Penanaman Nilai-nilai Islam dalam Kegiatan Sebelum Belajar Siswa di SMP PGII 1 Bandung

Muhamad Imam Pamungkas

Abstract


Abstract

Abstract. This study aimed to describe the implantation Islamic values in the activity of Prior Learning Students in Junior High School of PGII 1 Bandung. The problems discussed in this study are the application of implantation Islamic values in the activity of Prior Learning Students in Junior High School of PGII 1 Bandung.The method used is qualitative, the main instrument are the interview and observation. Data analysis performed in this study is descriptive and analytical. The results showed that the implantation Islamic values in the activity of Prior Learning Students in Junior High School of PGII 1 Bandunghas been carried out and implemented through prior learningwhich includes discipline, reciting of Asmaul Husna, reciting of Qur’an and prayer after it, singing of Indonesia Raya, reading stories or hadith, reading of books, dan reciting salam to the teacher.

 

Keywords:the implantation of values, Islamic values, prior learning

 

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai-nilai Islam dalam kegiatan sebelum belajar siswa SMP PGII 1 Bandung. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah aplikasi penanaman nilai-nilai Islam dalam kegiatan sebelum belajar siswa SMP PGII 1 Bandung. Metode yang digunakan adalah kualitatif, dengan instrumen utamanya adalah wawancara dan observasi.Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai Islam di SMP PGII 1 Bandung tersebut telah dilaksanakan dan diterapkan melalui kegiatan sebelum belajar yang meliputi kedisiplinan, membaca asmaul husna, membaca al-Qur’an dan doa setelahnya, menyanyikan lagu Indonesia Raya, membacakan kisah-kisah atau hadits, membaca buku, dan mengucapkan salam kepada guru.

 

Kata kunci:penanaman nilai, nilai Islam, sebelum belajar, Junior High School of PGII 1 Bandung


Full Text:

PDF

References


Alam, Lukis. (2016). Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Perguruan Tinggi Umum Melalui Lembaga Dakwah Kampus. ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 01 Nomor 02, Januari-Juni 2016

Fathoni, Muhammad Kholid. (2005). Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional (Paradigma Baru). Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam-Departemen Agama.

Light, D., Keller, S., & Calhoun, C. (1989). Sociology. New York: Alfred A. Knopf.

Ma’arif, Samsul. (2014). Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Menyambut Era Globalisasi. Jurnal Review Pendidikan Islam. 01(01) Juni 2014.

Moleong, Lexy J. (2011). Metodologi Penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. et. Al. (2004). Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhtadi, Ali. (2006). Penanaman Nilai-nilai Agama dalam Pembentukan Sikap dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman Al-Hakim Yogyakarta. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 07(01)

Pratiwi, Yana Dian Ikka. (2015). Penanaman Nilai-nilai Keagamaan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa (Studi Multisitus pada MTsN Tunggangri dan MTsN Tulungagung. IAIN Tulungagung: Tesis

Suardi, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Zuhairini dan Abdul Ghafir. (2004). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Malang: UM Press.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i1.2374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats