Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Bandung

Yuyun Juariah

Abstract


Tantangan internal dan eksternal yang dihadapi bangsa Indonesia serta proses pembelajaran di sekolah yang cenderung teacher oriented, berdampak pada; (a) perhatian peserta didik terhadap proses pembelajaran menjadi kurang, sehingga hasil pembelajaran rendah (b) metode pembelajaran masih bersifat konvensional sehingga belum mampu melatih keterampilan belajar yang optimal bagi peserta didik, (c) pembelajaran menitikberatkan pada aspek kognitif dan belum memproses masalah sikap dan keterampilan belajar.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi, efektifitas, kendala dan respon peserta didik dalam pendekatan saintifik pada pembelajaran PAI di SMPN 5 dan 51 Bandung.

Metode penelitian yang digunakan kualitatif naturalistic. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data melalui reduksi, display, dan penarikan simpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik  berjalan baik pada kedua sekolah yang diteliti. Hal ini dilihat dari hasil belajar dan sikap belajar yang baik. Efektifitas pembelajaran saintifik sudah terlihat baik. Hal ini dilihat dari aktifitas guru pada tahap persiapan, pelaksanaan dan program evaluasi sesuai dengan langkah-langkah pendekatan saintifik. Kendala yang dihadapi diantaranya; belum ada system penilaian yang terpadu, rendahnya pemahaman dan kemampuan guru terhadap berbagai model dan media pembelajaran dan kurangnya peran serta yang aktif dari peserta didik yang memiliki latar belakang keluarga kurtang mampu. Respon peserta didik sangat baik. Peserta didik sepakat mengemukakan bahwa pembelajaran saintifik membuat pengetahuan, sikap dan keterampilan mereka meningkat. Penilaian yang terpadu membuat mereka lebih mengontrol sikap saat proses pembelajaran maupun saat berinteraksi dengan siapapun di luar jam pelajaran. Diperlukan keberanian dari guru PAI dalam menyusun perencanaan pembelajaran dengan menggunakan berbagai model dan media pembelajaran yang efektif.

Rekomendasi penelitian ini adalah : (1) Guru PAI hendaknya menyusun perencanaan pembelajaran dengan menggunakan model dan media pembelajaran yang efektif meningkatkan peran serta peserta didik dalam belajar, (2) Konsep-konsep dan aplikasi model pembelajaran saintifik hendaknya dikuasai dengan baik dan dilaksanakan dalam pembelajaran di kelas.(3) Kerjasama antara guru PAI dan orangtua hendaknya lebih ditingkatkan dalam meningkatkan hasil belajar. 


Keywords


Pendekatan saintifik, Pembelajaran PAI



DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v5i1.1986

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam

Editorial Office:

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Ranggagading NO. 8 - PO BOX 1357 Tel. 022-4203368 ext. 125-124 Fax - 4201897 - Bandung 40116. 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats