Pendekatan Aplikasi Hadits Soft: Efektivitas Pembelajaran Hadits Berbasis Digital di Pondok Pesantren Al Basyariyah, Bandung

Ulvah Nur'aeni, Nadri Taja, Giantomi Muhammad, Iwan Sanusi

Abstract


Integrasi teknologi digital di pesantren telah banyak diteliti, dengan fokus pada manfaatnya dalam pembelajaran, manajemen, dan branding. Namun, beberapa pesantren tetap berhati-hati dengan perubahan ini. Penelitian ini menyelidiki efektivitas penggunaan aplikasi Hadits Soft dalam pengajaran Hadits di Pondok Pesantren Al-Basyariyah Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen tipe single subject design untuk menguji peningkatan hasil pembelajaran Hadits dengan menggunakan aplikasi Hadits Soft. Sampel terdiri dari 54 siswa laki-laki dan perempuan dari kelas 5 TMI (setara dengan kelas 2 SMA) yang mencapai nilai pre-test tertinggi. Para santri dibagi menjadi 15 kelompok dan diberikan laptop yang telah terinstal aplikasi Hadits Soft. Mereka diajarkan tentang kitab-kitab rujukan utama (kutub as-Sittah, As-Sab'ah, at-Tis'ah), cara mencari Hadits, menentukan kualitas Hadits, mengidentifikasi rantai perawi (sanad), menilai kualitas perawi, menentukan kuantitas Hadits, dan melakukan munasabah Hadits untuk memahami istilah-istilah tertentu. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan post-test. Untuk mengentahui peningkatan pengetahuan ilmu Hadits dilakukan uji n-gain dan menunjukkan skor akhir 0,77 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Hadits dengan menggunakan aplikasi Hadits Soft di pesantren secara signifikan berkontribusi pada pengetahuan santri di Pondok Pesantren Al-Basyariyah.


Keywords


Pesantren; Pembelajaran Digital; Hadith Soft; Efektivitas Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


A Irwan Santeri Doll Kawaid, Ahmad Izzuddin Abu Bakar Shumsudin Yabi Mohd, & Fadzli Marhusin. (2023). Pemaparan status hadis dalam aplikasi digital hadis: isu dan masalah. December 2022, 392–402.

Adam, A. (2023). Integrasi Media dan Teknologi Dalam Pembe. Jurnal Amanah Ilmu, 3(1), 13–23.

Ahmad, A. B. (2023). Efektifitas Aplikasi Krapyak-U Sebagai Administrasi Kepesantrenan Digital Di Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta. Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2). http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/uajmpi

Agus Moh. Sholahuddin & Saeful Anwar. (2023). TRANSFORMASI MODEL PENDIDIKAN PESANTREN BERBASIS KITAB KUNING KE DIGITAL PLATFROM (Studi di Pondok Pesantren Al-Ma’ruf Kendal, Dander, Bojonegoro). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 241–248. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.248

Ahmad, A. B. (2023). EFEKTIFITAS APLIKASI KRAPYAK-U SEBAGAI ADMINISTRASI KEPESANTRENAN DIGITAL DI PONDOK PESANTREN KRAPYAK YOGYAKARTA. Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2). http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/uajmpi

Akhmad Akromusyuhada, Adi Fachrudin, Andriyani Andriyani, Masyitoh, & Saiful Bahri. (2023). Integration of Information and Communication Technology in Islamic Education Management Overview of Smart Learning and Smart Building Study at Islamic Digital Boarding College (IDBC) Sukoharjo. International Journal of Integrative Sciences, 2(10), 1515–1536. https://doi.org/10.55927/ijis.v2i10.6295

Alfia, N., Sumardi, & Kristina, D. (2020). Digital native students’ perceived competence on digital literacy: A study of digital native students at a private Islamic junior high boarding school. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 21(1), 74–87. https://doi.org/10.23960/aksara/v21i1.pp74-87

Baskoro, D. A., Umar, A. T., & Ahsan, J. (2023). Transformasi Peran Guru di Era Digital: Studi Kasus di Perguruan Nurul Fadhilah, Percut Sei Tuan, Deli Serdang. Jurnal Sustainable, 6(1). https://doi.org/ 10.32923/kjmp.v6i1.3664

Batubara, H. H. (2017). Pemanfaatan Ensiklopedi Hadis Kitab 9 Imam sebagai Media dan Sumber Belajar Hadis. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(2), 63. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i2.769

Chen, L., Chen, P., & Lin, Z. (2020). Artificial Intelligence in Education: A Review. IEEE Access, 8, 75264–75278. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2988510

Cocciolo, A. (2010). Constructionist learning in digital archives education: Student perceptions of effectiveness: Constructionist Learning in Digital Archives Education: Student Perceptions of Effectiveness. Proceedings of the American Society for Information Science and Technology, 47(1), 1–4. https://doi.org/10.1002/meet.14504701042

Della Ventura, M. (2017). Creating Inspiring Learning Environments by means of Digital Technologies: A Case Study of the Effectiveness of WhatsApp in Music Education. EAI Endorsed Transactions on E-Learning, 4(14), 152906. https://doi.org/10.4108/eai.26-7-2017.152906

Dewy, E. P., Haryanto, B., & Fahyuni, E. F. (2022). Ethno-STEM to Develop Student’s Entrepreneurial Characters at Islamic Boarding School. KnE Social Sciences, 156–166. https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11218

Faizah, H., Jufri, A. W., & Setiadi, D. (2020). Technology Literation: The Effect on Quality of Learning in Elementary School of Lentera Hati Islamic Boarding School. Path of Science, 6(8), 4007–4013. https://doi.org/10.22178/pos.61-5

Fitri, A. N., & Lailiyah, N. (2023). Branding Strategy for An Nur II Al-Murtadlo as a Tourism Islamic Boarding School through Digital Public Relations. Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 8(2), 213. https://doi.org/10.29240/jdk.v8i2.8498

Hafidzi, A. (2020). The Ability Of Islamic Boarding School Students In Facing The Digital Literacy Era With Critical Reading. IJGIE (International Journal of Graduate of Islamic Education), 1(2), 141–153. https://doi.org/10.37567/ijgie.v1i2.231

Hake, R. R. (n.d.). ANALYZING CHANGE/GAIN SCORES*.

Huda, C., Hanief, M., & Hakim, D. M. (2022). ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION LEARNING STRATEGY WITH EDUTAINMENT INSIGHT IN IMPROVING LEARNING MOTIVATION OF STUDENTS. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2).

Ja’far, A. (2019). LITERASI DIGITAL PESANTREN: PERUBAHAN DAN KONTESTASI. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 8(1), 17–35. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v8i1.156

Kawaid, A. I. S. D., Bakar, A. I. A., Yabi, S., & Marhusini, F. (2022, December). PEMAPARAN STATUS HADIS DALAM APLIKASI DIGITAL HADIS: ISU DAN MASALAH. https://www.researchgate.net/publication/373018199

Laufer, M., Leiser, A., Deacon, B., Perrin De Brichambaut, P., Fecher, B., Kobsda, C., & Hesse, F. (2021). Digital higher education: A divider or bridge builder? Leadership perspectives on edtech in a COVID-19 reality. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 18(1), 51. https://doi.org/10.1186/s41239-021-00287-6

Mahfud, Habibi, M. D., Damanhuri, & Ardiansyah, A. (n.d.). Pendampingan Softwer Hadis ( Hadis Soft ) dalam Meningkatkan Pembelajaran Santri di Pondok Pesantren Darul Hidayah. Peduli: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2019.1777

Mahfudzah, F., K, A. H., & Tanjung, S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM SISWA SD. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN, 5(2). https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12593

Masitho, S., Paramansyah, A., Yanih, S., Sumarsih, T., Yuningsih, N., & Ramdhani, D. (2023). Pengembangan Assesmen Pembelajaran PAI pada Lembaga Pendidikan Madrasah dan Pondok Pesantren dalam Era Digital. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(3), 763–770. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i3.4171

Mufarrohah, N. (2021). PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMPUTER PADA PELAJARAN FIQIH DI YAYASAN PESANTREN YATIM AL JIHAD SURABAYA. 17.

Mulyan, M. (2023). MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI PEMANFAATAN SOFTWARE HADITS PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MTSN 1 LUBUKLINGGAU. Jurnal Perspektif, 16(1), 90–98. https://doi.org/10.53746/perspektif.v16i1.101

Musyaffa, A. A., Muktamar B, A., Ichsan, I., Yuli Setianto, A., & Hasanah, M. (2023). Examining It-Based Human Resources Strategies in Islamic Higher Education and Islamic Boarding Schools In Indonesia. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(3), 519–534. https://doi.org/10.31538/tijie.v4i3.664

Nikmatullah, C., Wahyudin, W., Tarihoran, N., & Fauzi, A. (2023). Digital Pesantren: Revitalization of the Islamic Education System in the Disruptive Era. Al-Izzah: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 1. https://doi.org/10.31332/ai.v0i0.5880

Qurat-ul-Ain, Q.-A., Shahid, F., Aleem, M., Islam, M. A., Iqbal, M. A., & Yousaf, M. M. (2019). A Review of Technological Tools in Teaching and Learning Computer Science. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(11). https://doi.org/10.29333/ejmste/109611

Qureshi, M. I., Khan, N., Raza, H., Imran, A., & Ismail, F. (2021). Digital Technologies in Education 4.0. Does it Enhance the Effectiveness of Learning? A Systematic Literature Review. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 15(04), 31. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i04.20291

Reyaz Ahmad Bhat. (2023). The Impact of Technology Integration on Student Learning Outcomes: A Comparative Study. International Journal of Social Science, Educational, Economics, Agriculture Research and Technology (IJSET), 2(9), 592–596. https://doi.org/10.54443/ijset.v2i9.218

Risko, E. F., Buchanan, D., Medimorec, S., & Kingstone, A. (2013). Everyday attention: Mind wandering and computer use during lectures. Computers & Education, 68, 275–283. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.05.001

Rosdi, A. Z. bin, Hassan, S. N. S., & Mahfuz, M. S. bin. (2021). Penerimaan Pelajar dan Penggunaan M-Pembelajaran terhadap Pengajian Hadis (Student Acceptance and Use of M-Learning toward Hadith Studies). JQSS: Journal of Quran Sunnah Education and Special Needs, 5.

Rubiherlan, Y., Juningsih, J., Nursanti, F. E., Soleh, W. S., Rostini, D., & Wasliman, E. D. (2024). MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS DIGITAL DI PONDOK PESANTREN AL RIYADL CIPANAS. Jurnal Visionary : Penelitian dan Pengembangan dibidang Administrasi Pendidikan, 12(1), 133. https://doi.org/10.33394/vis.v12i1.10562

Singh, B., Gupta, V. K., Jain, A. K., Vashishth, D. T. K., & Sharma, S. (2023). TRANSFORMING EDUCATION IN THE DIGITAL AGE: A COMPREHENSIVE STUDY ON THE EFFECTIVENESS OF ONLINE LEARNING. 07(07).

Slavin, R. E. (1982). Cooperative learning: Student teams. NEA Professional Library.

Slavin, R. E. (1989). Research on Cooperative Learning: An international perspective. Scandinavian Journal of Educational Research, 33(4), 231–243. https://doi.org/10.1080/0031383890330401

Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Peningkatan Mutu Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20. https://doi.org/10.25078/jpm.v4i1.395

Suharto, Babun, & Fatmawati, Erma. (2022). DIGITAL LEARNING TRANSFORMATION AT ISLAMIC BOARDING SCHOOLS: DIGITAL-BASED LEARNING PATTERNS IN SALAF AND MODERN ISLAMIC BOARDING SCHOOLS IN JEMBER. Journal of Positive School Psychology, 6(2).

Syafi’, M., Azizah, A. S., & Azhar, J. A. (2019). Pemberdayaan Berbasis Teknologi dan Informasi Melalui Aplikasi Maktabah Al Syamilah dan Maushuah Al Hadis di Pesantren Alhidayah Prapak Kranggan Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Citra Ilmu, 15(30).

Syakroni, A., Zamroni, Muali, C., Baharun, H., Sunarto, M. Z., Musthofa, B., & Wijaya, M. (2019). Motivation And Learning Outcomes Through The Internet Of Things; Learning In Pesantren. Journal of Physics: Conference Series, 1363(1), 012084. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012084

Usman, A. T., & Permadi, A. A. (2023). Survey on the Use of Learning Management System (LMS) for Learning at As-Shalihin Islamic Boarding School. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2). https://doi.org/10.19109/tadrib.v9i2

Wahid, A., & Santi Wahyuni, F. (2019). EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN HADITS TEMATIK DENGAN SOFTWARE DAN APLIKASI SHAMELA LIBRARY DI MADRASAH ALIYAH AN-NUR AL-HUDA NGAWONGGO TAJINAN MALANG. Jurnal Mnemonic, 1(1), 43–49. https://doi.org/10.36040/mnemonic.v1i1.19

Winarto, W., Syahid, A., & Saguni, F. (2020). Effectiveness the Use of Audio Visual Media in Teaching Islamic Religious Education. INTERNATIONAL JOURNAL OF CONTEMPORARY ISLAMIC EDUCATION, 2(1), 81–107. https://doi.org/10.24239/ijcied.Vol2.Iss1.14

Yuliani, Z., Amala, A., Safira, T., & Pratiwi, K. (2023). Model Pemanfaatan Teknologi Digital di Pesantren. Edium: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.13900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats