Pendidikan Agama Islam Berperspektif Multikultural (Studi di Sekolah Dasar Tumbuh 1 Yogyakarta)

Willi Ashadi

Abstract


Abstract

This study aims to describe the practice of multicultural Islamic religious education in SD Tumbuh 1 Yogyakarta and its output on the establishment of inclusive and tolerant attitude among students. The results of this study show that the model of learning of Islamic religious education in SD Tumbuh 1 Yogyakarta is inclusive and multicultural. The material of Islamic religious education in SD Tumbuh 1 Yogyakarta emphasizes on universal Islamic values (rahmatān lil 'alamīn). In terms of teaching and learning methods, Islamic religious education teachers are not only fixated on one method, but incorporate various methods. Similarly, the use of media of learning is quite diverse. The evaluation is not only based on cognitive aspect, but also affective and psychomotor aspects. The learning output of Islamic religious education in SD Tumbuh 1 Yogyakarta is able to create student's inclusive thinking. They are very appreciative and tolerant towards other faiths.

 

Keywords: Islamic Religious Education, Multicultural, Inclusive, Tolerant.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan praktik pendidikan agama Islam berperspektif multikultural di SD Tumbuh 1 Yogyakarta dan output-nya terhadap pembentukan sikap inklusif dan toleran di kalangan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Tumbuh 1 Yogyakarta bercorak inklusif dan multikulturalis. Materi pendidikan agama Islam di SD Tumbuh 1 Yogyakarta lebih banyak menekankan nilai-nilai Islam yang universal (rahmatān lil ‘alamīn). Dari sisi metode pengajaran dan pembelajaran, guru pendidikan agama Islam tidak hanya terpaku pada satu metode saja, namun menggabungkan beragam metode. Demikian juga dengan penggunaan media pembelajaran yang cukup beragam. Sementara dari sisi evaluasi, tidak hanya didasarkan pada aspek kognitif semata, namun juga mencakup aspek afektif dan psikomotorik. Output pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Tumbuh 1 Yogyakarta mampu membentuk pola pikir inklusif siswa. Siswa sangat apresiatif dan toleran terhadap pemeluk agama lain.

 

Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Multikultural, Inklusif, Toleran.


Full Text:

PDF

References


Akhmad, Dadang. (2000). Metodologi Penelitian Agama, Bandung: Pustaka.

Bagir, Zainal Abidin & Irwan Abdullah. (2004) Mendefinisikan Kembali Agama di Indonesia, dalam Garin Nugroho, dkk, Para Pemimpi Perubahan, Jakarta: Sains-Teknologi-Estetika.

Dawam, Ainurrafiq. (2003) Emoh Sekolah, Yogyakarta: Inspeal Ahimsa Karya Press.

Dja'far, Alamsyah M. (2015). Intoleransi Kaum Pelajar. (http://www.wahidinstitute.org/wi-id/indeks-opini/280-intoleransi-kaum-pelajar. html). Diunduh pada 10 Mei 2017

Ludjito, Ahmad. (1998). Pendidikan Agama Sebagai Subsistem dan Implementasinya dalam Pendidikan Nasional, dalam Abdul Mu’ti, dkk., PBM-PAI di Sekolah: Eksistensi dan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mahfud, Choirul. (2006) Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Naim, Ngainun, & Achmad Syauqi. (2008). Pendidikan Multikultural, Konsep dan Aplikasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Paryanto. (2003) “Cita-cita Pendidikan Agama Menurut Islam”, Basis, No. 07-08, Tahun Ke-52, Juli-Agustus 2013.

Suparno, Paul. (2003). “Pendidikan Agama di Sekolah Model KBK”, Basis, No. 07-08, Tahun Ke-52, Juli-Agustus 2003.

Suseno, Franz Magnis. (2004). "Pendidikan, Pluralisme, dan Kebebasan Beragama", dalam Darmaningtyas, dkk., Membongkar Ideologi Pendidikan: Jelajah Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional,Yogyakarta: Resolusi Press, 2004.

Tilaar, H.A.R. (2009). Kekuasaan dan Pendidikan: Manajemen Pendidikan Nasional dalam Pusaran Kekuasaan, Jakarta: Rineka Cipta.

Yaqin, M. Ainul. (2005). Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan, Yogyakarta: Pilar Media.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i1.2537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats