Manajemen Program Privat Dirosah Islamiyah di Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Bandung

Akbar Ibrahim, Sobar ,, Khambali .

Abstract


Abstract

Private Program Dirosah Islamiyah is a program run by Pesantren Daarut Tauhiid Bandung. This program is made for someone who has a solid activity and only has a little spare time, but still, wants to learn Islam. The purpose of this study is to know the management that includes the planning, implementation, and evaluation of the program. The approach in this study using qualitative with the descriptive method and data collection techniques with interviews, observation and documentation study. The results showed that: (1). Planning is done by holding a Working Meeting in Daarut Tarbiyah Unit for determining how the program runs include the purpose of this program which is inseparable from the Vision and Mission of Pesantren Daarut Tauhiid, and to share duties to each staff associated with their respective duties ; (2). The implementation begins with the participants - the service of the congregation - the renbang team - the service of the congregation - the participants - the learning process, and the learning process is not the same as the learning process in general, where most of the initial activities, core activities and closing activities; and (3). Evaluation is done in the form of monitoring and report conducted by the renbang team to supervise related to existing activities and wider supervision done by the pesantren to the activity through a report from Daarut Tarbiyah.

 

Keywords: Management, Private Program, Dirosah Islamiyah.

 

Abstrak

Program Privat Dirosah Islamiyah merupakan program yang dikelola oleh Pesantren Daarut Tauhiid Bandung. Program ini dibuat untuk seseorang yang memiliki aktivitas yang padat dan hanya memiliki waktu luang yang sedikit, tetapi tetap ingin mempelajari Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari program tersebut. Adapun pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode desktiptif dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1). Perencanaan yang dilakukan adalah dengan mengadakan Rapat kerja (RAKER) di Unit Daarut Tarbiyah untuk penetapan bagaimana program ini berjalan mencakup tujuan dari program ini yang tidak terlepas dari Visi dan Misi Pesantren Daarut Tauhiid, serta membagikan tugas kepada setiap staf yang berhubungan dengan tugasnya masing-masing; (2). Pelaksanaannya dimulai dari  peserta - pelayanan jamaah - tim renbang - pelayanan jamaah - peserta - Proses Pembelajaran, dan proses pembelajarannya pun tidak sama dengan proses pembelajaran pada umunya yang sebagian besar ada kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup; dan (3). Evaluasi dilakukan dalam bentuk pemantauan serta laporan yang dilakukan oleh tim renbang untuk mengawasi terkait dengan kegiatan yang ada dan pengawasan yang lebih luasnya dilakukan oleh pihak pesantren terhadap kegiatan melalui laporan dari Daarut Tarbiyah.

Kata Kunci: Manajemen, Program Privat, Dirosah Islamiyah.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v7i1.3567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats