkan berkontribusi positif dalam pengembangan buku teks yang memenuhi kebutuhan akademis dan mendukung pembentukan karakter berkualitas peserta didik.


Keywords


Pendidikan Karakter; Buku Teks Fikih; Madrasah Aliyah.

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan., J. (2018). metode penelitian kualitatif. CV Jejak.

Arifatin, N., Putri, P. N., Muhammad Ainur Rokhman, & Latifah, E. (2023). Pengenalan Budaya Filantropi Zakat Infaq Shadaqah Wakaf Pada Lembaga Pendidikan Paud Darul Jannah Al-Ma’Wa Lamongan. JIEM: Journal Of International Entrepreneurship and Management, 2(1), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.62668/jiem.v2i01.691

Arraman, B. C., & Hazmi, N. (2018). Analisis Buku Teks Sejarah Kelas X Kurikulum 2013. KAGANGA: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial-Humaniora, 1(2), 122–140. https://doi.org/10.31539/kaganga.v1i2.404

Faradila, C., Lubis, M. D. A.-K., Depari, S. P., & Jamaludin. (2023). Eksplorasi Media Pembelajaran PPKN Melalui Pop Up Book untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMP. Kompetensi, 16(2), 465–476.

Harmita, D., Nurbika, D., & Asiyah. (2022). Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Internalisasi Nilai-Nilai Akhlakul Karimah pada Siswa. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 5(1), 114–122. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3231

Ibtiah, M., Tahir, M., & Rahmatih, A. N. (2023). Analisis Muatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Tematik Kelas 4 Tema 4 Terbitan Tiga Serangkai. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1711–1718. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1562

Jamil, S., Irawati, I., Taabudilah, M. H., & Haryadi, R. N. (2023). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kesadaran Sosial dan Kemanusiaan. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(2), 35–38. https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i2.32

Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2758–2771.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2014). Fikih Kurikulum 2013 i.

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–27. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.441

Lalupanda, E. M. (2019). Implementasi Suvervisi Akademik untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 62–72484. https://doi.org/http://dx.doi.org10.21831/amp.v7i1.22276

Magdalena, I., Syaifulloh, A., & Salsabila, A. (2023). Asumsi Dasar dan Desain Pembelajaran. Sindoro Cendekia Pendidikan, 2(5), 1–19. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Melya Sari, D., Hilmi, H., Madyan, M., & Wahyudi Diprata, A. (2023). Pengaruh Implementasi Kegiatan keagamaan (Pembinaan, Pembiasaan, Pendidikan), Terhadap Peningkatan Semangat Ibadah Siswa. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(2), 707–714. https://doi.org/10.38035/jmpis.v4i2.1653

Muthrofin, K., & Muchtar, N. E. P. (2023). Kontribusi Siti Walidah dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia Melalui Muhammadiyah. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 19(2), 157–169.

Nasihi, A., & Hapsari, T. A. R. (2022). Monitoring dan Evaluasi Kebijakan Pendidikan. Indonesian Journal of Teaching and Learning (INTEL), 1(1), 77–88. https://journals.eduped.org/index.php/intel/article/view/112

Permatasari, A. D., & Anwas, E. O. M. (2019). Character Education Analysis of The Natural Sciences Textbook of 7th Grade Students. Jurnal Teknologi Pendidikan, 07(02), 156–169.

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah. Jurnal Basicedu, 7(1), 89–98. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4274

Sabrifha, E., Zatrahadi, M. F., & Istiqomah, I. (2023). Penerapan Prinsip Manajemen Pendidikan Islam dalam Pengembangan Kurikulum Sekolah Islam: Menggunakan Tinjauan Scientific Literature Review. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 170–180. https://doi.org/10.29210/1202322932

Subasman, I., & Nasyiruddin, F. (2024). Sistem Pendidikan Islam Dalam Membangun Karakter : Evaluasi Program. Journal on Education, 06(04), 18147–18160. http://jonedu.org/index.php/joe

Widiawati, I., Azzahra, A. R., Fadila, R. I., & Aeni, A. N. (2023). Pemanfaatan MODITIF (Modul Digital Kreatif) untuk Pembelajaran PAI Kelas 6 SD Mengenai Zakat. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 755–769. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2088

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 139–144. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809

Zaky, R., & Setiawan, H. R. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Karakter Kepemimpinan. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(2), 232–244. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i2.408




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.13867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats