Pendidikan Islam Kaum Minoritas Muslim Suku Tionghoa Kota Medan

Wahyu Agung Daulay, Zaini Dahlan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pendidikan Islam Muslim Tionghoa yang muallaf di Medan dan kondisi muslim Tionghoa di Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi lapangan (action research). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Sumber data utama berasal dari dua orang subjek penelitian dan sumber data sekunder berasal dari literatur terkait pendidikan Islam bagi Muslim Tionghoa di Indonesia. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Pendidikan Islam kaum minoritas Muslim suku Tionghoa di kota Medan dipengaruhi oleh organisasi PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia) diantara perannya memberikan bimbingan dan pendidikan agama Islam, pendekatan persuasif, membangun relasi dan memberikan edukasi. Bagi muslim Tionghoa setelah mereka memeluk Islam mereka tetap menjaga Adat istiadat di kalangan Tionghoa yakni tradisi Imlek dan Ceng Beng (mengunjungi makam nenek moyang). Penelitian ini diharapkan dan ditujukan kepada masyarakat agar menjadi bahan rujukan dalam menjaga kerukunan umat antar beragama, saling menghormati dan menghargai baik dalam agama, budaya bahkan kehidupan sosial.

Keywords


Pendidikan Islam; Minoritas; Suku Tionghoa.

Full Text:

PDF

References


Akip, M. (2018). Ilmu Pendidiikan Islam. CV Budi Utama.

Amirullah, A. (2023). Sejarah Perkembangan Etnis Tionghoa Muslim Palembang. Soeloeh Melajoe: Jurnal Magister Peradaban Islam, 02(01), 1–21.

Apriyani. (2020). Pola Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga Muallaf di Desa Barumanis Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong. Institut Agama Islam Negeri Curup.

Basmala, R. (2020). Bulan Sabit di Atas Lampion: Dinamika dan Kehidupan Sosial Tionghoa Muslim di Surakarta Tahun 1982-2013. Tsaqofah : Jurnal Agama Dan Budaya, 19(2).

Fadila, V. U. (2020). Peran Muslim Cina dalam Proses Islamisasi di Jawa Pada Abad XV-XVI. UNISA.

Hamid, H., & Saebani, B. A. (2013). Pendidikan Karakter Perspeltif Islam. Pustaka Setia.

Harto, K. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran PAI Berbasis Living Values Education (Live). UIN Raden Fatah Palembang.

Kristanto, V. H. (2018). Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). CV Budi Utama.

Marhani, I., Hafid, I., & Arnisyah, S. (2022). Motivasi dan Praktik Spiritual Mahasiswa Mualaf: Studi Kasus di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Nalar:Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 6(2).

Prastowo, A. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Ar-Ruzz Media.

Qardhawi, Y. (2000). Islam Abad 21: Refleksi Abad 20 dan Agenda Masa Depan. Pustaka Kautsar.

Qotrunnanda, S. (2020). Model Pembelajaran Agama Islam Dalam Keluaraga Muallaf di Kelurahan Blotongan Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Tahun 2020. Universitas Islam Negeri Salatiga.

Ramayulis. (2008). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Rouzi, K. S., N, A., Yarni, L., & Widiyanti, R. (2023). Pendidikan Islam Dalam Keluarga (Islamic Home Schooling). Indonesian Journal of Elementary Education and Teaching Innovation, 2(1).

Sabrina, A. (2020). Islamisasi Etnik Tionghoa di Kota Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.

Suparlan. (2020). Pendidikan Anak dalam Perspektif Islam. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3.

Utami, N. N. (2017). Perkembangan Organisasi Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) di Kota Medan. Universitas Negeri Medan.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats