METODOLOGI TAFSIR AMINA WADUD DALAM MENAFSIRKAN AL-QUR’AN
Abstract
Abstract
The concept of Aminah Wadud in interpreting the Koran is an idea inspired by Fazlur Rahman which has a neo-modernist orientation in order to find a hermeneutic-based theory. The concept of gender is a theory developed by Amina Wadud so that women's equal rights run in a balanced way with men's rights. The main consideration in hermeneutic-based interpretation, Amina Wadud places more emphasis on the aspect of objectivity rather than the aspect of subjectivity so as to facilitate the interpretation of Qur'anic verses. Amina Wadud is more inclined to general principles in contextualizing the understanding of the Koran because it can be more easily understood than textualization because the urgency of the Koran was revealed not based on the text of the verse but seeing the conditions that occur in the field by looking at the character of society.
Keywords: Methodology; Commentary; Amina Wadud.
Abstrak
Konsep Amina Wadud dalam menafsirkan Al-Qur’an merupakan gagasan yang diinspirasi dari fazlu Rahman yang berhaluan neo modernis dalam rangka menemukan teori berbasis hermenuetika. Konsep gender merupakan teori yang dikembangkan Amina Wadud supaya hak persamaan perempuan berjalan secara berimbang dengan hak laki-laki. Yang menjadi pertimbangan utama dalam interpretasi berbasis hermenuetika, Amina Wadud lebih menekankan pada aspek obyektivitas bukan aspek subyektivitas sehingga memudahkan dalam interpretasi ayat-ayat Al-Qur’an. Amina Wadud lebih cendrung kepada prinsip umum dalam mengkontekstualisasi pemahaman Al-Qur’an karena dapat lebih mudah dipahami dibanding tekstualis karena urgensi diturunkannya Al-Qur’an bukan berdasarkan teks ayat akan tetapi melihat kondisi yang terjadi dilapangan dengan melihat karakter masyarakat.
Kata Kunci: Metodologi; Tafsir; Amina Wadud.
Full Text:
PDFReferences
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203–213. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Cik Hasan Bisri, D. (2010). Mengerti Qur’an Pencarian hingga Masa Senja 70 thn Prof. Dr. H. A. Chazin Nasuha.
Irsyadunnas, I. (2015). TAFSIR AYAT-AYAT GENDER ALA AMINA WADUD PERSPEKTIF HERMENEUTIKA GADAMER. Musãwa Jurnal Studi Gender Dan Islam. https://doi.org/10.14421/musawa.2015.142.123-142
Izutsu, T. (2003). Relasi Tuhan dan Manusia. Yogyakata: Tiara Wacana.
Junaedi, D. (2017). Konsep dan Penerapan Takwil Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya. https://doi.org/10.15575/jw.v2i2.1645
Mintarsih, M. (n.d.). Tesis Pasca UIN SGD Bandung: Metodologi Tafsir Amina Wadud terhadap Ayat-ayat Gender.
Peran Wanita (menurut Amina Wadud). (2007). Retrieved from https://mesw.wordpress.com/2007/12/31/peran-wanita-menurut-amina-wadud/
Rahman, F. (2000). Islam dan modernitas: tentang transformasi Intektual. Bandung: Putaka.
Safrudin, A. H. R. & I. (2011). Dasar-dasar Epistemology Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Shihab, M. Qurasih. (2018). Islam yang saya Anut: Dasar-dasar Ajaran Islam. Tangerang: Lentera Hati.
Shihab, M Quraish. (2013). Kaidah Tafsir. Tangerang: Lentera Hati.
Shihab, U. (2014). Kapita Selekta Mozaik Islam. Bandung: Mizan.
Sudarto. (1996). Metodelogi Penelitian Filsafat. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Taufiq, I. (2016). Al-Qur’an Bukan Kitab Teror. Yogyakarta: Bentang.
Wadud, A. (2006). Inside The Gender Jihad Women’s Reform in Islam. New York: Oxford University Press.
DOI: https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i2.5229
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung.
Jln. Tamansari No. 24-26 - Lt. 2 Tel. 022-4203368 Ext. 7301-7302-7385 Fax - 4201897 Bandung 40116 - Phone/WhatsApp: 0878-2048-5914
Ta’dib : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.