Efektivitas Penerapan Program Full Day School terhadap Pembinaan Prestasi Belajar Fikih Siswa di SMP Muhammadiyah 7 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitaspenerapan program full day school dalam pembinaan prestasi belajar Fikih siswa di SMP Muhammadiyah 7 Medan. Penelitian ini berusaha menambahkan variasi dari studi terdahulu dengan cara mengkaji efektivitas penerapan full day school terhadap prestasi belajar Fikih siswa, karena pengkajian terhadap efektivitas program full day school ini juga penting untuk dilihat apakah program ini baik jika diterapkan dalam jangka panjang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design. Adapun desain penelitannya yaitu kelas IX 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX 4 sebagai kelas kontrol. Teknik tes penelitian ialah berbentuk Pre-test dan Post-test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai reabilitas sebesar 0,550 >rtabel sebesar 0,05. Kemudian dalam pengujian hipotesis diperoleh nilai sig. yaitu 0,001 < 0,005 maka H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa program full day school lebih efektif dalam membina prestasi belajar siswa dibandingkan dengan kelas reguler. Keberhasilan pembuktian hipotesis dalam penelitian ini disebabkan karena jumlah jam pembelajaran dikelas full day lebih banyak dibandingkan kelas reguler.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustian, N., Wati, R. R., & Setiawan, F. (2021). Kebijakan Full Day School Madrasah Aliyah Negeri 2 Kulon Progo. Pandawa: Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(3), 318–332. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/1280
Aida, S. R. N., & Suwadi. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Religius Pada Pendidikan Melalui Kebijakan Full Day School. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 63–75. https://doi.org/https://doi.org/10.53515/tdjpai.v3i1.40
Alya Humaira. (2023). Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Full Day School di TK Brilian Islamic School Banda Aceh. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/35510/
Amin, H. (2020). Konsep Materi Pembelajaran Fiqh di Madrasah. Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 5(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.48094/raudhah.v5i1.59
Andriani, R., Hidayat, S., & Nulhakim, L. (2022). Analisis Implementasi Full Day School Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa. Jutensia: Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 1(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.56721/jts.v1i1.125
Asmani, J. M. (2017). Full Day School (Konsep, Manajemen, dan Quality Control). Ar-Ruz Media.
Baharuddin, H. (2009). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Ar-Ruzz Media.
Damares, D. N. (2020). Implementasi Sistem Pendidikan Full Day School Di Sekolah (Analisis Kebijakan Peraturan Menteri Nomor 23 Tahun 2017 Tentang Hari Sekolah). http://repository.radenintan.ac.id/11526/
Depdiknas. (2016). Penilaian. Raja Grafindo Persada.
Dwi Noviani, & Zainuddin. (2020). Inovasi Kurikulum terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 17–37. https://doi.org/10.53649/taujih.v2i1.73
Fahiro, J. (2021). Evaluasi Program Full Day School Di MTs N 6 Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/56176?mode=full
Ismail, F. (2020). Implementasi Program Full Day School Dalam Penguatan Karakter Islami. Media Manajemen Pendidikan, 3(1), 153. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i1.4649
Maryam, S. (2020). Manajemen Kurikulum Madrasah Berbasis Full Day School Dalam Penanaman Budaya Pesantren Di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 187–194. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.345
Masyithah, N. (2021). Efektivitas Model Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas VII MTsN 3 Aceh Besar. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/
Mudjiono, D. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta.
Mulia, E., Zakir, S., Rinjani, C., & Annisa, S. (2021). Kajian Konseptual Hasil Belajar Siswa dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhinya. Website: Journal, 7(2), 2503–3506. https://doi.org/https://doi.org/10.26594/dirasat.v7i2.2648
Nasir, M. (2021). Ulul Albab Dalam Al-Qur’an (Tafsir Tematik). Aqlam: Jorunal of Islam and Plurality, 6(2), 170–185. https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/AJIP/article/download/1650/pdf
Ningsih, I. W., Ulfah, Mayasari, A., & Arifudin, O. (2024). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Tahsinia, 5(1), 23–37. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v5i1.203
Pamungkas, A., & Nawawi. (2023). Analisis Peranan Pendidikan dan Pelatihan dalam Meningkatkan Profesionalisme Kinerja dan Komunikasi ASN BKPSDM Kabupaten Banyumas. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 6(2), 129–148. https://jurnal.pabki.org/index.php/alisyraq/article/view/341%0Ahttps://jurnal.pabki.org/index.php/alisyraq/article/download/341/140
Qatrunnada, N., Nabila, Z. A., Pratama, M. A. S., & Sambudi. (2021). Analisis Kebijakan Full Day School Terhadap Perkembangan Karakter Peserta Didik. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(2), 56–65. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/jpl.v16i2.1506
Ramandhani, D. M., Yusro, W., Nugroho, D., & Setiawan, F. (2023). Analisis Kebijakan Full Day School Dalam Membina Akhlak Siswa di Era Merdeka Belajar. An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 304–312. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/annuha.v3i3.405
Ropendi, I. (2020). Desain Pendidikan Islam (Membaca Pemikiran KH. Kahar Muzakkir). Edu Publisher.
Sarima, A., Jusma, & Ramlah. (2020). Analisis Kebijakan Full Day School Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Mappesona, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.30863/mappesona.v3i1.778
Setyawan, F., Fauzi, I., Fatwa, B., Zaini, H. A., & Jannah, N. M. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan Full Day School di Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 369–376. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1632
Sitanggang, L., & Maulia, S. T. (2023). Analisis Kebijakan Full Day School Terhadap Pembelajaran Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 100–107. https://doi.org/https://doi.org/10.54066/jupendis-itb.v1i2.220
Slamet, Y. (2019). Pendidikan Karakter di Islamic Full Day School. STAIN Press. https://repository.uinsaizu.ac.id/7252/
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sumiyanto, A., Jahidin, U., Alfi, N., Kardiyanto, W., Yuliawan, A., Zaini, A., Giyanto, A., Ratnawati, L., Rahayu, W., Khoirudin, A., & Rahmawati, E. (2022). Menjadi Muhammadiyah. Pandiva Buku.
Supradi, B. (2020). Transformasi Religiusitas Model Full Day School. Guepedia.
Thomas, F. B. (2022). The Role of Purposive Sampling Technique as a Tool for Informal Choices in a Social Sciences in Research Methods. Just Argiculture , 2(5), 1–8. www.justagriculture.in
Ulfia, R. T., & Rusmawati, D. (2023). Hubungan antara Penyesuaian Diri dengan Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Kudus dengan Sistem Pembelajaran Full Day School. Jurnal EMPATI, 12(2), 128–132. https://doi.org/10.14710/empati.2023.27614
Wahyuli, R., & Ifdil. (2020). Perbedaan Kejenuhan Belajar Siswa Full Day School dan Non Full Day. JAIPTEKIN: Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(3), 188–194. https://doi.org/10.24036/4.34380 10.24036/4.34380
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14001
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.