Manajemen Program Menghafal Hadist di SMAS Nurul Iman Tanjung Morawa

Fara Fazira Ihsan, Zailani Zailani

Abstract


Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen program menghafal hadits di SMAS Nurul Iman Tanjung Morawa, yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang prinsip-prinsip Islam dan membantu mereka mengembangkan karakter yang berlandaskan moral. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada peneilitian ini adalah, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model dari Miles & Huberman, dengan empat langkah yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitin ini menunjukkan bahwa, dalam memanajemen atau tata kelola dari program menghafal hadits d SMAS Nurul Iman Tanjung Morawa berupa: 1) Dilakukannya perencanaan, yang bertujuan untuk mencapai hasil tujuan dan merancang semua tahapan untuk pelaksanaan program menghafal hadits dari awal hingga akhir; 2) Dilakukannya pengorganisasian, dengan tujuan memberikan tanggung jawab kepada pihak yang terlibat; 3) Dilakukannya pelaksanaan, yaitu dengan menjalankan seluruh langkah kegiatan program menghafal hadts; 4) Dilakukannya pengawasan, dengan tujuan untuk meinimalisir kesalahan, kekurangan, dan mencari solusi dari masalah yang ada; 5) Evaluasi, dengan melakukan penilaian terhadap manajemen program menghafal hadits agar dapat mengetahu hasil dari manajemen program menghafal hadits apakah efektif bagi siswa atau tidak efektif.


Keywords


Manajemen; Program; Menghafal Hadits.

Full Text:

PDF

References


Ansori, M. (2019). Dimensi HAM dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nomor 20 Tahun 2003. IAIFA Press.

Astuti, M., Hidayati, A., & Sunandar, A. R. (2023). Pendidikan Islam dan Perannya Dalam Membentuk Karakter Mahasiswa. 12, 77–88.

Bukoting, S. (2023). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. 3(2), 70–82.

Diana, A., Nizar, & Sari, R. (2023). Evaluasi Program Pendidikan. 1(1), 157–166.

Firmansyah, M. I., Surahman, C., Lestari, W., Septiani, S., & Sudaryat, R. (2023). Pendidikan Agama Islam dan Pembangunan Karakter Siswa Sekolah Dasar : Studi Eksplorasi. 21(1), 46–58.

Mardhiyah, A. N., & Imran, A. I. (2019). Motivasi Menghafal AlQur’an pada Anak melalui Komunikasi Interpersonal. 3(2).

Mukti, A., Syaukani, & Setiawan, H. R. (2020). Manajemen Kegiatan Peserta Didik dalam Peningkatan Kualitas Lulusan di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan. Disertasi, 1–383. https://doi.org/10.30868/ei.v10i001.1630

Nasihatun, S. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif islam dan strategi implementasinya. 321– 336.

Pratiwi, P., & Siswanto, E. (2023). Implementasi Program Wajib Belajar 12 Tahun di Desa Pakis Implementation of the 12 Year Compulsory Education Program in Pakis Village. 2, 94–107.

Rahman, A. (2021). Supervisi dan Pengawasan dalam Pendidikan. 12(2), 50–65.

Ripidayani, & Zailani. (2023). Urgensi Manajemen Waktu dalam Menjaga Profesionalitas Guru di Sekolah Sangkhom Islam Wittaya School Sadao, Songkhla Tahiland. 5, 1905–1911.

Sagala, A. (2021). Takhrij Hadis dan MetodeMetodenya. Al-Ulum, 2, 225–238.

Tadete, N. A., Rompas, W. Y., & Ruru, J. M. (n.d.). Perencanaan Pembangunan Di Desa Pettta Timur Kecamatan Tabukan Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe. 99–106.

Zailani, & Ningih, T. I. (2022). Pengaruh Metode Muraja’ah One Day One Ayat (ODOA) dalam Meningkatkan Minat Hafalan Surah Pendek Siswa Kelas VII di MTs Nahdatul Islam Mancang. 4, 7757–7762.

Zailani, Pohan, S., & Pasaribu, M. (2021). Buku Ajar Ilmu Pendidikan Islam (H. Rizka (ed.)). UMSU Press.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v13i2.14280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats