PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP PERILAKU SOSIAL SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK)

Ria Nurbayiti, Mahfud Mahfud, Siti Maryam Munjiat

Abstract


Abstrak

 

Exemplary means showing and giving a good example to the learners.  Human as a social creature from the perspective of social learning theory views that human social behavior is a result of interaction between the influence of situation, individual behavior, cognitive and individual emotion. This study aims to get the data about The Influence of  Teacher example on Students’ Behavior at SMK Al-Hidayah Cirebon.  This study applied Quantitative method.  Methods and techniques of data collection this study are a questionnaire, interviews, observation, and documentation.  Thus,  the techniques of data analysis of this study use research instrument test,  data analysis test using percentage formula, correlation, hypothesis test and coefficient of determination.

 

Keywords: Teacher Adherence; Social Behavior.

 

Abstrak

 

Keteladanan adalah memberikan contoh yang baik kepada peserta didik. Manusia sebagai makhluk sosial dalam Perspektif teori belajar sosial memandang bahwa suatu perilaku sosial manusia, merupakan hasil dari saling interaksi antara pengaruh situasi, perilaku individu, kognitif, dan emosi individu Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap Perilaku Sosial Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Hidayah Kota Cirebon. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini di lakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al-Hidayah Kota Cirebon. Teknik pengumpulan data yang digunakan sebagai berikut : angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen penelitian, dan uji analisis data menggunakan rumus prosentase, korelasi, uji hipotesis dan koefisien determinasi.

 

Kata Kunci: Ketaladanan Guru; Perilaku Sosial.


Full Text:

PDF

References


Drajat, Manpan & Ridwan Effendi. (2014). Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Hanurawan, Fattah. (2012). Psikologi Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kurniawan, Asep. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Cirebon: Eduvision.

Salim, Agus. (2006). Teori Dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Syahidin. (2009). Menelusuri Metode Pendidikan Dalam Al-Quran (Bandung: Alfabeta.

Umar, Bukhari. (2016). Hadis Tarbawi. Jakarta: Amzah.

Undang-Undang Guru dan Dosen (UU RI No. 14 Th. 2005). (2016). Jakarta: Sinar Grafika.

Zahroh, Aminatul. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Zuriah, Nurul. (2015). Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.5166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung. 

Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914

Creative Commons License
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 Web Analytics

View My Stats